Tips Mudah Menemukan Keseimbangan Hidup

1 min read

Tips Mudah Menemukan Keseimbangan Hidup

Pandemi virus corona membuat banyak orang mengkhawatirkan kelangsungan hidup masa depan, khususnya dari sisi keuangan.

Dalam situasi seperti ini memang sangat sulit untuk bisa memprediksi masa depan bahkan untuk bertahan hidup saja. 

Akan tetapi, bukan berarti tidak bisa. Justru kondisi semacam ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi Anda dalam menemukan keseimbangan hidup.

Lakukan konsultasi terhadap ahli keuangan untuk mendapatkan ide brilian dalam menemukan sisi seimbang dalam hidup pasca corona. 

Buatlah Standar Hidup 

Corona menyebabkan prospek kehidupan banyak orang menjadi tidak pasti kedepannya. Kecemasan akan keuangan akibat pandemi mampu menjangkiti masyarakat luas. Mulai dari pekerjaan, kehilangan gaji bulanan dan masih banyak lagi. 

Padahal jika Anda mampu membuat standar tentang hidup yang dijalani, tentu kecemasan tidak seberapa dirasakan. Untuk itu, mulailah buat standar saat ini juga.

Perhatikan dan cermati dengan seksama beberapa poin yang mesti Anda terapkan berikut demi tercapainya standar hidup. 

  1. Pahami Pendapatan dan Pengeluaran 

Dalam menciptakan standar hidup, penting bagi Anda untuk memahami pendapatan sekaligus pengeluaran saat ini.

Kalkulasikan hal tersebut dengan baik dan pastikan tidak ada pengeluaran yang melebihi pendapatan.

Perjelas masing-masing berbagai rencana Anda. Jangan lupakan menabung dan melakukan investasi.

Salah satu investasi yang bisa Anda coba adalah Amartha. Perusahaan investasi peer to peer lending (P2P) Lending berdampak sosial yang juga menawarkan keuntungan hingga 15% per tahun.

2. Simulasikan Penurunan Pendapatan 

Jangan selalu berada di atas angin. Dalam membuat standar hidup, maka Anda perlu mensimulasikan penurunan pendapatan.

Hal ini penting agar Anda tidak terkejut jika sewaktu-waktu hal tersebut terjadi. Jadi, Anda tetap bisa mengalokasikan dana Anda untuk berbagai kebutuhan walau kondisi tersebut terjadi. 

Kalkulasikan Tabungan, Pengeluaran dan Pendapatan Jangka Panjang 

Anda dapat mengkalkulasikan tabungan Anda dalam jangka panjang sejak mulai menabung. Simulasikan saja saldo tabungan Anda untuk beberapa puluh tahun ke depan. Hitung juga pengeluaran seumur hidup Anda. 

Selain itu, Anda perlu memahami pemasukan lain yang berasal dari pekerjaan saat ini, aset keuangan, pendapatan per tahun dan sebagainya.

Bayangkan juga kondisi darurat Anda secara kasar untuk kurun waktu ke depan. Nantinya jika sudah, maka Anda akan mulai bisa menemukan keseimbangan hidup. 

Akan tetapi apabila Anda merasa kesulitan untuk mengkalkulasikan seluruh hal tersebut, maka cobalah hubungi financial planner. Nantinya pihak tersebut akan mampu membantu Anda dalam mengatur keuangan lebih bijak lagi. 

Pahami Asuransi dengan Baik 

Asuransi penting sebagai pertimbangan untuk merealisasikan keseimbangan hidup. Beberapa premi asuransi akan memotong langsung dana dari rekening bank nasabah sehingga tidak akan menyadari jika sudah menabung. 

Jangan lupa pahami detail asuransi yang Anda miliki dengan baik. Jangan gegabah dalam memilih asuransi tanpa memperhatikan track record perusahaan penyedia asuransi tersebut dengan cermat. Pastikan keuangan perusahaan tersebut stabil dan tentunya dapat dipercaya. 

Asuransi Kesehatan, Seberapa Penting Bagi Kita?

Pilih asuransi yang menawarkan premi sesuai kemampuan keuangan Anda. Jangan sampai justru menjadi beban dan membuat Anda kesusahan.

Hindari memiliki gaya hidup tinggi di masa ini tanpa memikirkan kondisi masa depan nantinya. Bijaklah dalam mengelola keuangan demi tercapainya keseimbangan hidup. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *