Solusi Untuk Kamu Yang Sulit Menabung

1 min read

Solusi Untuk Kamu Yang Sulit Menabung

Menabung merupakan hal penting yang penting dilakukan oleh semua orang. Tidak hanya untuk masa depan tapi juga untuk memenuhi kebutuhan yang di luar rencana.

Meski begitu, masih banyak orang yang belum menabung secara rutin. Padahal, dengan penghasilan berapa saja, kamu tetap bisa melakukannya.

Nah, agar kamu tidak merasa sulit untuk menabung, berikut ini beberapa solusi yang dapat dilakukan:

1. Tetapkan Tujuan Menabung

Solusi pertama yang bisa kamu lakukan adalah menentukan apa yang menjadi tujuan utamamu dalam menabung.

Dengan tujuan yang jelas untuk menabung akan menjadi penyemangat kamu untuk menyisihkan pundi demi pundi demi cepat mencapai tujuan tersebut.

5 Level Perencanaan Keuangan, Kamu Sudah di Level Berapa?

2. Menabung Secara Bertahap

Menabunglah secara bertahap. Tidak perlu menabung dalam jumlah yang besar, mulai dari jumlah yang sedikit kemudian ke jumlah yang banyak. Hal ini penting agar kamu tidak merasa terbebani dengan saat ingin rutin menabung.

3. Buat Rencana Menabung Secara Detail

Semakin detail sebuah langkah, akan semakin bersemangat biasanya untuk menjalankannya. Tak terkecuali urusan menabung.

Supaya rencana menabungmu berhasil, kamu bisa memulainya dengan menuliskan rencana tabungan secara detail di sebuah catatan yang dapat dilihat sewaktu-waktu.

4. Konsisten

Untuk mendapatkan hasil yang optimal jangan lupa untuk selalu konsisten dengan rencana menabung mu.

Rencana tapi tanpa dukungan yang konsisten hasilnya akan percuma. Semakin kamu konsisten maka hasilnya akan semakin optimal.

5. Buat Rekening Pribadi Khusus Tabungan

Salah satu kesulitan yang sering dialami seseorang dalam menabung, adalah mereka biasanya mencampurkan uang tabungan mereka dengan rekening pribadi mereka di mana mereka menerima penghasilan.

Karena itu, secara tidak sadar, kamu menggunakan uang tabungan itu juga untuk kebutuhan sehari-hari. Pernahkah kamu seperti itu? Secara tidak sadar kamu menggunakan uang yang seharusnya kamu tabung untuk membeli hal yang kamu inginkan atau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan pada akhirnya uang tabungan tidak bisa terkumpul sesuai dengan targetmu.

Oleh karena itu untuk mencegah hal seperti itu terjadi, maka buatlah rekening pribadi khusus untuk tabungan. Kamu bisa membuat rekening tabungan untuk tabunganmu di bank yang sama dengan rekening pribadimu atau di bank berbeda.

Dengan membuat rekening pribadi khusus tabungan, maka bisa membuatmu untuk menghindari menggunakan uang tabungan.

Selain itu juga lebih mempermudah kamu karena setelah mendapat penghasilan, bisa langsung mentransfernya ke rekening khusus tabunganmu.

Selain menabung, tidak ada salahnya kamu mempergunakan sebagian kecil penghasilan untuk berinvestasi. Investasi ini penting karena bisa menjadi dana darurat ataupun tabungan yang berguna di masa mendatang.

Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di P2P Lending Amartha.

Amartha adalah perusahaan P2P Lending di Indonesia yang fokus menyalurkan pinjaman kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Dengan menjadi pendana di Amartha, kamu bisa mendapatkan keuntungan sampai 15% flat per tahun.

Rutin mendanai di Amartha bisa menjadi salah satu cara untuk menabung sekaligus menjaga nilai uang yang semakin lama tergerus inflasi. Misal kamu memiliki uang 500 juta untuk membeli rumah dua tingkat untuk ditempati keluarga kecilmu, mungkin 10 tahun lagi dengan harga yang sama, kamu hanya bisa membeli rumah tanpa tingkat saja.

Kelebihan lain mendanai di Amartha adalah kamu turut menciptakan dampak sosial yaitu menciptakan kesejahteraan yang merata lho. Yuk danai sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *