Sering Diabaikan, Inilah 4 Manfaat dari Menerapkan Budgeting

1 min read

Sering Diabaikan, Inilah 4 Manfaat dari Menerapkan Budgeting

Dalam perencanaan keuangan, menerapkan budgeting merupakan hal yang krusial untuk dilakukan. Tidak hanya ketika menjalankan bisnis atau perusahaan, budgeting juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Budgeting, atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai penganggaran perlu dibuat agar semua kebutuhan bulanan dapat dihitung dengan baik. Harapannya, semua pos pengeluaran dapat jatah yang sesuai dengan porsinya.

Hal ini penting karena setiap individu punya pendapatan, pengeluaran, kewajiban, tanggungan, tujuan hidup yang berbeda-beda. Dikutip dari Business Today, berikut ini 4 manfaat dari menerapkan budgeting:

1. Mengetahui Posisi Keuangan Pribadi

Membuat budgeting akan mengharuskan kamu untuk membuat daftar semua pendapatan dan pengeluaran secara detail. Kamu juga dapat memetakan pengeluaran secara lebih luas seperti biaya kebutuhan sehari-hari, pendidikan, kesehatan, hiburan, hingga dana untuk sedekah.

Dengan membuat budgeting, kamu akan mengetahui sejauh mana pengeluaranmu akan berdampak pada keuangan. Setelahnya, kamu pasti akan lebih sering berpikir untuk menghabiskan uang yang terhitung sebagai pengeluaran tambahan karena bisa berdampak pada budgeting bulanan.

2. Membantu Menetapkan Tujuan Masa Depan

Budgeting bulanan juga bisa membantumu dalam memeriksa ruang lingkup yang bisa dihemat dan di sektor mana saja kamu tidak perlu menekan pengeluaran. Jika tingkat penghematan mencapai angka optimal, maka kamu bisa membuat penganggaran tambahan untuk meningkatkan investasi.  

3. Membantu Menyesuaikan Pengeluaran Bulanan

Jika kamu telah menyiapkan budgeting bulanan untuk setahun penuh, maka kamu bisa memetakan pos pengeluaran mana saja yang stabil. Dengan begitu, kamu bisa memulai langkah berikutnya untuk berinvestasi. Dengan pengeluaran yang telah disesuaikan, kamu bisa memotong pengeluaran yang tidak perlu dan mengalihkannya untuk menabung atau berinvestasi.

4. Mengelola Arus Kas Lebih Baik

Budgeting bulanan yang disusun untuk kurun waktu setahun akan membuat kamu merasa terbiasa dengan budget yang tiap bulannya berbeda. Misalnya mungkin ada beberapa pembayaran tahunan seperti biaya sekolah, pajak properti atau lainnya yang membuat pengeluaran kamu berbeda.

Kamu juga bisa mengevaluasinya, atau bahkan mengantisipasi defisit yang lebih besar. Dengan begitu, kamu dapat melakukan beberapa penyesuaian dan menunda pengeluaran yang dapat dihindari.

Perlu diingat, hal terpenting dalam menerapkan budgeting adalah disiplin dari diri sendiri untuk mengatur cash flow sesuai anggaran yang sudah dibuat. Nah, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *