Saat Harga Kripto Turun, Apa yang Harus Dilakukan? | Timeslib

1 min read

Saat Harga Kripto Turun, Apa yang Harus Dilakukan? | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Banyak sekali yang terguncang ketika harga kripto turun. Kali ini, tidak hanya satu jenis cryptocurrency yang turun. Melainkan hampir semua kripto turun drastis.

Jika kamu salah satu penambang uang kripto, apakah ini saatnya kamu harus berhenti menambang kripto? Atau ini justru saatnya kamu membeli lebih banyak kripto karena harga sedang murah?

Memang ini bukan keputusan yang mudah. Kamu harus bijak dalam membuat keputusan. Dan keputusan yang kamu ambil akan menjadi sebuah keputusan yang tepat jika kamu tahu apa penyebab harga kripto turun.

Penyebab Harga Semua Cryptocurrency Anjlok

Penyebab harga kripto turun. Photo by @behy_studio

Ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan harga kripto anjlok. Namun, untuk kasus saat ini, turunnya harga kripto lebih dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah Amerika Serikat.

Apa itu? Presiden Joe Biden membuat kebijakan baru berupa menaikkan pajak bagi mereka yang memiliki pendapatan lebih dari US$1 juta. Pajaknya menjadi 39,6%. Hal ini menjadi kabar yang kurang baik untuk mereka para penambang kripto. Karena ketika harga kripto naik, maka mereka akan menjadi orang kaya dan otomatis harus membayar pajak yang tinggi. Jelas ini merugikan.

Kebijakan tersebut memang bersifat lokal. Artinya hanya orang Amerika Serikat saja yang akan merasakan kebijakan Joe Biden. Akan tetapi, ini berpengaruh pada orang di negara lain yang memegang kripto. Pasalnya, harga kripto turun dan mereka yang tidak di Amerika Serikat juga mendapatkan imbasnya.

Baca juga: Cara Menganalisa Mana Mata Uang Crypto yang Bagus untuk Investasi

Apa yang Sebaiknya Kamu Lakukan?

Bisnis event organizer.
Yang harusnya dilakukan. Photo by Pexels

Mungkin kamu saat ini baru beberapa bulan menjadi penambang uang kripto. Sat harga kripto turun, apa yang sebaiknya kamu lakukan? Mungkin ini pertanyaan yang kamu ajukan saat ini.

Yang pasti, inilah momen di mana kamu diuji untuk bisa tahan banting. Karena sebenarnya seorang investor itu orang yang tahan banting di saat krisis. Jadi, ini seolah jadi waktu di mana kamu mendapatkan ujian untuk naik kelas.

Namun, bukan berarti kamu harus bertahan tanpa ada pertimbangan lho ya. Apapun keputusan yang kamu buat, itu harus didasari pada pertimbangan yang matang.

Setidaknya ada tiga hal yang sebaiknya kamu lakukan saat harga kritpo turun. Apa saja itu?

Tahan sejenak. Photo by Pixabay

Sama seperti jenis investasi lainnya. Harga itu fluktuatif. Ada masa di mana harga turun. Namun, ada masa di mana harga naik. Di lihat dari grafiknya, kenaikan kripto itu jauh lebih tinggi daripada turunnya lho. Perhatikan saja grafiknya di beberapa tahun terakhir.

Maka dari itu, tahan sejenak sambil memantau situasi. Tunggu hingga beberapa hari. Jika ada potensi kenaikan, maka keputusan untuk bertahan yang kamu ambil itu benar.

  • Alihkan ke Jenis Investasi Lainnya
Investasi tanah.
Alihkan ke investasi lain. Photo by Republika

Penurunannya harga kripto memang cukup signifikan akhir-akhir ini. Dan ini terjadi pada hampir semua harga kripto. Bahkan, bitcoin yang harganya stabil pun terpengaruh.

Maka dari itu, tidak salah jika kamu alihkan beberapa dana ke jenis investasi lainnya. Misalnya saja ke reksadana, saham, atau emas. Namun, tetap saja kamu punya aset kripto. Karena kamu harus tahu semakin banyak lho outlet yang memperbolehkan bertransaksi pakai kripto.

  • Tambahkan Nilai Investasi
Fokus untung sat investasi
Tambah nilai investasi. Photo by Pexels

Jangan terlalu terpengaruh pada harga kripto anjlok. Fokuslah untuk menambah investasi. Naikkan pendapatan agar semakin banyak persentase investasi yang bisa kamu lakukan. Tidak hanya di kripto tapi juga di jenis investasi lainnya.

Pada intinya, kamu harus bijak dalam menyikapi suatu kondisi. Tak terkecuali kondisi di mana harga kripto turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *