Rahasia, Ini Cara Mudah Tambah Penghasilan dan Kurangi Pengeluaran!

1 min read

Rahasia, Ini Cara Mudah Tambah Penghasilan dan Kurangi Pengeluaran!

Kekhawatiran tentang keuangan memang begitu beragam. Mulai dari anggaran kebutuhan rumah tangga, pinjaman, asuransi, tabungan, dana pendidikan dan masih banyak lagi. Biasanya kekhawatiran seperti ini justru muncul dari kalangan ibu-ibu rumah tangga. 

Justru sebagian dari mereka telah mendapatkan penghasilan bulanan sendiri. Seakan-akan penghasilan tersebut hanya mampu mencukupi kebutuhan harian saja, bahkan kurang. Tabungan tidak bertambah dan uang bonus dipakai untuk menutup pengeluaran terus-menerus. Bagaimana menyeimbangkannya?

Tinjau Kembali Kebiasaan Keuangan Anda

Keuangan rumah tangga yang kurang baik bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya kartu kredit dan pinjaman tertentu. Mungkin Anda akan mendapatkan kepuasan, akan tetapi sebetulnya hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan keuangan Anda. 

Kartu Kredit 

Salah satunya kartu kredit. Maka dari itu, penting sekali meninjau kembali kebiasaan keuangan semacam ini. Walaupun hanya benda kecil, akan tetapi bisa membahayakan anggaran keuangan Anda. Jika penggunaan kartu kredit menjadi candu bagi Anda, maka sebaiknya mulai hari ini hentikan.

Kartu Kredit Syariah dan Bedanya Dengan Kartu Kredit Konvensional

Pinjaman Tertentu 

Selain menghindari penggunaan kartu kredit, sebaiknya usahakan juga untuk meredam hasrat pinjaman tertentu. Misalnya, kredit sepeda motor, mobil bahkan rumah. Walaupun di awal mungkin masih baik-baik saja, akan tetapi bisa saja hal tersebut justru bisa mencekik leher Anda. 

Bagaimana Cara Mempertahankan Pengeluaran Agar Sesuai Pendapatan?

Balance between income and outcome

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan demi bisa mempertahankan pengeluaran agar sesuai dengan pendapatan. Untuk mempertahankan keuangan agar lebih sehat maka lakukan tinjauan ulang terhadap pengeluaran bulanan. Lihat kembali hal apa yang menjadi penting dan bagian mana yang mesti dikurangi.  

Lihat Kebutuhan Paket Internet 

Di era sekarang paket data internet telah menjadi kebutuhan primer. Meskipun demikian, Anda tetap perlu bijak dalam menggunakannya. Jika memang tujuannya untuk berkomunikasi, maka sebaiknya lakukan demikian. Hindari konsumsi data internet yang unfaedah. 

Tinjau Pengeluaran Asuransi 

Asuransi memang penting baik kesehatan, pendidikan dan sebaiknya. Akan tetapi, untuk lebih menyehatkan keuangan Anda ada baiknya memilih asuransi yang benar-benar dibutuhkan. Tidak semua jenis asuransi harus Anda ambil. 

Berbelanja di Tempat Tepat 

Buatlah daftar makanan yang harus Anda beli selama kurun waktu tertentu. Demi amannya anggaran keuangan Anda, maka berbelanjalah di tempat yang tepat.

Saat Anda berbelanja di tempat yang semestinya, maka Anda bisa menghindari pengeluaran tajam yang tak terkira. 

Mulai dan Tambah Tabungan Anda 

Kondisi tanpa tabungan sepeser pun merupakan hal yang sangat buruk dan harus dihindari. Setelah merealisasikan cara mempertahankan pengeluaran, maka berikutnya mulailah menabung dan terus perbanyak tabungan Anda.

Tabungan tentu sangat penting untuk mencukupi berbagai kebutuhan di masa yang akan datang. Walaupun Anda tidak dapat menghasilkan uang secara langsung dalam jumlah banyak, akan tetapi jika konsisten menabung sedikit demi sedikit tentu bisa sangat bermanfaat.

Amartha

Selain menabung, Anda juga bisa melakukan investasi berdasarkan profil risiko masing-masing. Salah satu investasi yang bisa Anda coba adalah Amartha.

Amartha adalah investasi P2P Lending yang menghubungkan pendana atau investor kepada peminjam, khususnya perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Dengan berinvestasi di Amartha, Anda bisa mendapatkan keuntungan sampai 15% flat per tahun.

Selain itu, Anda juga turut menciptakan dampak sosial yang nyata bagi Indonesia berupa kesejahteraan yang merata.

Amartha adalah perusahaan investasi yang aman karena sudah memiliki izin usaha dari OJK. Tertarik mendanai di Amartha? Daftar dan danai sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *