Pentingnya Vitamin dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

3 min read

Pentingnya Vitamin dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh adalah hal penting dilakukan. Sebab, secara umum daya tahan tubuh memiliki peran yang luar biasa dalam menjaga kesehatan dan bertugas untuk mencegah penyakit.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya dengan memenuhi asupan vitamin. 

Asupan vitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh biasanya didapat dari konsumsi makanan sehat. Selain itu, memenuhi kebutuhan vitamin tubuh juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen khusus, tentu saja yang memiliki kandungan beragam vitamin yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C, E, dan zinc. 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh setelah Vaksin Corona

Bukan lagi rahasia bahwa mengkonsumsi makanan sehat penting untuk menjaga kebugaran dan kondisi tubuh. Ternyata, hal itu berkaitan dengan peningkatan daya tahan tubuh yang memegang peran penting dalam hal kesehatan. Daya tahan tubuh yang terjaga tidak hanya berguna untuk menghindari penyakit, tapi juga bisa membantu memaksimalkan kinerja obat yang masuk ke dalam tubuh, termasuk vaksin. 

Seperti diketahui, saat ini pandemi virus corona masih berlangsung. Kendati begitu, pemberian vaksin sebagai upaya memutus rantai penularan virus sudah dilakukan dan masih terus berlanjut. Banyak kelompok orang yang sudah menerima vaksin. Setelah masuk ke dalam tubuh, vaksin COVID-19 akan bekerja dan merangsang terbentuknya sistem pertahanan terhadap virus penyebab penyakit tertentu, dalam hal ini virus corona. 

Agar kinerja vaksin maksimal, penting untuk selalu menjaga daya tahan tubuh, salah satunya dengan konsumsi vitamin. Ada beberapa jenis vitamin yang penting dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh setelah mendapat vaksin COVID-19, di antaranya: 

Vitamin C

Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh setelah vaksin adalah mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan kandungan vitamin C. Jenis vitamin ini bisa membantu meningkatkan kadar antibodi yang membentuk kekebalan tubuh serta bisa mempercepat penyembuhan infeksi. Kamu bisa mendapat asupan vitamin C alami dari beberapa jenis makanan, salah satunya buah-buahan.

Jumlah vitamin C yang kamu butuhkan setiap hari tergantung pada usia. Jumlah rata-rata harian yang direkomendasikan oleh National Institutes of Health untuk berbagai usia tercantum di bawah ini dalam miligram (mg).

  • 0  – 6 bulan: 40 mg
  • 7 – 12 bulan: 50 mg
  • 1 – 3 tahun: 15 mg
  • 4 – 8 tahun: 25 mg
  • 9 – 13 tahun: 45 mg
  • 14 – 18 tahun (laki-laki): 75 mg
  • 14 – 18 tahun (perempuan): 65 mg
  • Dewasa (laki-laki): 90 mg
  • Dewasa (perempuan): 75 mg
  • Hamil: 85 mg
  • Menyusui: 115 mg

Jika kamu merokok, tambahkan 35 mg ke nilai di atas untuk menghitung jumlah total harian yang direkomendasikan.

Vitamin E

Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E juga bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh setelah mendapat vaksin corona. Jenis vitamin ini kaya akan kandungan antioksidan yang bisa memperbaiki respons kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan infeksi.  Ini jumlah yang direkomendasikan:

  • 0 – 6 bulan: 4 mg
  • 7 – 12 bulan: 5 mg
  • 1 – 3 tahun: 6 mg
  • 4 – 8 tahun: 7 mg
  • 9 – 13 tahun: 11 mg
  • 14 – 18 tahun: 15 mg
  • Dewasa: 15 mg
  • Hamil: 15 mg
  • Menyusui: 19 mg

Zinc

Asupan zinc dibutuhkan tubuh untuk membantu pembentukan sel imunitas atau sistem kekebalan tubuh baru. Tidak berbeda jauh dengan jenis vitamin lainnya, zinc bisa didapat dari beberapa jenis makanan, seperti yogurt, daging, dan sayuran.  Kemudian, ini untuk jumlah yang dibutuhkan tubuh

  • 0  – 6 bulan: 2 mg
  • 7 – 12 bulan: 3 mg
  • 1 – 3 tahun: 3 mg
  • 4 – 8 tahun: 5 mg
  • 9 – 13 tahun: 8 mg
  • 14 – 18 tahun (laki-laki): 11 mg
  • 14 – 18 tahun (perempuan): 9 mg
  • Dewasa (laki-laki): 11 mg
  • Dewasa (perempuan): 8 mg
  • Hamil: 11 mg
  • Menyusui: 12 mg

Selain mengetahui jenis vitamin apa saja yang dibutuhkan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain dengan vitamin yang telah dijelaskan di atas, kabar baiknya, cara menjaga daya tahan tubuh ternyata bisa dilakukan dengan sederhana. Menerapkan gaya hidup sehat, di antaranya mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan

sayur, rutin berolahraga, mengelola stres, serta cukup istirahat adalah kunci menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, kamu bisa melengkapinya dengan mengonsumsi suplemen khusus untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Tips Sederhana Menjaga Daya Tahan Tubuh

Pada dasarnya, daya tahan tubuh memiliki peran yang sangat penting, yaitu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah infeksi penyebab penyakit. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Lantas, apa saja cara dan tips yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh? 

Menjaga daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, mengelola stres dengan baik -terlebih selama pandemi, cukup beristirahat, serta melengkapinya dengan konsumsi suplemen khusus. Agar daya tahan tubuh selalu terjaga, kamu bisa mengkonsumsi suplemen dalam bentuk vitamin dan mineral. 

Beberapa jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Sebab, kekurangan beberapa jenis vitamin, seperti zinc, selenium, asam folat, zat besi, serta vitamin A, B6, C, dan E disebut bisa mempengaruhi daya tahan tubuh. Namun, masih dibutuhkan penelitian pada manusia untuk membuktikannya dan mencari tahu apa yang menjadi penyebab hal ini bisa terjadi.

Secara umum, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh, di antaranya: 

1. Konsumsi Makanan Sehat

Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Hal ini juga bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin dan mineral tubuh. Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh, termasuk buah dan sayuran. Salah satunya dengan dengan mengonsumsi rempah-rempah penambah daya tahan tubuh.

2. Mengelola Stres

Daya tahan tubuh bisa terjaga dengan baik dengan cara mengelola stres. Sebab, ternyata ada kaitan antara tingkat stres seseorang dengan kekebalan tubuh. Selain menghindari stres, kamu juga bisa mengelola hal ini dengan melakukan latihan pernapasan atau meditasi. 

3. Cukup Beristirahat

Menjaga daya tahan tubuh salah satunya bisa dilakukan dengan istirahat. Dengan cukup istirahat, tubuh akan lebih bugar dan pada akhirnya membuat kekebalan tubuh bertambah. Saat daya tahan tubuh bekerja maksimal, risiko infeksi maupun serangan penyakit akan menjadi lebih kecil. 

4. Konsumsi Suplemen Khusus

Selain menerapkan gaya hidup sehat, konsumsi suplemen khusus juga bisa membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Namun, penting untuk terlebih dahulu mengetahui apa saja jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh. Konsumsi multivitamin juga bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan tubuh yang tidak bisa dipenuhi dari pola makan yang diterapkan. 

Dengan pola hidup sehat dan mengasup vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, ada baiknya kamu tetap mengaplikasikan salah satu produk asuransi kesehatan yang tepat untuk melindungi diri. 

Pertama, dengan Flexi Health Asuransi kesehatan dari Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp1 juta per hari. Flexi Health cocok untuk melengkapi asuransi kesehatan dari kantor atau BPJS Kesehatan agar finansialmu tidak terganggu akibat biaya tak terduga selama menjalani perawatan di rumah sakit.

Kedua, dengan Medicare Premier, perlindungan kesehatan komprehensif dari Astra Life berupa asuransi kesehatan tambahan (rider) dengan asuransi dasar AVA iBright Protector, yang memberikan jaminan ‘one bed one bathroom’  bagi nasabah dan keluarga saat dirawat di rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *