Pentingnya Surat Keterangan Lunas untuk Cicilan Kamu!

1 min read

Pentingnya Surat Keterangan Lunas untuk Cicilan Kamu!

Ketika mengajukan pinjaman, sudah pasti menjadi kewajibanmu untuk melunasi hutang tersebut sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sejak awal. Umumnya, sesudah seluruh cicilan dibayarkan sampai selesai, kamu akan mendapatkan pernyataan khusus dari pihak pemberi pinjaman bahwa utangmu telah dilunasi, yang disebut dengan Surat Keterangan Lunas (SKL).

Perlu diketahui, surat keterangan lunas tidak hanya sekadar menjadi pertanda masa kredit telah selesai, melainkan juga sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek literasi keuangan yang lain. Oleh sebab itu, surat keterangan lunas harus menjadi hal yang dimiliki oleh debitur untuk memastikan tidak ada masalah kredit setelah kontrak selesai antara kedua belah pihak.

Setiap bank maupun lembaga pinjaman lainnya memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait Surat Keterangan Lunas (SKL). Terkadang, kamu sebagai peminjam harus mengajukan sendiri permintaan surat lunas ke pemberi pinjaman.

PayLater, Fitur Utang Yang Menguntungkan Atau Merugikan?

Pentingnya Surat Keterangan Lunas untuk Cicilan Kamu!

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya Surat Keterangan Lunas (SKL) untuk cicilanmu jika telah selesai!

1. Bukti Telah Lunasnya Hutang  

Surat Keterangan Lunas (SKL) merupakan bukti valid jika kamu sudah terbebas dari berbagai jenis hutang yang diambil. Bukan hanya sekadar bukti, surat tersebut juga menjadi pegangan penting apabila terjadi masalah antara debitur dan kreditur di masa mendatang.

Apabila hal tersebut terjadi, kamu pun bisa menunjukkan bukti telah lunasnya hutang kepada lembaga keuangan, sekalipun akhirnya permasalahan ini dibawa ke pengadilan karena telah memiliki kedudukan yang kuat.

2. Mempermudah Ketika Mengajukan Pinjaman Berikutnya

Selain menjadi bukti pelunasan hutang, Surat Keterangan Lunas (SKL) bisa mempermudah untuk proses pengajuan pinjaman selanjutnya. Surat ini pun bisa menjadi jaminan sekalipun barang bukti bahwa kamu sudah melunasi hutang masa lalu, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kredit macet. Bukti surat pelunasan bisa menjadi bukti nyata pada pihak perbankan sebagai bagian dari pengambilan keputusan.  

3. Mempengaruhi Skor Kredit (BI Checking)

Skor kredit berupa BI Checking merupakan penilaian untuk menentukan apakah seorang calon peminjam layak menerima pinjaman sesuai dengan yang diajukan. Semakin baik skor kreditnya, maka semakin tinggi juga peluang untuk mendapatkan pinjaman baru.

Memiliki Surat Keterangan Lunas (SKL), bisa mempengaruhi skor kreditmu jika pihak pemberi pinjaman yang baru memintanya. Meski ada beberapa penyedia pinjaman memberikan kemudahan dengan menganalisa kemampuan calon peminjam tanpa melalui proses BI Checking.

Namun, dengan memiliki surat keterangan lunas tetap bisa membantumu untuk membuktikan bahwa kamu adalah peminjam yang bertanggung jawab. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengajukan pinjaman kembali di lembaga penyedia pinjaman lainnya.

4. Bisa Meningkatkan Limit Pinjaman

Tak hanya sekadar skor kredit seperti BI Checking, ternyata Surat Keterangan Lunas (SKL) juga berpengaruh pada limit pinjaman jangka panjang. Pertimbangan menaikkan limit pinjaman merujuk pada jumlah pelunasan kredit maupun jumlah penghasilan kamu saat ini. Semakin taat membayar, maka kemungkinan besaran limit pinjaman selanjutnya bisa semakin tinggi.

Itulah beberapa alasan pentingnya Surat Keterangan Lunas (SKL) untuk cicilanmu jika telah selesai. Selain melunasi semua pinjaman yang diajukan dan mendapatkan Surat Keterangan Lunas (SKL), ada baiknya kamu tetap menyisihkan penghasilan untuk berinvestasi. Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha.

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *