Pentingnya Memiliki Tabungan Haji dan Tipsnya Yang Terbaik | Timeslib

2 min read

Pentingnya Memiliki Tabungan Haji dan Tipsnya Yang Terbaik | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Hampir seluruh umat muslim pasti memiliki cita-cita bisa menunaikan ibadah haji. Tapi tak dipungkiri, biaya haji yang tidak sedikit kerap menjadi kendalanya. Namun tidak lagi bila kamu sudah punya tabungan haji. Kenapa begitu?

Tabungan ibadah haji merupakan salah satu cara tepat untuk mengumpulkan dana naik haji. Tabungan ini tidak lain adalah simpanan yang digunakan untuk mempersiapkan dana perjalanan ibadah haji. Di mana tabungan ini akan disimpan di bank.

Apakah Perlu Tabungan Haji?

Menghitung tabungan haji yang diperlukan. Photo by Pixabay

Kamu mungkin berpikir bisa menabung dana haji di rumah, tidak harus di bank. Tapi apa kamu yakin tabungan itu akan aman? Kira-kira butuh berapa lama agar tabungan cukup? Akan ada banyak kekhawatiran, bukan?

Karena itu, tabungan ini diperlukan. Apalagi dengan menabungnya di tabungan ini, kamu bisa mendapat banyak manfaat dan keuntungan. Diantaranya yaitu:

Biaya haji memang tidak sedikit, bahkan dianggap mahal bagi sebagian kalangan. Tapi kamu bisa memulai menabung biayanya itu dari modal yang terjangkau. Ya, setoran awal dan lanjutan untuk tabungan ini terbilang ringan.

Bahkan ada bank yang memasang minimal setoran awal hanya Rp 100.000. Dan untuk setoran selanjutnya cukup Rp 50.000. Sangat ringan, bukan?

Selain itu, kamu juga bisa meminta bank memotong langsung tabungan utama untuk setorannya. Sangat memudahkan untuk kamu menabung.

Menabung di bank cenderung memberi rasa aman daripada menabung di rumah. Uang yang tersimpan disana dapat dijamin aman dari risiko. Itu juga berlaku bila kamu menabung uang di tabungan bank untuk haji.

Uang yang sudah kamu setor ke tabungan itu akan aman untuk biaya haji nanti. Sistem keamanan tinggi yang dimiliki bank ini tidak perlu kamu ragukan.

Tabungan ini tidak dikenakan biaya admin. Jadi kalau kamu buka tabungan ini, kamu tidak perlu takut akan kena biaya bulanan. Lagipula hampir semua produk tabungan ini dari berbagai bank memang begitu. Jadi menguntungkan dan tidak akan memberatkan.

Baca juga: Jangan Salah! Ini 4 Perbedaan Tabungan dan Investasi Yang Perlu Kamu Tahu

  • Memakai Sistem Syariah (jika bank syariah)

Tabungan ini sudah jelas dikelola dengan sistem perbankan yang sesuai prinsip syariah. Tabungan jenis ini di Indonesia umumnya menggunakan akad Wadiah dan akad Mudharabah Muthlaqah.

Ini merupakan kelebihan yang paling penting dari memiliki tabungan ini. Sebab dengan menabung ibadah haji, maka kamu akan dapat nomor antrean haji.

Hal ini karena sistem yang telah terhubung langsung dengan SISKOHAT provinsi. Jadi bila saldo minimum untuk daftar haji yakni sebesar Rp 25 juta rupiah sudah tercapai, maka antrean ini bisa kamu dapat.

  • Lebih Mendisiplinkan Diri

Dengan menabung di tabungan ini, kamu jadi bisa lebih mendisiplinkan diri. Dan yang menguntungkan, kamu bisa menabung untuk biaya haji lebih rajin. Karena tiap bulannya kamu akan terdorong agar menyetor dana haji untuk ditabung.

Hal ini tentu sangat membantu bagi kamu yang ingin berangkat haji. Karena niat saja belum cukup, tabungan juga harus disiapkan.

Baca juga: 5 Perbedaan Utama Deposito dan Tabungan

Tips Memilih Tabungan Haji Terbaik

Tabungan haji BRI Syariah. Photo by Lifepal

Nah, setelah mengetahui beberapa hal tadi, apakah kamu tertarik membuka tabungan ini? Kalau iya, pastikan kamu memilih yang terbaik. Mengingat sudah banyak perbankan di Indonesia yang menawarkan, sebaiknya perhatikan tips berikut ini:

Walaupun bank konvensional ada yang menawarkan produk tabungan ini, kamu sebaiknya pilih bank syariah saja. Sebab bank ini akan bisa lebih menjanjikan.

  • Perhatikan Fasilitas dan Keuntungan

Sejumlah bank ada yang melengkapi dengan buku tabungan fisik. Ada juga yang memberi manfaat berupa asuransi. Fasilitas dan keuntungan yang diberikan ini bisa berbeda-beda. Untuk itu, perhatikan dulu sebelum memilihnya.

Secara umum, tabungan ibadah haji tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. Tetapi kadang ada yang menerapkan biaya khusus jika terjadi kasus tertentu. Ini tergantung dari regulasi bank yang berbeda-beda soal biaya.

Tujuan buka tabungan ini memang untuk bisa berangkat haji. Maka dari itu, bisa dapat porsi haji menjadi sangat penting. Rata-rata bank akan memberikan porsi haji via SISKOHAT jika saldo minimum sudah 25 juta.

Memiliki tabungan haji ini sekarang tidak sulit. Tidak jauh beda dari seperti membuka rekening tabungan bank biasa. Tapi bagi kamu yang sungguh-sungguh ingin berangkat haji, tabungan ini tentu menjadi penting. Sangat menguntungkan dan bermanfaat untuk kamu lebih semangat menabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *