Peluang Investasi Crypto Currency di Tahun 2021 | Timeslib

7 min read

Peluang Investasi Crypto Currency di Tahun 2021 | KlikCair

Waktu baca: 8 menit

Secara mudahnya crypto currency adalah mata uang digital. Crypto currency juga sering disebut dengan mata uang kripto. Di era digital ini, mata uang digital namanya semakin populer. Selain itu juga termasuk salah satu instrumen investasi yang bisa dipilih. 

Sayangnya sebagian besar masyarakat Indonesia masih kurang familier dengan mata uang kripto ini. Sehingga yang terjadi adalah banyak belum menjadikannya sebagai pilihan investasi. Padahal investasi cryptocurrency ini terbilang sangat menguntungkan. 

Kenapa demikian? Sebab nilai yang ada pada mata uang digital ini dikatakan selalu meningkat secara fluktuatif dari waktu ke waktu. Pertanyaannya, bagaimana peluangnya di tahun 2021 ini? 

Memahami Crypto Currency dari Karakteristik dan Kegunaannya

Memahami mata uang kripto. Photo by @silverhousehd

Lewat bahasa paling mudah, crypto currency adalah sebuah mata uang digital atau virtual. Sebuah mata uang digital yang dijamin oleh cryptography. Dalam pemahaman yang lebih luas lagi, memahami apa itu crypto currency bisa dilihat dari karakteristik serta kegunaannya. 

Dengan memahami hal tersebut, dijamin kamu akan lebih mudah dalam memahami apa itu cryptocurrency. Oleh sebab itu pahami betul penjelasan yang ada di bawah ini. 

Digital 

Crypto currency atau mata uang kripto bisa disebut sebagai mata uang digital. Artinya mata uang tidak memiliki bentuk fisik. Seperti halnya mata uang konvensional yang sering kamu pegang setiap hari.  

Peer-to-Peer

Mata uang kripto ini merupakan jenis mata uang yang hanya bisa digunakan untuk transaksi dari satu orang ke orang lainnya. Selain itu transaksinya pun harus secara online

Global 

Mata uang digital ini merupakan jenis mata yang sama di setiap negara. Oleh sebab itu transaksi menggunakan uang digital ini bisa dilakukan secara bebas antar negara. Mata uang digital ini merupakan mata uang yang tidak terpengaruh kurs. 

Terenkripsi 

Cryptocurrency ini merupakan jenis mata uang yang terenkripsi. Maksudnya adalah setiap penggunanya memiliki kode masing-masing pada saat digunakan untuk melakukan transaksi. 

Selain itu, penggunaannya tidak dapat melihat transaksi dilakukan oleh siapa. Di samping itu juga tidak ada nama asli yang akan muncul pada setiap transaksi yang dilakukan. 

Hal penting lain yang harus dipahami lagi adalah tidak ada aturan terkait dengan siapa yang dapat menggunakan mata uang kripto ini. Kemudian kamu pun bebas menggunakan mata uang digital ini untuk melakukan transaksi apapun. 

Terdesentralisasi 

Crypto currency adalah mata uang yang terdesentralisasi. Pada umumnya transaksi menggunakan mata uang selalu melibatkan pihak lain sebagai penengahnya. Bank adalah contohnya. 

Namun hal ini tidak berlaku untuk mata uang digital ini. Sebab tidak ada bank atau pihak penengah lain ketika terjadi transaksi menggunakan cryptocurrency. Artinya kamu sebagai penggunalah yang harus bertanggung jawab. 

Truthless

Mata uang kripto ini bersifat truthless. Artinya saat menggunakannya #kamu tidak perlu percaya dengan siapa pun di dalam sistem. Ingat hal ini baik-baik. Agar hal buruk tidak terjadi pada dirimu sendiri. 

Crypto Currency sebagai Mata Uang Digital

Mata uang digital. Photo by Pixabay

Tadi sudah sedikit disinggung jika crypto currency merupakan mata uang digital. Mata uang kripto ini umumnya digunakan pada transaksi virtual atau transaksi berbasis internet. Jika memang seperti itu, lalu bagaimana dengan keamanannya? 

Mata uang digital ini dari segi keamanan sangatlah terjamin. Sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkannya lagi. Hal ini berkat adanya sandi-sandi yang bisa dikatakan sangat rumit. Crypto currency adalah mata uang digital yang bersifat desentralisasi. 

Maksudnya bagaimana? Dikatakan mata uang yang bersifat desentralisasi sebab tidak ada pihak yang menjadi perantara pada setiap transaksinya. Sebab pembayaran yang dilakukan dengan mata uang kripto ini berlangsung secara peer-to-peer. Artinya hanya dari pengirim ke penerima. 

Jika memang seperti itu, bukannya berbahaya? Tenang saja, dijamin semua transaksi yang dilakukan dengan mata uang digital ini terjamin dari segi keamanannya. Hal ini dikarenakan setiap transaksi yang berlangsung akan dicatat pada sistem yang berada di jaringan crypto currency

Semua pencatatan tersebut dilakukan oleh penambang crypto currency. Sebagai komisinya, penambang tadi akan mendapatkan komisi berupa uang digital yang digunakan untuk transaksi tadi. 

Fungsi Crypto currency

Fungsi mata uang kripto. Photo by @peiobty

Sampai di sini kamu pastinya sudah paham betul apa itu cryptocurrency. Pertanyaannya kemudian adalah apa saja fungsi dari crypto currency ini? 

Membeli Barang atau Jasa 

Sama halnya dengan mata uang konvensional, mata uang kripto juga bisa digunakan untuk membeli barang dan jasa. Kini sudah mulai banyak toko retail yang memberlakukan mata uang digital ini sebagai salah satu alat pembayaran. 

Bahkan kini kamu pun sudah bisa menggunakan crypto currency untuk melakukan pembayaran di hotel, restoran, bar, penerbangan, aplikasi, dan lain sebagainya. Bahkan saat ini sudah ada perguruan tinggi yang memberlakukan pembayaran dengan mata uang kripto ini. 

Mining atau Pertambangan

Dalam crypto currency, mining atau pertambangan merupakan hal yang sangat penting. Kenapa? Hal ini dikarenakan setiap pengguna harus mampu memecahkan teka-teki cryptography saat mengonfirmasi transaksi serta mencatatnya di blockchain

Nah, inilah pentingnya mining. Sebab teka-teki tadi hanya bisa dipecahkan jika melakukan mining atau pertambangan ini. Maka dari itu, semakin besar daya komputasi pengguna, semakin besar juga peluangnya untuk memecahkan teka-teki tersebut. 

Sebenarnya tidak hanya itu saja keuntungan dari melakukan mining ini. Sebab jika berhasil memecahkan teka-teki tadi, kamu akan diganjar dengan sebuah hadiah. Hadiah sebagai biaya transaksi. 

Instrumen Investasi

Hal penting lain yang harus kamu tahu adalah crypto currency adalah satu diantara instrumen investasi terbaik saat ini. Bahkan pada saat awal kemunculannya banyak yang mendadak kaya karena berinvestasi mata uang digital ini. 

Tetapi satu hal penting yang harus diingat adalah investasi ini termasuk jenis investasi high risk. Oleh sebab itu kehati-hatian dan ketelitian harus tetap dikedepankan. Namun harus diakui jika investasi mata uang kripto bisa termasuk yang paling cepat mendatangkan keuntungan. 

Baca juga: Belajar Tips-Tips Investasi Sederhana untuk Pemula

Kelebihan dan Kekurangan Crypto Currency

crypto currency
Kelebihan dan kekurangan mata uang kripto. Photo by Pexels

Sekilas setelah membaca ulasan di atas, ada cukup banyak kelebihan dari crypto currency ini. Namun harus diakui juga jika terdapat beberapa kekurangan atau kelemahan. Hal ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan pada saat ingin membelinya. 

Kelebihan

Kamu pastinya sepakat jika crypto currency adalah memiliki banyak sekali kelebihan. Nah, untuk yang belum tahu itu, seperti inilah beberapa kelebihan dari mata uang digital atau virtual ini: 

  • Kecepatan dan Kemudahan 

Kecepatan dan kelebihan memang menjadi hal pokok utama yang ditawarkan oleh cryptocurrency. Mata uang digital ini memang sengaja diciptakan sebagai salah satu solusi rumitnya transaksi keuangan dan perbankan konvensional. 

Contoh paling sederhananya adalah pada saat kamu ingin mentransfer ke rekening luar negeri. Umumnya kamu diharuskan untuk melakukannya pada hari dan jam kerja saja. Berbeda jika kamu transaksi menggunakan uang digital ini. Kamu bisa melakukannya kapan saja. 

Faktor keamanan juga menjadi kelebihan lain dari penggunaan crypto currency. Apalagi kini sering terjadi peretasan serta pencurian data. Namun dengan crypto currency, kamu bisa menyembunyikan identitas saat melakukan transaksi. 

  • Potensi Kenaikan Harga Mata Uang 

Keuntungan selanjutnya adalah potensi kenaikan mata uang kripto ini bisa dikatakan begitu besar. Selain besar pun bisa dikatakan cukup cepat. Dengan demikian, sudah pasti para pemilik crypto currency bisa mendapatkan keuntungan yang besar. 

Hal seperti ini pun bukan tanpa data. Coba kamu cari saja informasi di Internet tentang banyaknya pemilik cryptocurrency yang tiba-tiba kaya mendadak. Nah, potensi kenaikan nilai mata uang cukup cepat inilah yang membuat kini banyak yang tertarik memilihnya sebagai instrumen investasi. 

  • Pemalsuan Uang Menjadi Terhindarkan 

Dengan adanya cryptocurrency, potensi pemalsuan uang bisa terhindarkan. Pemalsuan uang bukanlah hal yang baru. Ada cukup banyak kasus pemalsuan uang yang terjadi di Indonesia, bahkan di dunia. 

Di sisi lain, kejahatan seperti carding pun cukup rawan pada para pengguna kartu kredit maupun debit. Nah, inilah salah satu keunggulan dari mata uang kripto ini. Mata uang yang memang dirancang khusus sehingga tidak mudah di retas atau digunakan transaksi orang lain yang tidak bertanggung jawab. 

Dan hal paling penting lagi adalah crypto currency ini tidak bisa dipalsukan. Sehingga sebagai penggunaan kamu sudah pasti merasa lebih aman. Tidak mengherankan jika kini banyak yang beralih menggunakannya. 

Kekurangan

Harus diakui jika crypto currency merupakan mata uang modern yang memiliki banyak kelebihan. Meskipun demikian, harus diperhatikan jika mata uang kripto ini pun memiliki cukup banyak kelemahan. Misalnya saja seperti: 

  • Risiko Terjadinya Pelanggaran Hukum 

Kekurangan pertama dari penggunaan crypto currency adalah risiko terjadinya pelanggaran hukum. Penyebabnya adalah tidak adanya regulasi dari pemerintah terkait dengan hal ini. 

Crypto currency ini termasuk mata uang yang memiliki volatilitas tinggi. Volatilitas sendiri merupakan kondisi dimana nilai mata uang secara cepat mengalami kenaikan atau penurunan secara drastis. 

  • Nilai Mata Uang Sulit Diprediksi 

Kelemahan berikutnya dari cryptocurrency adalah nilai mata uangnya sulit diprediksi. Utamanya di masa depan. Oleh sebab itu potensi mengalami kerugian pun cukup tinggi. Apalagi terkadang nilai tukar crypto currency ini juga terlalu tinggi. 

Hal yang jangan sampai dilakukan adalah lupa wallet key atau kunci dompet digital. Kenapa demikian? Ketika berinvestasi dengan mata uang digital ini, kamu diharuskan untuk memiliki dompet digital. 

Oleh sebab itu akan sangat berbahaya jika sampai lupa password atau pin. Jika kamu lupa wallet key maka sama saja akan kehilangan crypto currency yang sudah disimpan selama ini. 

Jadi seperti itulah beberapa kelebihan dan kekurangan crypto currency. Sekarang semua keputusan ada di tanganmu. Apakah kamu tetap ingin berinvestasi cryptocurrency atautidak. 

Jenis Crypto Currency yang Semakin Populer di 2021

crypto currency
Jenis-jenis mata uang kripto. Photo by Pexels

Penting untuk diketahui jika jenis crypto currency saat ini sangatlah banyak. Bahkan tercatat setidaknya ada lebih dari 5000 jenis mata uang kripto yang ada di dunia saat ini. Tentunya ini bisa menjadi membingungkan untuk yang ingin berinvestasi cryptocurrency

Ingat, investasi crypto currency adalah jenis investasi yang high risk. Meskipun harus diakui juga jika termasuk instrumen investasi yang bisa dengan cepat mendatangkan keuntungan. Jika memang seperti itu faktanya, lalu bagaimana jalan terbaiknya? 

Tindakan terbaik yang bisa dipilih adalah memilih jenis cryptocurrency yang mampu bertahan di semua kondisi ekonomi. Terlebih lagi di masa ekonomi yang tidak menentu seperti sekarang ini. 

Nah, untuk yang ada niatan berinvestasi mata uang kripto, berikut ini adalah beberapa jenis crypto currency yang direkomendasikan. 

Bitcoin atau BTC 

Bitcoin sendiri pertama kali muncul di tahun 2009. Bitcoin merupakan jenis crypto currency yang berada di atas teknologi blockchain. Tentunya bukan tanpa alasan kenapa Bitcoin ini sangat direkomendasikan. 

Alasan utamanya adalah Bitcoin ini nilainya sangat volatil. Selain itu bisa mengalami perubahan harga yang sangat cepat. Bahkan hanya dalam hitungan menit saja. Selain itu banyak yang beranggapan jika Bitcoin ini merupakan emas digital baru. 

Alasan selanjutnya adalah berdasarkan nilai dari Bitcoin itu sendiri. Nilainya yang sampai sekarang bisa dikatakan terus mengalami peningkatan. Bahkan sejak 2015 hingga 2020 ini saja nilainya sudah mengalami peningkatan hingga 2300%. 

Ethereum atau ETH

Crypto currency yang kedua ini dikembangkan oleh developer blockchain asal Rusia bernama Vitalik Buterin. Meskipun sama-sama jenis mata uang kripto, namun dari segi penggunaan sangat berbeda dengan Bitcoin. 

Jika Bitcoin digunakan untuk transfer uang (value) secara peer-to-peer, berbeda 1800 dengan Ethereum. Crypto currency yang satu ini fungsinya untuk menjalankan aplikasi apa pun yang menggunakan protokol smart contract

Ripple atau XRP 

Selain Bitcoin, Ripple ini termasuk crypto currency yang sangat populer di Indonesia. Bahkan Ripple ini sudah memiliki nilai kapitalisasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab nilai kapitalisasi dari mata uang kripto ini berada di kisaran angka $8,500,820,090.

Tujuan diciptakannya Ripple sendiri digunakan sebagai alat pembayaran global berbasis internet protokol. Dengan demikian, crypto currency ini bisa dikategorikan sebagai platform (teknologi) dan juga currency (mata uang)

Tether atau USDT 

Teather ini termasuk salah satu jenis crypto currency yang nilainya dipatok berdasarkan nilai dolar AS dan fiat lainnya. Sementara itu tujuan utama penciptaan Tether ini adalah untuk menyediakan likuiditas dan hedging atau lindung nilai dari volalitas pasar.  

Rupiah Token atau IDRT

Rupiah Token ini merupakan stablecoin yang didukung mata uang Rupiah. Bisa dikatakan jika IDRT ini merupakan aset pertama crypto yang ada di Indonesia. Dan yang harus diperhatikan adalah nilai IDRT ini selalu stabil 1 : 1 dengan Rupiah. 

Salah satu jenis crypto currency ini adalah token yang diproduksi PT Rupiah Token Indonesia. Laporan terbaru menujukkan jika total IDRT yang sudah beredar di pasar sudah mencapai sekitar 72,7 miliar IDRT. 

Lalu apa saja kegunaan dari Rupiah Token ini? Nah, beberapa fungsi dari IDRT ini adalah untuk remitansi, donasi global, menyediakan likuiditas, transaksi lintas negara, dan hedging atau menjadi lindung nilai pada volalitas pasar. 

Jadi itulah penjelasan tentang apa itu crypto currency dan semua hal yang berhubungan dengan cryptocurrency. Semoga ulasan ini bisa membantumu untuk memahami semua hal terkait dengan mata uang kripto ini. Dengan demikian kamu semakin yakin jika crypto currency adalah pilihan instrumen investasi terbaik yang bisa dipilih saat ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *