Peluang Bisnis Bulan Ramadhan yang Menjanjikan | Timeslib

3 min read

Peluang Bisnis Bulan Ramadhan yang Menjanjikan | KlikCair

Waktu baca: 5 menit

Sebentar lagi umat muslim akan menyambut bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, sebab, tidak hanya mendapatkan anugerah dan pahala karena menjalankan ibadah puasa. Namun, kamu juga bisa meraup cuan dengan menjalankan bisnis di bulan Ramadhan.

Biasanya, banyak bisnis musiman yang muncul di bulan Ramadhan ini. Saking banyaknya mungkin bisa membuat kamu yang ingin memulai bisnis cukup kebingungan. Daripada bingung, yuk simak 10 peluang bisnis bulan Ramadhan yang menjanjikan di bawah ini untuk dijadikan inspirasi.

Peluang bisnis bulan Ramadhan

Jualan takjil

Bisnis takjil. Photo by Ayobekasi

Berbuka menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang berpuasa. Sebab, di saat itu kamu bisa kembali makan atau minum setelah menahannya seharian. Biasanya, orang akan mencari takjil untuk berbuka. Dari hal itulah kamu bisa menjalankan bisnis takjil.

Kamu bisa menjualnya di halaman rumah, pinggir jalan, atau bisa juga dibawa ke tempat kamu bekerja. Dengan menjual takjil, kamu tidak hanya meraup keuntungan lho TemanKlik! Kamu juga bisa mendapatkan pahala karena memudahkan orang berbuka puasa di tengah kesibukannya. Di tambah lagi, untuk memulai bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar.

Katering makanan

Membuat bisnis katering harian.
Membuat bisnis katering harian. Photo by @chenpitu

Memang di saat puasa, umat yang menjalankan ibadah tersebut akan mengurangi konsumsi makan karena mereka harus menahan makan dan minum seharian. Meski begitu, mereka juga harus menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka.

Nah dari hal itu, kamu bisa memanfaatkannya dengan menyediakan katering makanan untuk sahur dan berbuka. Tentu hal ini akan membantu orang-orang yang sibuk atau tidak sempat menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka.

Menjual kurma

Bisnis Bulan Ramadhan
Menjual kurma. Photo by Pexels

Kurma menjadi salah satu hidangan yang wajib disediakan di kala bulan Ramadhan. Dari hal itulah kamu bisa memanfaatkannya menjadi peluang bisnis di bulan Ramadhan.

Untuk mencari produk kurmanya, kamu bisa mengambil dari suplier atau distributor yang besar. Dengan begitu, kamu bisa mengambil keuntungan dari harga jual yang sudah ditetapkan oleh suplier.

Baca juga: Tips Jalankan Bisnis Musiman Bulan Puasa Agar Sukses

Menjajakan buah-buahan

Bisnis rumahan yang menghasilkan omzet puluhan juta.
Menjajakan buah-buahan. Photo by Pexels

Selain berjualan kurma, kamu juga bisa memulai untuk menjajakan buah-buahan. Terlebih lagi buah-buahan yang biasanya dihidangkan sebagai pencuci mulut atau membuat es buah untuk berbuka seperti semangka, timun suri, apel, dan sebagainya.

Bagi yang ingin menjalankan bisnis ini, lebih baik kamu membeli buahnya dari orang yang punya lahan buah. Sebab, harga buah pasti akan jauh lebih murah.

Membuat kue kering

Bisnis Bulan Ramadhan
Membuat kue kering. Photo by Pexels

Biasanya, kue kering menjadi salah satu hidangan yang wajib disiapkan saat lebaran. Tidak heran peminatnya bisa melonjak saat menjelang lebaran. Bahkan, dari jauh-jauh hari sudah banyak orang yang membeli kue kering.

Jadi, buat kamu yang jago membuat kue kering, ini bisa jadi peluang bisnis lho! Gak perlu ragu untuk memulainya ya karena sudah pasti cuan dan modal yang disiapkan juga bisa dikatakan tidak terlalu besar.

Menjual busana muslim

Baju muslim
Baju muslim baru bisa dipergunakan saat Idul Fitri Photo by Pexels

Busana muslim biasanya dicari menjelang Hari Raya Idul Fitri. Terutama oleh ibu-ibu yang ingin tampil kece di hari yang fitri itu. Biasanya, yang paling diminati ialah busana muslim yang seragam.

Adapun untuk memulainya, modal yang dibutuhkan memang terbilang cukup besar. Namun, jangan ragukan keuntungan yang bakal kamu dapatkan nantinya.

Jual kembang api

Bisnis Bulan Ramadhan
Jual kembang api. Photo by Pexels

Kembang api menjadi salah satu barang yang melonjak peminatnya di masa bulan puasa hingga lebaran. Biasanya, jenis kembang api dan petasan cukup tinggi peminatnya. Sementara, untuk modal berjualan kembang api terbilang cukup besar, namun keuntungan yang didapatkan bisa sampai 2 kali lipat dari modalmu lho TemanKlik! Berminat?

Jasa pembuatan hampers

Bisnis Bulan Ramadhan
Jasa hampers. Photo by Bittersweet by Najla

Menjelang Hari Raya Lebaran, banyak hampers atau parsel yang dijumpai. Banyak orang yang menjadikan hampers atau parsel untuk dikirimkan kepada keluarga, teman, hingga kolega.

Jika kamu kreatif dan suka membuat parsel, cocok sekali untuk dijadikan bisnis. Sudah tentu akan menguntungkan, terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini di mana silaturahmi lebih banyak yang online daripada langsung bertatap muka.

Jasa penukaran uang

Tidak punya dana darurat.
Jasa penukaran uang. Photo by Pixabay

Jasa penukaran yang menjadi salah satu yang paling diburu menjelang lebaran. Sebab, banyak orang yang ingin menukar uangnya menjadi pecahan kecil seperti Rp5000, Rp10.000, atau Rp20.000. Nantinya uang yang ditukar itu akan dibagi-bagikan kepada keponakan, cucu, cicit, saudara, dan lainnya. Memang setiap tahun pasti ada penukaran uang dari Bank Indonesia. Namun jika ingin menukar di BI, bakal mengantre.

Dari hal itu, jasa penukaran uang menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa kamu coba ya TemanKlik. Dengan membuka jasa penukaran uang ini, kamu bisa meraup keuntungan yang cukup besar lho.

Baca juga: Tak Harus Boros, Inilah Tips Hemat Selama Puasa

Laundry

bisnis rumahan yang menjanjikan
Bisnis laundry. Photo by @samphotos2019

Di masa bulan puasa dan lebaran biasanya asisten rumah tangga mudik ke kampung halaman. Banyak yang akhirnya kelimpungan mengurus pakaian kotornya. Dari hal itu, membuka jasa laundry menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan.

Kamu bisa buka usaha laundry kiloan yang harganya Rp6000-Rp7000 per kg. Sementara untuk memulai bisnis tersebut kamu harus menyiapkan setidaknya dua unit mesin cuci dan pengering, setrika, dan perlengkapan pendukung lainnya.

Demikian lah jenis-jenis bisnis di bulan Ramadhan yang menjanjikan yang patut untuk dicoba. Namun, sebelum memulai salah satunya, usahakan untuk melihat kesemaptan yang tersedia di sekitarmu ya TemanKlik! Dengan begitu, kamu bisa menjalankan bisnis pilihanmu dengan baik dan keuntungan juga menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *