Pahami Persyaratan Kartu Pra Kerja untuk Tambah Penghasilan | Timeslib

1 min read

Pahami Persyaratan Kartu Pra Kerja untuk Tambah Penghasilan | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Pra kerja ditujukan untuk masyarakat yang terkena dampak Covid-19, beberapa di antaranya pekerja usia muda dan dewasa baik yang sudah mempunyai usaha di rumah atau diberhentikan kerja. Menggunakan program pra kerja, pekerja yang terdampak bisa mencoba mendaftar pelatihan agar bisa tetap berkarir sekaligus meningkatkan kemampuan. Selain itu, mereka juga harus pahami persyaratan kartu pra kerja.

Banyak pelatihan untuk ibu rumah tangga atau wanita yang bisa dijadikan modal untuk berwirausaha. Namun sebelum itu harus mendaftar dahulu program pra kerja dengan cara daftar kartu pra kerja yang bisa diikuti di website resmi pra kerja. Individu yang mendaftar harus memenuhi persyaratan kartu pra kerja terlebih dahulu. Beberapa syarat yang harus terpenuhi adalah 

  1. Sudah berusia 18 tahun 
  2. Warga Negara Indonesia (WNI)
  3. Tidak sedang mengikuti pembelajaran formal (kuliah atau kerja)

Pelatihan pra kerja bekerja sama dengan banyak pihak untuk memberikan fasilitas pelatihan seperti tokopedia, pintaria, bukalapak, kemnaker, pijar dan lainnya. Tersedia banyak Pelatihan diri untuk pengembangan di program pra kerja bisa diikuti wanita, seperti 

Tata rias 

Tata rias. Photo by Pexels

Tata rias adalah hal yang sering dilakukan para wanita untuk merias diri maupun merias orang lain walaupun tidak menutup kemungkinan bidang ini juga digeluti laki-laki. Tata rias bisa dijadikan peluang berwirausaha secara mandiri di rumah. Untuk kamu yang menyukai bidang kecantikan khususnya make up atau tata rias bisa mengambil program pelatihan di pra kerja. Program yang ditawarkan seperti self make up, teknik make up, natural make up, everyday make up dan masih banyak lagi. Bidang kecantikan sekarang ini banyak diminati karena banyak dibutuhkan masyarakat, jasa rias bisa kamu gunakan untuk yang membutuhkan jasa rias untuk acara seperti wisuda atau ceremonial lain. Selain sebagai peluang usaha, tata rias bisa dikembangkan untuk kepentingan individu seperti kebutuhan dalam bekerja yang harus menggunakan riasan seperti front office. Daftarkan diri kamu dan penuhi persyaratan kartu pra kerja agar bisa mempelajari rias kecantikan. 

Tekstil dan Menjahit

Tekstil dan menjahit. Photo by @nikfrdszrsln_

Mengembangkan kemampuan yang berhubungan dengan pakaian juga banyak disukai wanita, seperti menjahit atau pewarnaan. Untuk kamu kreatif dan suka mencoba hal yang berkaitan dengan kain, bisa mencoba menggunakan pelatihan menjahit di program pra kerja. 

Di pelatihan menjahit ini kamu akan diajari cara mengukur, membuat pola dasar, memotong bahan dan menjahit menggunakan mesin. Menjahit dapat digunakan dalam pengembangan diri seperti membuat busana sendiri atau produk yang bisa dijual seperti jilbab, daster, tas dan semacamnya.Dengan menguasai teknik dasar menjahit akan memudahkan belajar lebih lanjut. 

Selain menjahit, di program pelatihan terdapat teknik pewarnaan kain seperti tieye. Metode pewarnaan ini cukup berkembang saat ini, pelatihan ini sudah terdapat di program pelatihan pra kerja. Produk yang bisa kamu dapatkan dari mempelajari kelas menjahit dan pewarnaan adalah membuat busana, totebag, dan sarung bantal. Produk ini selanjutnya bisa kamu produksi loh!

Kuliner 

Bisnis produk halal
Kuliner. Photo by Dream

Bidang kuliner banyak diminati baik perempuan ataupun laki-laki. Di program pra kerja, sudah banyak pelatihan bidang kuliner. Kuliner bisa kamu manfaatkan untuk usaha rumahan atau membuka bisnis kuliner seperti kedai, café dan resto. 

Di pelatihan pra kerja, bidang kuliner dan bisnis dapat kamu pelajari berbagai macam membuat kue seperti cheese cake, bolu, banana apple cake dan lain sebagainya. Aneka kue ini bisa menjadi peluang usaha untuk menjual kue rumahan loh!

Program pra kerja mendukung wanita untuk bisa berkarir dan meningkatkan diri jadi daftarkan dirimu dan penuhi persyaratan kartu pra kerja agar bisa menggunakan program ini. Semoga beruntung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *