Mengenal Lebih Dalam Saham Blue Chip Syariah | Timeslib

1 min read

Mengenal Lebih Dalam Saham Blue Chip Syariah | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Pasar modal efek atau saham blue chip terbagi menjadi dua yaitu saham blue chip dan saham blue chip Syariah. Saham Blue chip adalah  sebuah saham perusahaan dalam jumlah besar yang memiliki pendapatan stabil. Sedangkan saham blue chip Syariah merupakan saham dalam perusahaan besar yang tidak bertentangan dengan prinsip ataupun pedoman Syariah dalam agama islam. Sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan diantara keduanya. Sebelum kamu berinvestasi lebih lanjut menggunakan saham blue chip Syariah, alangkahnya baiknya kamu mengetahui beberapa hal mengenai saham ini.

Karakteristik 

Karakter saham syariah. Photo by Pixabay

Saham blue chip Syariah memiliki karakteristik khusus yang merujuk kepada saham pada umumnya dan juga sudah di atur dalam undang-undang maupun peraturan OJK 

  • Blue chip Syariah tidak melakukan hal perjudian dan permainan yang tergolong judi. 
  • Tidak melakukan perdagangan haram yang di larang menurut hukum Syariah islam 
  • Menjauhi jual beli yang berdampak terhadap resiko yang mengandung unsur ketidakpastian atau judi
  • Tidak mendistribusikan, memproduksi, menyediakan dan memperdagangkan barang atau jasa haram yang dapat merusak moral dan martabat
  • Tidak menjalankan dan melakukan transaksi yang mengandung unsur suap menyuap. 
  • Jasa keuangan ribawi 

Itulah beberapa karakteristik dari blue chip Syariah. Sangat cocok sekali bila kamu ingin terjun ke dalam dunia bursa dengan saham ini, karena terdapat aturan-aturan yang jelas dan tidak beresiko. 

Langkah-langkah Awal Sebelum Melakukan Saham Syariah 

Mengenal saham syariah. Photo by Pixabay

Memulai saham bukan lah yang mudah seperti membeli baju di toko baju. Namun, apapun itu bila dilakukan dengan serius pasti akan membuahkan hasil. Untuk itu, kamu perlu mengetahui langkah seperti apa sebelum melakukan investasi syariah. 

Kenali lebih dalam daftar saham Syariah 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus mengenali daftar perusahaan apa saja yang untuk menanam saham. Untuk mengetahui informasi tersebut kamu bisa mengeceknya di daftar indeks saham Syariah. Dalam daftar tersebut akan menampilkan emiten-emiten saham syariah yang bisa kamu coba. 

Memastikan Kembali saham terbebas dari praktik non islam 

Langkah kedua kamu harus benar-benar memastikan perusahaan yang kamu pilih terbebas dari praktik tidak sesuai islam. Menurut peraturan OJK ada beberapa hal yang dapat dikategorikan saham Syariah yakni : jenis usaha, produk dan jasa yang ditawarkan tidak berseberangan dengan sistem Syariah, emiten wajib menaati peraturan dan memenuhi ketentuan sesuai prinsip Syariah, dan emiten wajib mempunyai Syariah compliance officer ( SCO ) atau sudah tersertifikasi oleh dewan Syariah nasional majelis ulama Indonesia

Riset fundamental dan lakukan analisis mendalam 

Saat hendak melakukan saham, hindari asal memilih saham. Pastikan saham yang kamu pilih tergolong dalam saham berkapitalisasi besar dan memiliki prospek yang jelas. 

Cara Memulai Saham Blue Chip Syariah 

Baca ulasan
Beli saham syariah. Photo by Stocksnap

Cara berinvestasi blue chip Syariah sangat mudah di pahami. Sebelum kamu memulai kamu perlu memilih perusahaan yang sudah dikategorikan saham blue chip Syariah. Umumnya perusahaan yang masuk dalam blue chip Syariah adalah perusahaan-perusahaan besar. Selanjutnya kamu perlu mendaftar, di zaman yang serba modern seperti bahkan sekarang kamu bisa mendaftar secara online. Kamu cukup mendaftar melalui website atau platform investasi resmi yang menjual saham. 

Tetapi, bagi kamu pemula dalam berinvestasi saham, kamu wajib membuat rekening efek atau saham terlebih dahulu sebelum memulai. Kamu juga bisa belajar lebih dalam mengenai saham lewat bursa efek Indonesia. Perlu diingat membuka rekening saham bukanlah di bursa efek Indonesia melainkan di perusahaan sekuritas yang kamu pilih sendiri sebelumnya. Berikutnya nanti kamu akan memilih saham blue chip Syariah.

Reksa Dana: Produk, Bentuk Hukum Dan Resiko Investasi |…

Waktu baca: 3 menit Memahami secara detail semua informasi tentang produk dan juga resiko berinvestasi di reksa dana adalah wajib sebelum membelinya. Mengingat jumlah...
Manager
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *