Mengenal Index Saham Gabungan dan Fungsinya | Timeslib

2 min read

Mengenal Index Saham Gabungan dan Fungsinya | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Jika kamu mencari tahu mengenai Index saham gabungan di internet kamu akan mendapatkan result Index harga saham gabungan atau disingkat IHSG, hal ini berhubungan dengan dunia saham. Buat kamu yang ingin belajar mengenai saham atau masih newbie di dunia saham tentunya harus paham dan mengetahui IHSG karena dasar bermain saham salah satunya adalah IHSG. 

Apa itu IHSG?

Pengertian IHSG. Photo by Berita Satu

Index Saham gabungan/ Indek Harga Saham Gabungan atau IHSG adalah salah satu index pasar saham yang digunakan oleh Bursa Efek Indonesia, IHSG adalah salah satu index yang menampilkan harga saham, namun masih ada index harga saham lain yang bisa kamu pelajari selain IHSG. Sebenarnya IHSG ini adalah index yang menjadi acuan dari investor untuk melihat situasi pasar saham, kapan mereka akan menjual saham atau kapan mereka akan membeli saham. 

IHSG adalah indikator yang menampilkan pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia, sehingga IHSG menampilkan semua pergerakan saham umum maupun saham yang tercatat resmi di Bursa Efek Indonesia termasuk saham blue chip. Di BEI terdapat banyak perusahaan besar yang masuk kategori saham blue chip, dimana Saham blue chip adalah saham milik perusahaan yang memiliki angka kapitalisasi pasar lebih dari 40 triliun. Pergerakan harga setiap saham bisa berubah-ubah tiap waktunya bahkan pergerakan bisa cepat berubah-ubah, dari masing-masing saham yang berubah tersebut, jika saham digabung maka hasilnya seperti yang muncul di IHSG jadi IHSG menampilkan pergerakan gabungan saham sehingga ketemu nilai rata-rata yang menampilkan pergerakan naik atau turun.

 Apa pentingnya IHSG dalam Bermain Saham

index saham gabungan
Pentingnya IHSG. Photo by Bisnis.com

Sebagai indikator yang menampilkan pergerakan harga saham, tentunya IHSG sangat penting kegunaannya, apa saja pentingnya IHSG untuk investor saham?

Mengetahui kondisi pasar 

Seperti yang sudah kita ketahui, IHSG mencerminkan kondisi saham yang ada di BEI (Bursa Efek Indonesia), jika pergerakan saham di IHSG sedang naik maka kondisi harga saham yang tercatat di BEI juga sedang naik harga sahamnya, sebaliknya jika pergerakan di IHSG sedang turun maka saham yang ada di BEI harganya sedang turun. Jadi IHSG bisa membantu kamu mengetahui kondisi terbaru pergerakan saham tiap harinya. 

Mengetahui keuntungan 

Selain memperlihatkan pergerakan harga saham, IHSG juga bisa memperkirakan keuntungan yang kamu dapatkan untuk waktu yang akan datang. Keuntungan didapatkan dari pertumbuhan nilai harga saham, keuntungan per tahunnya dapat diketahui dalam bentuk persentase per tahunnya. Jadi dari dasar ini kamu bisa menghitung keuntungan yang kamu dapat di tahun-tahun kedepannya.

Mengetahui keadaan ekonomi negara 

Dari IHSG kamu bisa mengetahui keadaan ekonomi negara Indonesia, di IHSG akan memperlihatkan indicator tersebut sehingga keadaan ekonomi negara kedepannya bisa diperkirakan.  

Bagaimana membaca IHSG?

Reksa dana saham
Cara membaca saham IHSG. Photo by Pixabay

Walau ada perhitungan untuk IHSG, namun cara membaca IHSG cukup mudah, jika grafik memberikan gambaran naik maka harga saham sedang naik, jika grafik menunjukan turun, maka harga saham berarti turun. Dari membaca saham ini kamu bisa menentukan waktu membeli atau menjual saham di waktu yang tepat. 

Apa yang memengaruhi pergerakan harga saham?

Perbedaan investasi saham dan reksa dana.
Penyebab harga saham bergerak. Photo by @austindistel

Pergerakan Index saham gabungan atau IHSG yang naik dan turun dipengaruhi oleh beberapa hal, pergerakan bisa dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang memengaruhi pergerakan harga saham adalah kondisi keuangan perusahaan, sedangkan faktor eksternal yang bisa memengaruhi harga saham adalah kebijakan pemerintah yang dapat memengaruhi kondisi keuangan perusahaan, seperti kebijakan yang merugikan perusahaan akan membuat kondisi ekonomi perusahaan turun sehingga alur cashflow perusahaan mau tidak mau jadi bermasalah dan memengaruhi pergerakan harga saham. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *