Mengenal dan Menghitung Biaya Hidup di Suatu Daerah

1 min read

Mengenal dan Menghitung Biaya Hidup di Suatu Daerah

Apakah kamu memiliki rencana untuk pindah ke suatu tempat yang berbeda dari tempat tinggalmu sekarang? Atau berencana untuk menghabiskan masa tua di tempat yang baru?

Dalam memutuskan untuk berpindah, kita perlu memperhitungkan biaya hidup atau cost of living. Biaya hidup adalah pengukuran berdasarkan jumlah uang yang dibutuhkan untuk menutupi pengeluaran sehari-hari seperti rumah, kesehatan, dan makanan. Dengan memahami biaya hidup, dapat membantu kita mempertimbangkan biaya ekonomi untuk pindah ke suatu kota atau negara. 

Apa Itu Biaya Hidup?

Biaya hidup merupakan cara untuk mengukur berapa banyak yang dibutuhkan untuk tinggal di suatu tempat tertentu, baik itu negara, kota, atau desa. Perhitungan biaya hidup dapat bervariasi berdasarkan siapa yang melakukannya. 

Namun secara umum, ukuran biaya hidup yang dapat dijadikan standar adalah menggunakan Indeks Harga Konsumen (IHK). Indeks tersebut paling sering digunakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) untuk mengukur tingkat inflasi atau deflasi sekaligus penyesuaian gaji pegawai dan buruh. 

Cara Atur Keuangan Dengan Gaji 5 Juta

IHK bukanlah satu-satunya cara untuk mengukur seberapa mahal biaya hidup di suatu daerah atau negara. Ada banyak situs-situs di internet yang dapat mengukur biaya hidup dengan mempertimbangkan berbagai barang dan jasa. Juga, ada banyak kalkulator biaya hidup yang tersedia secara online.

Bagaimana Biaya Hidup Bekerja?

Biaya hidup dihitung dengan mengambil harga sebagian barang dan jasa yang dibutuhkan setiap orang, seperti makanan dan rumah. Bersamaan dengan itu, pendapatan dan anggaran kita menentukan berapa banyak barang dan jasa yang bisa kita beli. Satu kilo telur di Jogja mungkin seharga Rp20.000 sementara di Jakarta bisa lebih tinggi mencapai Rp25.000.

Kita dapat menghitung biaya hidup menggunakan kalkulator online yang dapat menganalisis secara detail. Kalkulator ini dapat membantu kita melihat rata-rata harga pengeluaran rutin di suatu tempat. Meskipun kalkulator tersebut dapat menghitung dan menganalisis biaya hidup di suatu daerah, IHK merupakan cara terbaik untuk mengukur biaya hidup secara nasional. 

Barang dan jasa yang umumnya masuk dalam perhitungan biaya hidup dibagi ke dalam 8 kelompok, yaitu:

  1. Makanan dan Minuman
  2. Tempat tinggal
  3. Pakaian
  4. Transportasi
  5. Perawatan Medis
  6. Rekreasi
  7. Pendidikan dan Komunikasi
  8. Barang dan jasa lainnya

Tips Kelola Gaji Dengan Skema 50/30/20

Biaya hidup dapat digunakan sebagai patokan bila kamu berencana untuk pindah ke suatu daerah yang baru, atau berencana untuk pensiun di suatu tempat. Kamu bisa membandingkan biaya hidup di daerah tersebut dengan tempat tinggal sekarang. Hitung berapa biaya rata-rata makanan dan minuman, apartemen atau rumah. Dan bandingkan harga bahan makanan, utilitas, dan lainnya. Dengan mengevaluasi 8 hal dasar di atas, kamu akan mengetahui seberapa besar biaya yang dibutuhkan.

Sembari menghitung dengan matang, kamu bisa mulai menyiapkan dana untuk memenuhi biaya hidup di tempat baru dengan berinvestasi di fintech aman, Amartha.

Amartha merupakan perusahaan investasi yang menghubungkan investor kepada peminjam, khusus perempuan pengusaha mikro di pedesaan melalui platform online. Amartha menawarkan keuntungan hingga 15% flat per tahunnya.

Tertarik mendanai di Amartha? Pelajari selengkapnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *