Mengenal Bitcoin, Mata Uang Virtual yang Populer di Dunia Saat Ini

1 min read

Mengenal Bitcoin, Mata Uang Virtual yang Populer di Dunia Saat Ini

Bitcoin saat ini menjadi sebuah instrumen investasi baru yang sangat potensial dalam memaksimalkan keuntungan. Bitcoin merupakan salah satu jenis cryptocurrency yang sangat populer belakangan ini di Dunia, termasuk Indonesia.

Pasalnya, keuntungan yang dihasilkan oleh Bitcoin begitu menggiurkan karena peningkatan valuasinya dari waktu ke waktu begitu luar biasa. Di Indonesia sendiri, sudah banyak basis penggunanya, dan beberapa perusahaan berdiri khusus untuk menjadi platform jual beli (transaksi) Bitcoin.

Sejarah Bitcoin

Perlu diketahui, Bitcoin diperkenalkan Satoshi Nakamoto pada bulan Januari 2009. Meski begitu, sebenarnya Bitcoin ini sudah hadir sejak tahun 2008. Berarti kehadirannya sudah 10 tahun. Sayangnya, identitas Nakamoto belum jelas dan masih misterius sampai sekarang.

Sebagai informasi, mata uang ini dikendalikan perangkat lunak dengan sistem terbuka, jadi siapa saja dapat melakukan pengembangan terhadap Bitcoin tanpa harus memiliki hak cipta atau meminta izin terlebih dahulu. Mulai dari situ, Bitcoin digunakan untuk berbagai transaksi, seperti pembelian jasa misalnya game dan sebagainya. Jual beli bitcoin marak, sehingga mata uang digital ini semakin populer.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Bitcoin adalah salah satu jenis cryptocurrency. Saldo token Bitcoin disimpan menggunakan “kunci” publik dan pribadi, yang merupakan rangkaian panjang angka dan huruf yang dihubungkan melalui enkripsi algoritma matematika yang digunakan untuk membuatnya.

Kunci publik (sebanding dengan nomor rekening bank) berfungsi sebagai alamat yang dipublikasikan ke dunia dan ke mana orang lain dapat mengirim bitcoin. Kunci pribadi (sebanding dengan PIN ATM) dimaksudkan sebagai rahasia yang dijaga dan hanya digunakan untuk mengotorisasi transmisi Bitcoin.

Kunci Bitcoin tidak sama dengan dompet Bitcoin, yang merupakan perangkat fisik atau digital yang memfasilitasi perdagangan Bitcoin dan memungkinkan pengguna untuk melacak kepemilikan koin. Istilah “dompet” agak menyesatkan, karena sifat Bitcoin yang terdesentralisasi artinya tidak pernah disimpan “di” dompet, melainkan secara desentralisasi di dalam blockchain.

Cara Kerja Bitcoin

Setiap Bitcoin dapat diibaratkan sebagai file komputer yang disimpan dalam dompet digital di komputer atau smartphone. Untuk memahami cara kerja bitcoin, ada baiknya memahami istilah-istilah ini dan sedikit konteksnya:

  • Blockchain: Bitcoin didukung oleh kode sumber terbuka yang dikenal sebagai blockchain, yang membuat buku besar publik bersama. Setiap transaksi adalah “blok” yang “dirantai” ke kode, membuat catatan permanen dari setiap transaksi. Teknologi Blockchain adalah jantung dari lebih dari 2.200 mata uang kripto yang telah mengikuti setelah Bitcoin.
  • Kunci Pribadi dan Publik: Dompet Bitcoin berisi kunci publik dan kunci privat, yang bekerja sama untuk memungkinkan pemilik memulai dan menandatangani transaksi secara digital, memberikan bukti otorisasi.
  • Penambang Bitcoin: Penambang atau anggota platform peer-to-peer, kemudian secara independen mengonfirmasi transaksi menggunakan komputer berkecepatan tinggi, biasanya dalam 10 hingga 20 menit. Penambang dibayar dalam Bitcoin yang menjadi komisi untuk usaha mereka.

Itulah beberapa penambahan seputar Bitcoin yang perlu kamu tahu. Well, semoga informasi ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *