Memilih Bisnis Franchise yang Bisa Balik Modal Cepat | Timeslib

2 min read

Memilih Bisnis Franchise yang Bisa Balik Modal Cepat | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Bisnis franchise masih menjadi tren hingga saat ini. Bahkan, diprediksi model usaha seperti ini akan bertahan hingga bertahun-tahun mendatang. Ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan yang menerapkan model bisnis ini. Di sisi lain, tidak sedikit masyarakat yang ingin memiliki bisnis dan tidak ingin ribet. Franchise menjadi solusinya.

Namun, harus dipahami juga ketika banyak yang terjun di bisnis ini itu artinya kompetisi semakin ketat. Peluang untuk berhasil semakin kecil.

Meskipun demikian, kamu tidak boleh pesimis. Apalagi kamu yang baru pertama kali ingin mencoba berbisnis. Bisnis franchise menjadi pilihan yang sangat tepat karena risiko jelas lebih kecil daripada kamu membangun bisnis sendiri dari nol.

Hanya saja, tetap saja kamu harus melakukan perhitungan yang matang. Apalagi jika modal yang kamu miliki tidak begitu besar. Dan kamu masih khawatir jika bisnis tidak segera balik modal.

Untuk itu, ada beberapa kriteria bisnis franchise yang perlu kamu ketahui jika kamu ingin balik modal cepat.

Baca juga: Cara Mengembangkan Usaha Kecil agar Siap Bersaing dengan Kompetitor Besar

Kriteria Bisnis Franchise yang Paling Cepat Balik Modal

Contoh bisnis yang bisa cepat balik modal. Photo by Jitunews

Bisnis yang bisa balik modal cepat adalah bisnis yang sudah pasti untung. Jumlah keuntungan tidak harus besar tapi adanya cash flow dan sebanding dengan modal yang kamu keluarkan.

Untuk itu, setidaknya ada 4 kriteria bisnis franchise yang bisa membuat Anda balik modal cepat:

Skala bisnis perlu diketahui.
Pilih produk lagi hits. Photo by @alexandre_godreau

Ada yang ingin sekali memiliki bisnis yang tahan lama. Itu artinya produk atau layanan yang ditawarkan terus dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya saja jualan bahan-bahan pokok.

Memang ada beberapa produk franchise yang tahan lama. Contohnya saja Starbucks. Akan tetapi, yang jadi pertanyaan adalah apakah semua produk franchise punya sistem serta branding yang kuat seperti franchise? Usaha franchise yang mirip dengan Starbucks sangat kecil. Kebanyakan produk yang difranchisekan itu produk yang hits dan biasanya bertahan hanya beberapa tahun saja.

Produk yang sedang hits inilah yang sebaiknya kamu pilih. Intinya produk masih laku dan Anda tidak boleh kehilangan momentum tersebut. Segera beli franchise yang sedang hits sebelum momen hitsnya tersebut habis.

Bisnis susu murni momo milk.
Bisnis susu murni momo milk. Photo by Iklan travel

Salah satu ciri produk franchise itu laris adalah outletnya ada di mana-mana. Bisnis franchise yang seperti inilah yang sebaiknya segera kamu beli.

Mungkin kamu berpikir bahwa karena banyak yang ambil franchise maka kompetisinya ketat. Itu memang benar. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Pihak perusahaan franchise pasti sudah memiliki aturan berapa jarak antara franchise yang satu dengan yang lain.

Modal bisnis kecil. Photo by @mathieustern

Mencari produk yang hits itu menjadi hal utama yang harus kamu pertimbangkan. Namun, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan modal yang harus dikeluarkan. Karena fokus kamu adalah cepat balik modal, ada baiknya kamu cari franchise yang modalnya tidak besar.

Sekarang, ada beberapa franchisor yang menawarkan sistem franchise dengan harga di bawah 5 juta lho. Bukan berarti produknya kurang bagus tapi memang sistem yang dibangun membuat orang yang mengambil lisensi tidak harus menyiapkan modal yang besar.

Bisnis Sampingan Ibu Rumah Tangga
Buat aturan sederhana. Photo by Pexels

Jangan hanya terpukau dengan modal usaha franchise yang murah saja. Baca juga aturan yang ditetapkan. Karena aturan yang rumit inilah yang biasanya justru membuat kamu kewalahan. Baca baik-baik hak apa saja yang kamu dapatkan dan kewajiban apa saja yang harus kamu tunaikan.

Itulah beberapa hal yang harus kamu benar-benar perhatikan ketika ingin memilih bisnis franchise. Jadikan usaha franchise ini bagian dari proses belajar kamu menjadi pengusaha yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *