Mau Makin Kaya di Luar Negeri? Ini 7 Ide Bisnis Sampingan Untuk TKI

3 min read

Sudah menjadi rahasia umum kalau banyak sekali penduduk Indonesia yang memilih menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di luar negeri. Sebagai Buruh Migran, tentu penghasilannya cenderung lebih besar daripada pekerja lokal. Namun hal ini bukan menjadi alasan Anda tidak melirik yang namanya ide bisnis sampingan untuk TKI.

Memang, kenapa harus mulai mempertimbangkan mengenai ide bisnis sampingan untuk TKI?

Karena memang kebanyakan TKI yang setelah kontrak kerja di luar negeri kembali ke kampung halamannya, mayoritas merasa kebingungan harus menjalani hidup saat penghasilannya langsung anjlok. Nah, supaya tidak mengalami kondisi demikian, TKI sudah seharusnya memiliki pengaturan finansial yang disiplin dan tepat.

Baca juga: 8 Peluang Bisnis Pendidikan di Era Industri 4.0, Apa Saja Idenya?

Bukan hanya sekadar menabung, tak ada salahnya jika para Buruh Migran ini memulai bisnis sampingan. Entah dilakukan di luar negeri atau mungkin dibuka di kampung halamannya.

Memang ada?

Sudah pasti tentu ada dan tidak sulit untuk melakukannya. Apa saja? Berikut ulasan beberapa ide bisnis sampingan untuk TKI yang bisa Anda pertimbangkan untuk semakin meningkatkan penghasilan, sekaligus modal finansial terbaik demi masa tua yang lebih sejahtera.

7 Ide Bisnis Sampingan Untuk TKI yang Bikin Cuan Makin Besar

1. Buka Waralaba

ilustrasi bisnis waralaba

Ide bisnis sampingan untuk TKI yang pertama dan dapat dipilih adalah membuka waralaba atau franchise. Salah satu keunggulan yang paling utama dari waralaba ini adalah Anda tidak perlu ribet lagi memulai usaha dari nol. Karena Anda tinggal membeli merk dagang yang populer dan kemudian bergabung dalam jaringan waralaba.

Setelah kontrak franchise disepakati, pemilik waralaba akan mengirimkan bahan baku produksi, barang atau jasa yang ditawarkan hingga pegawai. Bahkan untuk urusan marketing, biasanya sudah diatur dan disiapkan oleh pemilik franchise, sedangkan Anda tinggal menyediakan tempat usaha saja. Sangat cocok untuk TKI yang sibuk bekerja di luar negeri, bukan?

Anda bisa memilih jaringan waralaba minimarket, jaringan resto populer bahkan agen travel hingga layanan logistik, yang tentunya sesuai dengan minat dan modal usaha. Anda hanya akan memantau kinerja bisnis termasuk urusan finansial usaha dari jarak jauh. Dengan begitu, tetap bisa bebas bekerja di luar negeri, tapi juga mendapat penghasilan tambahan di Indonesia.

Baca juga: 8 Bisnis Paling Populer Saat Ramadan Untuk Mahasiswa

2. Kuliner Khas Negara

kuliner khas Indonesia
© The Jakarta Post

Ketika Anda mencari penghidupan di luar negeri, tentu akan sangat terbiasa dengan aneka kuliner di negara tersebut. Nah, pengalaman ini justru bisa jadi salah satu ide bisnis sampingan untuk TKI yang layak digeluti. Jangan biarkan kenangan menyantap kuliner negara tempat bekerja cuma tersimpan di otak saja, tapi ubahlah jadi penghasilan.

Misalkan saja Anda menjadi TKI di Jepang, maka bisa mulai membuka restoran sushi dengan konsep Jepang asli. Atau mungkin Anda menjadi TKW (Tenaga Kerja Wanita) di Dubai selama bertahun-tahun? Bisa mulai menjual kuliner khas Dubai seperti Al Harees, Falalel, Machboos hingga Tabbouleh yang tentunya cukup sulit ditemukan di Indonesia.

Tidak hanya kuliner dari negara tempat bekerja, Anda pun bisa mencoba menjual produk kuliner asli Indonesia saat menjadi TKI. Tak usah ribet-ribet, sediakan saja tempe dan sambel Indonesia yang tentunya akan diminati sesama TKI, para pelajar asli Indonesia hingga mungkin penduduk asing yang tertarik dengan kuliner Tanah Air.

3. Pelayanan JasTip

Gaya hidup serba online rupanya turut meningkatkan minat atas layanan JasTip alias Jasa Titip. Seperti namanya, JasTip ini artinya Anda berbelanja barang yang diinginkan konsumen di luar negeri, lalu kirim ke Indonesia. Misalkan saja Anda menjadi TKI di Korea Selatan, bukalah JasTip untuk aneka skincare idol K-Pop.

Tak perlu mengeluarkan modal besar, karena sistem dari JasTip ini adalah ada uang ada barang. Sehingga konsumen wajib mengirim sejumlah nominal yang memuat harga barang dan biaya administrasi yang Anda tentukan sendiri, sekaligus biaya kirim ke Indonesia kepada Anda terlebih dulu. Barulah kemudian Anda bisa berbelanja.

4. Menjadi Pemandu Wisata

pemandu wisata pribadi
© traveldailymedia

Memperoleh pengalaman tinggal dan bekerja di luar negeri tentu tidak bisa didapat setiap orang. Ada banyak masyarakat Indonesia yang begitu penasaran dan ingin jalan-jalan ke luar negeri, tapi kadang kesulitan menjadi tour guide alias pemandu wisata yang bisa berbahasa Indonesia. Nah, inilah salah satu peluang ide bisnis sampingan untuk TKI yang menjanjikan.

Baca juga: 7 Franchise Makanan dan Jajanan Kekinian Modal Mulai 1 Jutaan!

Tak perlu harus mendirikan agen wisata terlebih dulu, Anda bisa menawarkan jasa tour guide ini di media sosial. Misalkan saja tour backpacker keliling Bangkok, spot kuliner menggiurkan di Singapura hingga tempat wisata anti-mainstream di Taiwan. Anda bisa menawarkan berbagai paket tour guide yang berbeda sehingga tarif yang diperoleh makin menjanjikan.

5. Toko Online

Yap, inilah ide bisnis sampingan untuk TKI yang paling banyak dipilih. Apalagi dengan makin booming-nya, marketplace, Anda tentu tak akan kesulitan dalam membuka toko online. Ada banyak hal yang bisa dijual secara online entah skincare, gawai, item fashion, kuliner hingga peralatan rumah tangga di luar negeri.

Jika ingin bisnis toko online ini makin besar, tak ada salahnya kalau Anda membuka peluang untuk reseller dan dropshipper. Cobalah mencari distributor yang berkualitas di luar negeri, lalu kemudian jual produk itu ke Indonesia. Peluang bisnis ini akan sangat menjanjikan terutama bagi Anda yang bekerja di Thailand, karena produk berharga terjangkau dan tetap berkualitas.

Tentu agar bisnis toko online ini bisa berjalan sesuai dengan harapan dan memberikan keuntungan melimpah, Anda harus paham betul bagaimana strategi marketing yang tepat. Jangan ragu untuk membuat konten media sosial terbaik sehingga omzet sesuai rencana.

6. Distributor Pulsa

Seperti yang sudah diketahui, pandemi Covid-19 membuat komunikasi manusia semakin serba internet. Kondisi ini justru jadi peluang untuk berjualan pulsa tak hanya pulsa elektrik tapi juga pulsa kuota data internet. Tentu saja jika Anda adalah seorang TKI dengan penghasilan cukup besar, bisa mencoba menjadi distributor pulsa di Tanah Air.

Kendati mungkin keuntungan berjualan pulsa setiap transaksinya cukup sedikit, tapi jika Anda mampu menghadirkan server yang berkualitas, bisnis pulsa akan menjanjikan. Belum lagi sekarang distributor juga menyediakan top up e-wallet, layanan PPOB hingga jasa kirim uang yang tentunya akan makin meningkatkan penghasilan.

Baca juga: Tips Sukses Menjadi Reseller Modal Internet dan HP Bagi Pemula

7. Buka Cafe Kekinian

bisnis cafe kekinian
© Pawoon

Dan inilah ide bisnis sampingan untuk TKI yang terakhir. Daripada uang penghasilan bulanan sebagai Buruh Migran cuma tersimpan di rekening bank, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuak cafe kekinian. Modal yang diberikan memang cukup besar, tapi peluang keuntungannya cukup besar terutama jika cafe Anda memang sangat nyaman.

Dalam menjalankan bisnis cafe, pastikan Anda menyediakan menu khas cafe sehingga banyak diburu oleh calon konsumen. Dengan begitu, meskipun ada banyak cafe kekinian di tempat domisili Anda, bukan jadi masalah lantaran kualitas yang Anda tawarkan sudah lebih baik.

Kesimpulan

Wah, ternyata ada banyak banget kan ide bisnis sampingan untuk TKI? Untuk itulah Anda bisa memilih salah satu di antaranya untuk dipertimbangkan. Jangan tunggu sampai selesai masa kontrak dan kembali ke Tanah Air untuk memulainya. Anda bisa merintis selagi masih bekerja di luar negeri, dengan meminta bantuan kerabat terdekat untuk melakukan pengecekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *