Mau Jadi Mitra/ Buka Franchise Indomaret? Ini Syarat, Cara dan Modalnya

12 min read

Sedang mencari peluang bisnis untuk mendapatkan passive income? Membuka bisnis franchise Indomaret bisa menjadi salah satu alternatif pasive income yang layak Anda pertimbangkan.

Anda pasti sudah tahu kalau franchise minimarket yang satu sudah sangat kuat di Indonesia. Rasanya saat ini dari warga kota hingga desa pasti tahu Indomaret. Gerainya ada dimana-mana. Dengan menyuguhkan konsep service by yourself dan ketersediaan barang yang cukup lengkap serta tempat yang nyaman, Indomaret menjadi tempat orang-orang membeli berbagai kebutuhan sehari-hari.

Hal ini menjadikan bisnis ini mampu meraup omset besa dalam sehari. Tapi jika sudah banyak orang yang berinvestasi pada bisnis franchise Indomaret, apakah masih ada peluang untuk yang baru memulai?

Ini pertanyaan yang bagus. Sebagai pebisnis, kita juga perlu mempertimbangkan kondisi pasar dan peluang yang ada. Oleh karena itu kali ini kita tidak hanya membahas mengenai bagaimana cara membuka gerai Indomaret, tapi juga akan membahas mengenai prosepektusnya dan juga tips memulai bisnis franchise Indomaret.

Jadi jika Anda tertarik, yuk lanjutkan membaca artikel ini sampai akhir.

Sekilas Tentang Indomaret

Buka Franchise Indomaret?

Indomaret adalah jaringan waralaba minimarket yang menyediakan kebutuhan sehari-hari milik PT Indomarco Prismatama. Kantor pusat Indomaret di Jalan Pantai Indah Kapuk Bollevard, No.1, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Bisa di dikatakan bahwa Indomaret merupakan anak perusahaan milik korporasi rakasasa Salim Group.

Di ketahui bahwa hingga tahun 2020 yang lalu, Indomaret sudah memiliki jaringan lebih dari 16.900 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Detailnya, 60% gerai dimiliki pihak Indomaret pusat dan sisanya adalah milik masyarakat yang mulai membuka franchise ini. Mengapa, bisnis Indomaret ini cukup menarik?

Minimarket Indomaret seringkali menjadi pilihan masyarakat dimanapun mereka berada untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Bukan hanya dari display barang yang tertata dan rapi, tempat yang bersih dan juga sejuk, Indomaret juga memberikan pelayanan yang ramah agar para pelanggan nyaman berbelanja dalam mini market. Semua itu sudah di atur dalam SOP dan manajemen Indomaret.

Sebenarnya, untuk menjadi mitra Indomaret Anda tidak perlu harus berinvestasi pada franchisenya. Indomaret juga bisa di ajak berkerja sama jika Anda ingin menjadi pemasok, penawaran properti, menyewa teras Indomaret untuk usaha Anda, atau kerjasama ATM. Jika Anda juga berminat pada salah satu jenis kemitraan Indomaret tersebut, kita akan membahasnya khusus setelah mengupas tentang franchisenya.

Baca juga, 30 Contoh Usaha Waralaba

Produk dan Layanan yang di sediakan Indomaret

Selain penjualan barang untuk kebutuhan sehari-hari kini Indomaret sendiri sudah mengembangkan layanannya agar masih relevan dengan perkembangan zaman. Ada beberapa memiliki layanan lain yang di sediakan Indomaret seperti :

  • Pesan Antar Ambil dari Indomaret atau disebut dengan Indomaret Delivery
  • I-Tiket
  • I-Payment
  • I-Saku (e-wallet untuk berbelanja di Indomaret dan semua merchant berlogo QRIS)
  • Indo Paket yang melayani pengantaran, pengiriman dan penitipan paket

Dengan layanan non barang di atas, hal ini tentunya menjadikan nama Indomaret semakin kuat di benak masyarakat. Karena seperti yang kita tahu, sejak era digital hadir layanan-layanan tersebut sangat di cari oleh masyarakat. Sehingga tak heran jika pada umumnya Indomaret hampir tidak sepi pengunjung.

Strategi Pemasaran dan Promosi

Pemasaran dan promosi adalah hal yang sangat penting dalam suatu bisnis. Bahkan jika produknya bagus namun kurang daris segi pemasaran dan promosinya, maka produk tersebut akan kurang peminatnya. Jadi sebelum membicarakan peluang dan memutuskan berinvestasi menjadi franchisee Indomaret ada baiknya Anda juga tahu mengenai strategi pemasaran dan promosi Indomaret. Hal ini bisa di jadikan gambaran dan salah satu bahan pertimbangan untuk Anda apakah akan lanjut membuka gerai ataukah tidak.

Baiklah, kita akan bicara soal target pasar Indomaret terlebih. Dalam situs resminya di sebutkan bahwa target pasar Indomaret adalah seluruh masyarakat Indonesia. Ini mungkin bisa di artikan bahwa target pasarnya merupakan berbagai lapisan ekonomi serta golongan apapun.

Sementara strategi pemasarannya sendiri bisa di jalankan dengan berbagai metode yang di sesuai dengan produk dan fokus target pasar yang lebih spesifik. Strategi pemasaran Indomaret juga terintegrasi dengan kegiatan promosi di lapangan dan di jalankan secara berkala. Ada beberapa strategi promosi jangka pendek yang di lakukan Indomaret, diantaranya :

  • “Harga Heboh” : Merupakan strategi promosi mingguan yang memberikan potongan harga murah untuk pembelian produk sehari-hari
  • “Super Hemat” : Adalah strategi promosi yang di lakukan dengan leaflet edisi 2 mingguan. Didalamnya berisi panduan produk-produk dengan harga hemat sehingga konsumen yang ingin belanja hemat bisa membacanya.
  • “Promosi Bulan Ini” : Merupakan promosi bulan untuk produk-produk pilihan dengan memberikan diskon atau hadiah langsung.

Strategi-strategi yang telah di sebutkan di atas adalah strategi jangka pendek. Nah, untuk strategi jangka panjangnya Indomaret membuat program-program dan komunitas yang berhubungan dengan loyalitas pelanggan.

Dari segi strategi pemasaran dan promosi, rasanya tak lengkap jika kita tidak menyebutkan prestasi Indomaret yang satu ini. Dalam rangka meningkatkan nilai brand di tingkat Internasional, Indomaret juga berhasil dipilih menjadi “Official Event Store” piala dunia 2010 oleh Global Brands Group. Sehingga Indomaret menjadi gerai menjual atribut Piala Dunia 2010 secara resmi dan juga bisa menggunakan logo Piala Dunia pada setiap kegiatan promosinya.

Hal ini tentu menjadi sesuatu yang membanggakan karena Indomaret juga bersaing dengan brand-brand ritel besar lainnya. Artinya secara pengalaman, kemampuan dan jaringan Indomaret bisa di katakan cukup oke.

Peluang Bisnis Franchise Indomaret

Peluang Bisnis Franchise Indomaret

Bisnis warabala kini semakin banyak jenisnya. Untuk menentukan franchise mana yang sebaiknya kita pilih, tentu kita tidak hanya mempertimbangkan trend kekinian saja tapi juga track record, pengalaman franchisor, stabilitas brand serta prospek ke depannya. Nah, bagaimana dengan franchise Indomaret?

JIka kita berbicara tentang bisnis yang stabil, bisnis ritel adalah salah satu jenis bisnis yang memiliki prospek kestabilan yang cukup tinggi.

Indomaret sendiri sudah mengembangkan sistem franchise sejak tahun 1997 dan kini sudah memiliki lebih dari 700 franchisee di berbagai dari di Indonesia dengan dukurang sistem dan menajemen yang baik. Berdasarkan pengalaman salah satu franchisee yang sudah berkecimpung dalam bisnis ini, memiliki gerai Indomaret akan bisa menghasilkancapital gain sebesar 2-4% per-bulan. Ini adalah nilai yang sangat worth it, bagi ukuran investasi franchise.

Bagi Anda yang tertarik bergabung, mungkin bisa mencermati beberapa keuntungan yang Anda Anda dapatkan jika berinvestasi pada bisnis franchise Indomaret!

1. Pengembangan Ilmu sebagai Entrepreneur

Selain menjadi pelaku bisnis, ketika Anda bergabung dengan franchise Indomaret Anda akan dapat mengembangkan banyak pengetahuan mengenai bisnis toko modern.

Sebab bisa di katakan bahwa tim Indomaret aklan mendapmpingi dan terlibat langsung dari awal pembukaan toko hingga dalam proses pengembangannya. Untuk informasi detailnya akan di bahas setelah ini.

2. Menjadi Bagian dari Brand yang Sudah Kuat di Masyarakat

Berkat konsistensi dan profesionalitasnya Indomaret kini sudah menjadi pioneer jaringan minimarket terbesar yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, dari segi branding Indomaret memiliki nilai plus untuk di jadikan pilihan investasi.

3. Penggalian Potensi Pasar dari Survey Lokasi

Tim Indomaret akan mendampingi mulai dari survey lokasi. Hal ini akan membantu Anda mengenali bagaimana potensi pasar dan kestrategisan bisnis Anda nanti. Jadi Anda tidak perlu bingung bagaimana menganalisis potensi pasar di pilihan lokasi bisnis yang kemungkinan Anda tempati untuk lokasi toko.

4. Bisa Menjalankan Bisnis dengan Waktu yang Flexible

Indomaret sudah memIIiki sistem manajemen yang terintegerasi dan profesional. Anda tidak perlu terlibat dalam bisnis secara fulltime dalam hal operasional. Dengan begitu Anda bisa mengatur waktu lebih fleksibel bahkan jika Anda memiliki pekerjaan yang terikat dengan aturan kantor maka Anda juga tidak perlu meninggalkannya.

5. Adanya Peluang Mengembangkan Bisnis

Salah satu pertanyaan yang mungkin di miliki oleh sebagian dari Anda adalah tentang peluang pengembangan bisnis. Apakah kita bisa memiliki lebih dari 1 toko/ gerai Indomaret? Jawabannya, bisa. Kita bisa saja mengembangkan bisnis minimarket misalnya dengan membuka beberapa gerai Indomaret lainnya. Hal tersbut bisa di rencanakan dan di atur bersama tim.

6. Meminimalisir Resiko dengan Dukungan Manajemen Toko yang Berpengalaman

Dalam menjalankan suatu bisnis, banyak orang terpaku pada masalah keuangan bisnisnya saja dan hanya ingin untung. Hal tersebut tidak salah, namun Tapi sebenarnya suatu bisnis perlu mendapatkan dukungan dari berbagai sistem.

Mulai dari riset awal, operasional, distribusi hingga manajemen. Indomaret menyediakan itu semua, sehingga Anda bisa memilimalisir resiko kerugian yang ada

Setelah membaca potensi bisnis franchise Indomaret di atas, mungkin Anda memiliki pertanyaan : sejauh apa, Indomaret terlibat dalam gerai yang Anda miliki nanti? Ini jawabannya!

  • Dari awal tim Indomaret survey ke lokasi usaha dan menilai kelayakannya
  • Sudah di sediakan RAB (Rencana Anggaran Biaya)
  • Tim melakukan studi kelayanan investasi
  • Tata ruang dan perencanaan toko
  • Proses renovasi dan peralatan-peralatan yang dibutuhkan oleh toko (AC, rak, komputer dll)
  • Proses seleksi hingga training karyawan toko
  • Standard dan prosedurkerja serta sistem penggajian karyawan
  • Sudah ada sistem operasional toko dan keuangan
  • Ada fasilitas seleksi dan kredit barang dagangan tanpa bunga dan jaminan
  • Sudah tersedia program promosi

Berdasarkan gambaran proses bisnisnya, bisnis Indomaret ini merupakan salah satu bisnis yang bisa di lakukan dengan auto pilot bukan?

Syarat-syarat Waralaba

Jika Anda tertarik membuka suatu franchise tertentu, pastinyaAnda harus memenuhi syarat yang telah di tentukan oleh Franchisor dalam hal ini adalah Indomaret. Coba perhatikan syaratnya di bawah ini!

Syarat-syarat Waralaba

Franchisee

  • Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Memiliki atau telah menyewa lahan ideal seluas 120-200 m2
  • Memiliki dokumen-dokumen berkaitan dengan izin usaha
  • Menyediakan modal awal investasi sekitar 394 juta
  • Berjiwa entrepreneur dan berniat mengembangkan bisnis pada sistem Indomaret

Lokasi

Lokasi adalah faktor yang sangat penting dalam kesuksesan bisnis ini. Oleh karena itu pastikan bahwa lokasi yang Anda pilih memenuhi kriteria berikut :

  • Siapkan lahan seluas tidak lahan seluas 120-200 m2
  • Tapi khusus untuk lokasi seperti perkantoran, apartemen, SPBU, Rumah Sakit, dan kawasan wisata kita harus menyediakan ruang setidaknya 50 M²
  • Memiliki aksesibilitas kendaraan roda dua dan roda empat yang cukup
  • Kalau bisa, pilihlah lokasi yang berdekatan dengan jalan raya
  • Pilih lokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen, misalnya seperti dekat dengan sarana umum, ramai di kunjungi dan lain sebagainya
  • Dokumen izin lokasi lengkap dan tidak bermasalah

Dokumen Surat Izin Usaha

Berdasarkan syarat di atas, kelengkapan surat izin usaha juga emnjadi suatu kewajiban yang harus di penuhi oleh franchisee. Jika Anda belum tahu apa saja surat izin yang di maksud, berikut adalah surat kelengkapan usaha :

  • Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau IPB Ruang usaha/Ruko
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Surat Izin Untuk Perusahaan (SIUP)
  • UUG/HO, TDP, PKP, dll

Cara Membuka Franchise Indomaret

cara membuka franchise Indomaret

Sekarang Anda sudah tahu syarat apa saja yang perlu di penuhi. Lalu bagaimana langkah-langkah mengajukan pembukaan gerai Indomaret? Sebenarnya ada 2 cara, yakni membuka gerai baru atau dengan take over gerai yang sudah beroperasi.

Untuk membuka gerai baru, Anda di asumsikan sudah mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran waralaba Indomaret dan memiliki calon lokasinya. Jadi Anda hanya hanya perlu melakukan tahapan di bawah ini!

Yuk, baca juga, 10 Bisnis Franchise dengan Modal Kurang dari 10 Juta

1. Presentasi Tahap Awal

Pada tahapan presentasi pertama ini, supaya prosesnya lebih lancar jika Anda merupakan franchisee yang sudah memiliki calon lokasi usaha maka harap membawa kelengkapan dokumen pendukunya.

Seperti fotocopy sertifikat bangunan, IMB, ktp, kk, denah lokasi dll. Pada tahap ini, Anda akan menerima penjelasan mulai dari mekanisme kerjasama franchise Indomaret, estimasi besaran investasi yang di butuhkan, estimasi keuntungan per bulannya dan juga sistem operasional toko secara detil,

2. Survey Lokasi Usaha dan Evaluasi

Pada tahap selanjutnya, tim dari Indomaret akan melakukan survey ke lokasi. Lalu pada presentasi yang kedua, akan fokus membahas mengenai hasil survey kelayakan lokasi usaha dan RAB (Rencana Anggaran Belanja) sehingga Anda bisa mengetahui besaran nilai investasinya.

Jika di perlukan, maka Anda akan mendapatkan evaluasi hasil survey dan mempertimbangkan poin-poin evaluasi yang cukup penting untuk memilih lokasi.

3. Perjanjian dan Pembayaran Franchise Fee

Jika semua sudah oke, dalam artian lokasi usaha secara prospek target pasar dan kestrategisannya sudah masuk dalam ketentuan Indomaret, selanjutnya Anda akan masuk pada tahapan perjaniian dan pembayaran franchisee fee. Jadi sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa franchisee fee yang dibutuhkan dan siapkan dananya.

4. Pengurusan Izin Usaha

Pihak Indomaret juga akan membantu dalam proses pengurusan izin usaha minimarket. Jadi Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak Indomaret.

5. Pembangunan/ Renovasi Tempat Usaha

Jika semua izin usaha minimarket yang di butuhkan sudah tersedia, Anda akan masuk ke tahap teknis pembangunan tempat usaha atau renovasi.

Tentunya Indomaret memiliki standar bagaimana bentuk dan layout toko yang ideal sesuai dengan ketentuan Indomaret demi menjaga kualitas layanannya. Estimasi pembangunan/ renovasi tempat usaha bisa berbeda-beda namun sebagai gambaran, Anda disa melihatnya di bagian pembahasan mengenai modal setelah ini.

6. Pembukaan Gerai

Setelah semua kesepakatan, izin usaha hingga pembangunan/ renovasi tempat usaha di lakukan kini saatnya Anda masuk pada tahapan pembukaan gerai. Toko akan di buka dengan sistem promosi yang sudah di siapkan Indomaret, sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkannya.

Untuk Anda yang berminat membeli gerai dengan cara take over, bisa mencoba untuk menghubungi call center Indomaret di nomor 1500-280.

Modal yang Perlu Disiapkan dan Estimasi Balik Modal

Modal yang Perlu Disiapkan dan Estimasi Balik Modal

Berapa modal yang perlu di siapkan untuk membuka bisnis waralaba Indomaret? Yuk kita bahas!

Pada bagian syarat pendaftaran, sudah di sebutkan sekilas bahwa calon franchisee Indomaret harus menyiapkan dana modal investasi sekitar Rp 394 juta, namun ini adalah estimasi modal untuk membuka gerai baru. Jadi estimasi ini tentu berbeda dengan gerai take over yang sudah beroperasi.

Modal Pembukaan Gerai Baru

Berikut adalah rincan kebutuhan mengapa jumlah modal sebasar Rp 394 juta di butuhkan untuk membuka gerai baru Indomaret.

No Kebutuhan Nominal (Rp)
1 Franchise fee (untuk 5 tahun) 36.000.000
2 Promosi dan persiapan pembukaan toko 9.500.000
3 Biaya renovasi ruko* dan tambahan daya listrik 170.500.000
4 Peralatan elektronik dan non-eletronik yang di butuhkan 178.000.000
TOTAL 394.000.000

*jika bukan ruko, maka estimasi biaya renovasi perlu disesuaikan kembali

Modal Gerai Take Over

Untuk estimasi pembukaan gerai Indomaret dengan cara take over dari pemilik gerai yang sudah berjalan, tentunya akan berbeda lagi. Biasanya nilai bisnisnya lebih tinggi. Pihak Indomaret sendiri memberikan estimasi modal gerai take over mulai dari Rp 700 juta-an (sudah termasuk biaya sewa bangunan selama 5 tahun)

Estimasi Balik Modal

Selain modal awal, sebagai pebisnis pasti Anda penasaran kapan kira-kira Anda bisa balik modal (BEP)?

Jawabannya tergantung dari lokasi gerai Indomaret yang Anda buka. Misalnya jika lokasinya strategis maka berdasarkan kalkulasi maka balik modal akan lebih cepat kira-kira akan memakan wkatu kurang lebih selama 3-5 tahun. Oleh karena itu dalam proses penentuan lokasi ini Anda harus bentul-betul memiliki analisis dan pertimbangan yang matang.

Pastikan bahwa lokasinya strategis. Sebab hal tersebut termasuk dalam faktor utama yang menentukan sebearapa lama Anda bisa balik modal dan tentunya kesuksesan bisnis secara jangka panjang.

Tips Bisnis Franchise Indomaret Ala Klan Hartono

Bagaimana, sejauh ini apakah Anda ingin tetap memulai bisnis minimarket yang satu ini? Jika ya, Anda mungkin perlu mempertimbangkan beberapa tips dari Klan Hartono yang merupakan pebisnis sukses yang berhasil mengembangkan franchise Indomaret.

Beliau memilih Indomaret sebagai investasi karena produk yang di jual adalah produk-produk yang kebutuhan utama dan banyak di pilih oleh masyarakat. Selain itu menurutnya, Indomaret juga merupakan bisnis yang marginnya cukup kecil tetapi stabil sehingga merupakan investasi yang aman dan bisa auto pilot.

Menurut Klan Hartanto, hal penting dalam bisnis Indomaret ini ada 2.

Penasaran? Ini dia tipsnya!

1. Harus Punya Modal Dana dan Tempat

Modal dana dan lokasi menjadi keharusan yang tidak bisa di tawar. Jadi bisnis Indomaret ini mungkin lebih cocok bagi Anda yang sudah punya modal yang cukup namun masih bingung mau memilih bisnis apa. Lalu Anda juga sudah punya gambaran lokasi yang akan manjadi tempat gerai Indomaret di dirikan.

2. Lakukan Grand Opening

Jika Anda sudah memiliki lokasi yang strategis untuk membuka bisnis Indomaret, maka tinggal meminta tim Indomaret pusat untuk melakukan survey. Kemudian ketika sudah di setujui, siapkan modal kurang lebih Rp 470 juta. Ini untuk Anda yang minat membuka gerai baru.

3. Kunjungi Pameran Indomaret

Namun jika Anda ingin membeli Indomaret yang sudah beroperasi, bisa mengunjungi pameran yang di lakukan Indomaret. Biasanya pameran ini berlangsung minimal 4 kali dalam setahun. Di sana Anda akan di tawarkan pilihan-pilihan gerai Indomaret yang sudah running dan omsetnya sudah bagus. Misalnya dari yang secara net profit hanya puluhan juta hingga di atas Rp 50 juta.

Gerai-gerai tersebut adalah milik Indomaret pusat. Jadi Anda bisa mencocokan modal yang Anda miliki/ RAB (Rencana Anggaran Belanja) dengan pilihan gerai yang tersedia. Biasanya jika net profitnya sekitar Rp 10-20 jutaamn, harganya sekitar Rp 750 juta hingga Rp 1 Milyar.

Kemitraan Indomaret Selain Franchise

Kemitraan Indomaret Selain Franchise

Seperti yang telah di sebutkan, bahwa ada beberapa jenis kerjasama bisnis yang bisa Anda lakukan selain menjadi franchisee Indomaret. Sebab potensi keran bisnis Indomaret bisa di lihat dari berbagai sudut jika kita melihat alur bisnisnya.

Karena Indomaret adalah area yang sering di kunjungi orang banyak dan memiliki ketentuan luas lahan tertentu. Selain itu Indomaret juga melihat adanya kebutuhan lain yang berkaitan dan akan bisa menguntungkan berbagai pihak termasuk pada branding Indomaret sendiri. Hal ini mungkin membuat Indomaret juga berpikir untuk mengembangkan kemitraan lainnya.

Berikut adalah penjelasan mengenai kemitraan non franchise di Indomaret!

1. Menjadi Pemasok

Kembali ke alur bisnis Indomaret, bayangkan sebuah toko dengan berbagai produk yang di jual di dalamnya. Pertanyaannya, lalu siapa yang memasok barang-barang tersebut?

Nah, ternyata Indomaret juga membuka kesempatan bagi Anda yang memiliki kemampuan menjadi pemasok produk. Jika Anda berminat, coba perhatikan beberapa hal berikut!

Pemilihan Produk yang di Jual

Sebagai calon pemasok, pasti kita akan membicarakan produk yang di jual. Berkaitan dengan hal ini terdapat 2 sisi produk yang perlu di perhatikan oleh calon pemasok yakni dari segi jenis dan juga kemasan.

Dari segi jenis Indomaret memiliki ketentuan bahwa produk terdiri dari jenis makanan dan non makanan serta sesuai dengan segmen pasar Indomaret. Sementara dari segi kemasan, haruslah rapi, higienis dan modern.

Syarat Produk yang di dagangkan

Selain dari jenis dan kemasan, ada beberapa syarat yang perlu di perhatikan yakni dari segi harga dan kualitasnya kompetitif dan dari segi kemanaan untuk konsumen, produk harus mencantumkan :

  • Keterangan identitas produsen dan distributor
  • Ukuran produk (gram/ liter)
  • Keterangan registrasi dari pihak terkait (seperti BPOM, MUI)
  • Tanggal produksi dan kadaluarsa
  • Barcode

Syarat Sebagai Pemasok Untuk Gerai Jaringan Indomaret

Jika sebelumnya kita berbicara mengenai produknya, sekarang kita akan mulai membicarakan tentang syarat sebagai pemasok. Apa saja yang perlu kita penuhi untuk bisa menjadi pemasok barang untuk jaringan Indomaret?

  • Telah mengisi formulir pendaftaran pemasok Indomaret dengan data yang jelas dan benar
  • Bersedia berkomitmen untuk memenuhi permintaan order, jadwal pengiriman dan sistem pembayaran sesuai kesepakatan
  • Membuat proposal kerjasama
  • Bersedia melakukan evaluasi penjualan selama menjadi pemasok jaringan Indomaret

Untuk mendapatkan formulir pendaftaran, Anda bisa mengunjungi website resmi Indomaret dan mengklik bagian “Mitra” > “Pemasok”.Data yang harus di isi oleh calon pemasok di antaranya :

  • Data Supplier : Nama Supplier, Alamat kantor, Contact Person, Jabatan, No telepon dan e-mail.
  • Data barang yang di tawarkan : Merek dan nama produk, harga pokok dan harga netto, diskon (jika ada), dan mengupload foto produknya.
  • Data outlet yang sudah menjual : Nama outlet, kuantitasnya, dan harganya
  • Keterangan promosi yang sudah di jalankan : Seperti di TV, medsos, majalah, radio dll (beserta tanggalnya)

2. Penawaran Properti dan Lokasi

Jika kita membayangkan lagi alur bisnis franchise Indomaret, maka kita akan menemukan persoalan yang pasti butuh di penuhi yakni tempat. Sebab gerai Indomaret pasti memerlukan lahan dan gedung untuk bisa berjalan. Nah, ternyata pihak Indomaret juga membuka kerjasama penawaran properti dan lokasi.

Jadi seandainya Anda memiliki usulan kerjasama dalam bidang ini Anda bisa mengajukannya dengan mengisi formulir pendaftaran di website resmi Indomaret dan mengklik menu “Mitra” > “Penawaran Properti dan Lokasi”. Setelah itu barulah aplikasi Anda akan di seleksi dan tim Indomaret melakukan survey. Tentu saja penawaran properti dan lokasi yang Anda ajukan masih ada dalam jangkauan wilayah operasional Indomaret yang berada di :

  • Pula Jawa dan Bali
  • Lombok
  • Aceh
  • Medan
  • Pekanbaru
  • Palembang
  • Lampung
  • Samarinda
  • Makassar
  • Pontianak
  • Manado

3. Penyewaan Lingkungan Teras Indomaret

Ada lagi peluang usaha yang di sediakan Indomaret selain menjadi franchisee yakni penyewaan lingkungan teras Indomaret untuk mengembangkan UMKM.

Mungkin Indomaret menyadari bahwa peluang penyewaan teras ini cukup strategis. Selain memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memiliki lahan usaha yang berpotensi ramai pengunjung, hal ini juga akan membuat efek simbiosis mutualisme bagi branding Indomaret.

Jika Anda memiliki produk yang ingin di jual menggunakan lingkungan teras Indomaret, berikut adalah caranya!

  • Mengisi formulir pendaftaran sewa teras Indomaret (tersedia secara online ataupun offline di setiap gerai Indomaert)
  • Menyerahkan fotocopy KTP penyewa
  • Luas gerai usaha 1×2 m persegi (tanpa area untuk dine in/makan di tempat)
  • Produk yang Anda jual tidak ada di Indomaret

Dalam formulir pendaftaran, data-data yang harus Anda isi, selain data pribadi seperti nama lengkap, alamat dsb, Anda juga harus menjelaskan produk apa yang Anda jual dan berapa lama Anda berjualan. Keterangan lokasi teras Indomaret yang hendak Anda sewa dan kebutuhan gerai Anda juga di perlukan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang penyewaan teras Indomaret Anda bisa menghubungi masing-masing cs Indomaret di kota Anda (nomornya tertera di website resmi Indomaret). Sementara jika Anda menemui permasalahan dalam penyewaan teras Indomaret bisa menghubungi Indomaret pusat di nomor 021-29559100 ext 4479.

4. Kerjasama ATM

Anda pasti sering melihat gerai Indomaret yang memiliki mesin ATM di dalam maupun di area teras Indomaret. Ternyata Indomaret memang menyediakan kerjasama pemasangan ATM di gerainya.

Caranya dengan mengisi formulir yang tersedia di website resminya dan submit. Nantinya pihak Indomaret akan merespon aplikasi Anda. Atau Anda juga bisa menghubungi call centernya terlebih dahulu di nomor 1500-280.

Yuk baca juga, Apa itu Waralaba? Pengertian, Jenis dan Konsep Bisnis

Penutup

Secara prospektus bisnis minimarket di jaringan Indomaret bisa di katakan cukup besar. Ada banyak keuntungan yang bisa di dapatkan karena sistem manajemen yang sudah mapan dan di jalankan secara profesional. Kita yang memiliki kegiatan lain seperti bekerja atau bisnis lainnya bisa sangat terbantu karena dari segi operasional pihak Indomaret akan membantu dari awla hingga pembukaan gerai bahkan saat proses berjalannya bisnis.

Banyak yang sudah terjun dalam bisnis ini. Ada yang tujuannya untuk membuka passive income, bahkan mempersiapkan dana di hari tua dna di jadikan alternatif bisnis saat masa pensiun tiba.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda tetap berminat membuka franchise Indomaret? Jika iya, sudah sejauh apa persiapan yang sudah Anda lakukan dan belum Anda lakukan? Semoga Anda bisa dengan lancar mengembangkan bisnis minimarket modern ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *