Masalah Umum Soal Budgeting dan Cara Mengatasinya (Part 1)

2 min read

Masalah Umum Soal Budgeting dan Cara Mengatasinya (Part 1)

Mengelola keuangan merupakan hal yang susah-susah gampang bagi beberapa orang. Mengelola keuangan termasuk di dalamnya -budgeting- membutuhkan disiplin yang tinggi.

Ada banyak alasan yang membuat kita lalai dan abai soal budgeting. Mulai dari kebiasaan belanja yang buruk hingga faktor eksternal seperti di pecat atau keadaan darurat (bencana alam, kecelakaan, dan lain sebagainya).

Mungkin dibutuhkan banyak upaya untuk membuat anggaran Anda berfungsi, bahkan dalam keadaan terbaik, jadi penting untuk mempelajari cara menangani rintangan tak terelakkan yang akan muncul.

Berikut ini beberapa masalah umum soal mengatur keuangan atau budgeting dan cara mengatasinya yang dilansir dari The Balance!

1. Masalah Arus Kas

Jika Anda memiliki pemasukan sekali setiap bulan, Anda mungkin mengalami masa-masa berpesta dan kelaparan secara finansial. Jika tagihan Anda jatuh tempo di awal bulan, Anda mungkin melihat sebagian besar uang Anda hilang dalam satu atau dua minggu pertama dan kemudian kesulitan untuk membayar belanjaan pada akhir bulan. Menunggu gaji Anda berikutnya untuk memenuhi kebutuhan dapat menyebabkan banyak stres dan kecemasan.

Masalah serupa terjadi ketika Anda dibayar mingguan, yang menyebabkan Anda berjuang untuk membayar tagihan Anda di awal bulan sementara Anda memiliki banyak uang ekstra di akhir bulan. Dalam kedua kasus tersebut, ini adalah masalah manajemen arus kas.

Cara Mengatasi:

  • Perencanaan yang lebih baik adalah kunci untuk mengatasi hal ini. Terlepas dari kapan Anda membanjiri uang tunai, penting untuk menyisihkan uang untuk saat-saat Anda tidak.
  • Jika Anda hanya dibayar bulanan, bagi bulan Anda menjadi beberapa minggu dan sisihkan uang untuk minggu-minggu yang tersisa pada bulan itu ke dalam rekening tabungan. Akibatnya, Anda perlu membuat sistem untuk diri Anda sendiri yang menyerupai pembayaran mingguan.
  • Transfer uang dari rekening tabungan Anda ke rekening koran Anda setiap minggu. Ini akan membantu Anda untuk berhenti berbelanja ketika Anda telah mencapai kuota Anda untuk minggu ini.
  • Pilihan lainnya adalah melakukan hal yang sama menggunakan sistem amplop dengan menyisihkan uang tunai untuk setiap minggu dalam sebulan.
  • Anda juga dapat menghubungi kreditor dan penyedia utilitas Anda dan melihat apakah mereka bersedia mengubah tanggal jatuh tempo tagihan. Beberapa perusahaan mungkin bersedia bekerja sama dengan Anda sehingga Anda dapat mendistribusikan tanggal jatuh tempo secara lebih merata sepanjang bulan.

2. Masalah Komunikasi Pada Pasangan

Anda mungkin menemukan bahwa Anda hebat dalam membuat anggaran sendiri, tetapi ketika Anda menjalin hubungan atau menikah, itu adalah masalah yang sama sekali berbeda.

Komunikasi adalah kunci ketika Anda menganggarkan dana sebagai pasangan. Jika Anda tidak berkomunikasi, Anda tidak akan tahu berapa banyak uang yang tersisa di setiap kategori atau berapa banyak yang tersisa untuk dibelanjakan. Anda juga mungkin akan bertengkar tentang uang.

Cara Mengatasi:

  • Perbaikan anggaran pertama adalah memulai pertemuan untuk meninjau anggaran secara teratur. Mungkin perlu dilakukan setiap malam pada awalnya atau seminggu sekali.
  • Solusi lainnya adalah menemukan aplikasi penganggaran yang dapat Anda perbarui saat Anda membelanjakan uang. Jika Anda berdua memasukkan pembelian saat terjadi, Anda dapat dengan mudah melacak apa yang tersisa di akun saat itu terjadi. Ini adalah solusi yang cukup sederhana untuk mencegah pengeluaran berlebihan.
  • Setelah Anda mulai menganggarkan dana dengan baik, Anda bisa lebih jarang menemui masalah di atas, tetapi pastikan untuk membuat rapat rutin. Ini membuat komunikasi tetap terbuka dan membantu mencegah masalah dimulai lagi.

3. Kategori Masalah

Setiap orang memiliki kategori masalah di mana pembelanjaannya hampir selalu lebih dari yang Anda harapkan. Anda mungkin memiliki masalah dengan hiburan, pakaian, atau biaya makanan.

Kategori masalah sering kali berkaitan dengan sesuatu yang Anda sukai atau tidak Anda lakukan. Setelah Anda mengidentifikasi ini, Anda dapat mulai mencari solusi.

Cara Mengatasi:

  • Perbaikan anggaran untuk masalah ini adalah mengubah cara Anda menanganinya. Beralih ke uang tunai hanya untuk kategori tersebut dapat berhasil, terutama jika Anda berbelanja secara langsung di toko. Ini tidak akan berfungsi untuk pembelian online, jelas.
  • Gunakan sistem penghargaan. Jika Anda membatasi pengeluaran dalam kategori tersebut, Anda mendapatkan uang tambahan di akhir bulan untuk dibelanjakan pada sesuatu yang Anda sukai. Jika Anda mengeluarkan uang terlalu banyak untuk makan di luar karena Anda benci memasak, Anda dapat menghadiahi diri Anda sendiri dengan makan malam di restoran yang bagus jika Anda tetap berpegang pada anggaran dan memasak.
  • Pertimbangkan mengurangi kategori lain untuk meningkatkan pengeluaran Anda di area di mana Anda secara konsisten membelanjakan lebih dari yang seharusnya. Lacak pengeluaran untuk sementara waktu sehingga Anda dapat bekerja dengan tujuan yang realistis dan mengubah prioritas sesuai kebutuhan.
  • Temukan cara agar Anda dapat lebih mudah mempertahankan batasan Anda. Misalnya, jika Anda menghabiskan terlalu banyak uang untuk dibawa pulang karena Anda terlalu lelah untuk memasak selama seminggu, pertimbangkan untuk memasak makanan yang cukup selama akhir pekan selama seminggu. Bayar layanan yang melakukan belanja bahan makanan untuk membantu Anda menghemat uang dan membuat memasak di rumah lebih mudah.

Itulah tiga masalah mengenai mengatur keuangan atau budgeting yang sering kita jumpai. Dengan adanya rekomendasi solusi yang ditawarkan semoga dapat membantu Anda dan kita semua lebih baik lagi dalam mengelola keuangan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *