Mari Belajar Fundamental Cryptocurrency | Timeslib

1 min read

Mari Belajar Fundamental Cryptocurrency | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Mungkin kamu adalah salah satu orang yang mulai tertarik berinvestasi di cryptocurrency. Sangat disarankan agar kamu juga mau meluangkan waktu belajar analisis fundamental cryptocurrency. Kenapa? Karena dengan cara inilah kamu bisa berinvestasi secara smart. Tidak asal ikut-ikutan beli atau jual aset kripto kamu.

Kamu mungkin berpikir buat apa belajar hal-hal rumit semacam itu. Toh uang kripto nilainya terus naik. Benar sekali. Namun, kamu harus tahu berapa kenaikannya. Karena itu yang akan membuat kamu tahu berapa aset uang digital yang kamu akan miliki dalam kurun waktu tertentu.

Dan satu lagi. Meskipun uang kripto cenderung naik, bisa juga lho nilainya turun. Apalagi kini semakin banyak jenis cryptocurrency yang diperjualbelikan. Jadi, supaya kamu tidak asal ikut saja, pastika kamu tahu bagaimana cara menganalisis fundamental cryptocurrency.

Sudah siap?

Baca juga: Bisakah Cryptocurrency Jadi Pilihan Investasi Jangka Pendek?

Langkah-Langkah Menganalisa Fundamental Cryptocurrency

Memahami mata uang kripto. Photo by @silverhousehd

Sebenarnya, berinvestasi di cryptocurrency itu sama seperti berinvestasi di saham. Artinya, Anda harus tahu dua hal. Yaitu price dan value. Price artinya harga atau uang yang Anda harus keluarkan untuk investasi. Sementara itu, value itu nilai yang akan Anda dapatkan dari produk investasi. Value ini bisa berupa prediksi nilai di masa depan.

Makanya, untuk memaksimalkan profit yang akan Anda dapatkan, Anda harus tahu fundamental cryptocurrency. Sebisa mungkin price yang Anda keluarkan itu minimal dengan potensial value yang tinggi.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini langkah sederhana yang bisa Anda lakukan:

  • Cari Sumber Info Terpercaya
Begini tips KPR di masa pandemi.
Cari info terpercaya. Photo by @dadaben_

Memang tidak salah jika Anda mengikuti kabar terbaru tentang cryptocurrency dari media sosial. Apalagi jika Anda mengikuti orang yang sudah sangat ahli di bidang cryptocurrency. Tweet atau status yang ia buat sangat berharga.

Akan tetapi, kurang bijak jika Anda hanya mengandalkan medsos. Ada baiknya Anda cari sumber informasi terpercaya lainnya. Misalnya saja forum yang memang menjadi tempat diskusi para investor uang kripto.

  • Jumlah Suplai yang Disediakan
introspeksi diri di akhir tahun.
Jumlah suplai yang disediakan. Photo by Pixabay

Kamu harus ingat bahwa koin kripto itu terbatas. Jadi, ketika kamu berinvesatasi di sebuah koin digital, maka kamu harus ketahui dulu berapa jumlah suplai koin yang disediakan. Ketika koin semakin menipis, nilai koin akan naik. Begitu sebaliknya.

Tagih piutang.
Jumlah permintaan. Photo by Sindonews

Saat kamu menentukan di koin kripto apa yang akan kamu pilih, maka perhatikan juga jumlah permintaan. Ini bisa kamu lihat dari chart yang disediakan. Lihat saja jumlah permintaan di satu atau dua bulan terakhir. Jika jumlahnya meningkat, itu artinya valuenya kemungkinan akan naik. Ini sebenarnya bagian yang terpenting dari Analisa fundamental cryptocurrency.

fundamental cryptocurrency
Layanan yang diberikan. Photo by @berkeleycommunications

Sekarang ini, semakin banyak jumlah cryptocurrency. Dan untuk menggaet lebih banyak investor, masing-masing selalu mengupgrade layanan. Misalnya saja kemudahan dalam bertransaksi, keamanan jaringan, dan lain sebagainya.

fundamental cryptocurrency
Biaya transaksi. Photo by Pexels

Suka atau tidak suka, biaya transaksi cukup menentukan bagaimana nilai dan potensi dari sebuah koin kripto. Karena ketika biaya transaksi terjangkau, orang akan lebih tertarik. Dan ketika volume transaksi tinggi, value dari kripto pun naik.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan untuk menganalisis fundamental cryptocurrency. Tentu masih banyak faktor lain yang harus diikut sertakan. Namun, 5 poin tersebut di atas menjadi hal yang mendasar jika kamu tidak hanya sekedar ikut-ikutan berinvestasi cryptocurrency. Jangan hanya ikut-ikutan karena bisa saja itu hanya cara untuk merusak psikologi pemain kripto saja. Anda harus punya analisis dan patokan sendiri saat bermain uang kripto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *