Manfaat yang Kamu Dapatkan Kalau Punya Pendapatan Pasif Sejak Muda

2 min read

Manfaat yang Kamu Dapatkan Kalau Punya Pendapatan Pasif Sejak Muda

Banyak orang yang memimpikan meraih kebebasan finansial sejak usia muda. Bahkan, kamu dapat memulainya sejak di bangku sekolah atau kuliah. Selain menyisihkan uang saku, kamu juga bisa menyiapkan dana masa depan dengan memiliki pendapatan pasif.

Pendapatan pasif atau passive income adalah pemasukan yang didapat tanpa ada upaya rutin setiap hari untuk mengelolanya. Frekuensi dan jumlah pendapatan pasif ini bisa berbeda-beda. Ada yang mungkin bisa kamu dapatkan seminggu sekali, sebulan sekali atau bahkan setahun sekali, tergantung pada jenis dan metodenya.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau punya pendapatan pasif sejak muda!

1. Memberikan Kebebasan Waktu

Perlu dipahami, waktu adalah aset terbesar buat semua orang. Waktu jauh lebih berharga daripada uang. Sementara uang bisa dihabiskan dan diperoleh, waktu hanya bisa habis tapi hanya sekali.

Setelah waktu itu berlalu, itu hilang selamanya. Kamu tidak dapat merasakan kembali momen itu lagi. Inilah sebabnya mengapa pendapatan pasif sangat penting karena memberi kamu kebebasan waktu. Bila kamu tidak lagi terbelenggu untuk memenuhi beragam kebutuhan, salah satunya dengan bekerja, berarti kamu telah memiliki kebebasan waktu.

Kamu bisa memilih berkeliling dunia. Kamu dapat terlibat dalam pekerjaan yang berkaitan dengan menciptakan aliran penghasilan pendapatan pasif tambahan. Pilihan ada pada kamu, karena memiliki kebebasan untuk memilih. Hal ini tentu karena kamu sudah punya kebebasan waktu.

Mengenal Time Value of Money Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

2. Pilih Investasi yang Bisa Melawan Investasi

Tidak ada yang lebih buruk daripada memiliki tekanan yang datang bersamaan dengan ketidakmampuan membayar tagihan. Hal itu menyebabkan kegelisahan, ketakutan dan keputusasaan secara keseluruhan tanpa harapan untuk masa depan.

Penghasilan pasif membantu meringankan semua kekhawatiran ini. Ini membantu untuk membuat ketakutan tertidur karena kamu tidak khawatir kehilangan pekerjaan atau di PHK karena imbas dari perampingan perusahaan.

Apabila kamu tidak punya kekhawatiran tentang masalah keuangan yang akan datang, penghasilan pasif juga meningkatkan vitalitas fisik. Kamu bisa memiliki lebih banyak energi dan lebih termotivasi meraih lebih banyak karena pendapatan pasif juga membantu membangun momentum keuangan yang sangat penting dalam kehidupan.

3. Memungkinkan Mengejar Hal-Hal yang Disukai

Semua orang pastinya memiliki hal-hal yang sangat disukai dalam hidup. Entah itu seni, bermusik, ataupun hobi jalan-jalan.

Kamu bisa memanjakan fantasi tersebut saat pendapatan pasif membebaskanmu dari hutang yang menambatkan pada siklus pembayaran yang seolah tidak pernah berakhir. Ini juga membebaskan kamu untuk menghasilkan pendapatan aktif dengan mengikuti kata hatimu.

Kamu Boleh Punya Utang, Asalkan…

Tidak masalah apa saja yang kamu sukai, bisa dilakukan. Jika kamu ingin mengikuti kelas bahasa selama beberapa minggu dan belajar penuh waktu, bisa.

Bila ingin pergi berkemah bersama anak-anak Anda selama seminggu penuh, kamu bisa melakukannya. Kamu tidak perlu khawatir untuk izin sakit terlebih dahulu atau mengambil cuti dari pekerjaan.

Ini adalah mimpi banyak orang di luar sana yang bangun setiap hari karena harus terjebak dengan pekerjaan yang sama berulang-ulang yang membuat mereka bosan.

4. Memberikan Kamu Kemampuan Hidup dan Bekerja Dari Mana Saja

Banyak orang memiliki hasrat untuk melakukan perjalanan keliling dunia. Melihat hal-hal baru. Atau istilahnya adalah traveling. Tapi masalah dengan traveling ini, bagi kebanyakan orang, adalah sifatnya yang sementara. Ini adalah kebahagiaan sesaat yang tampaknya datang dan pergi terlalu cepat.

Bila Anda memiliki penghasilan pasif, kamu bisa melakukan traveling sesuai keinginanmui. Bahkan, kamu dapat menuju ke kota seperti Mekah, Madinah, London, Bangkok, Berlin, Lombok, Bali, atau tempat lain di planet ini, tinggal menetap dan bekerja.

Jadi, pilihan mana yang ingin kamu capai dengan pendapatan pasif? Sudahkah kamu merencanakan memiliki pendapatan pasif?

Salah satu cara yang bisa kamu lalukan untuk mendapatkan penghasilan pasif adalah dengan melakukan investasi. Ada banyak pilihan investasi yang bisa kamu coba saat ini, yang tengah naik daun kali ini adalah peer to peer (P2P) Lending.

P2P Lending adalah perusahaan investasi yang menghubungkan investor dengan peminjam melalui suatu platform online. Investor dan peminjam akan diikat melalui suatu perjanjian atau akad. Umumnya peminjam mendapatkan modal atau dana dan investor mendapatkan keuntungan atau bagi hasil berdasarkan perjanjian tadi.

Amartha merupakan P2P Lending yang bisa kamu pilih. Pasalnya, Amartha sudah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga transaksi investasi dijamin aman. Amartha juga menawarkan keuntungan atau bagi hasil hingga 15% flat per tahun yang dibayarkan setiap minggunya.

Tertarik berinvestasi di Amartha? Pelajari selengkapnya di www.amartha.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *