Ketika Penghasilan Pasangan Lebih Besar. Apa yang Harus Dilakukan?

1 min read

Ketika Penghasilan Pasangan Lebih Besar. Apa yang Harus Dilakukan?

Dalam berumah tangga, uang kerap menjadi persoalan yang diperdebatkan. Apalagi, jika suami istri yang sama-sama bekerja dan memiliki gaji tiap bulannya.

Masalah akan timbul ketika salah satu di antara pasangan tersebut, terutama istri punya penghasilan lebih besar.

Jika sudah begini, lantas apa yang harus dilakukan? Berikut ini tips-tipsnya!

4 Tips Yang Harus Dilakukan Ketika Penghasilan Pasangan Lebih Besar

1. Tidak Perlu Merasa Minder

Terkadang ketika gaji pasanganmu, terutama istri lebih besar, para suami merasa minder. Hal ini jelas harus dihindari karena jika dibiarkan secara terus-menerus maka akan mengganggu komunikasi pasangan dan berdampak pada kehidupan rumah tangga ke depannya. Oleh karena itu,sebaiknya pasangan melakukan komunikasi dua arah secara intens.

Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Urusan Finansial Rumah Tangga

Kamu pun sebaiknya mengatasi masalah ini sedini mungkin. Dengan adanya komunikasi dua arah yang intens, kondisi keuangan dalam keluarga akan berjalan dengan baik.

Suami pun tidak lagi merasa canggung dan minder lagi karena pada dasarnya kehidupan rumah tangga dan segala urusan keuangannya adalah satu kesatuan. Baik suami maupun istri harus saling mendukung satu sama lain.

2. Kembali Pada Komitmen Berbagai Peran

Jika komunikasi dua arah sudah berjalan, maka kembali ke komitmen berbagi peran menjadi hal penting berikutnya yang harus segera dilakukan. Apalagi, kamu masih merasa resah akibat gaji pasangan lebih besar.

Masalah ekonomi memang terbukti menjadi penyebab pertama terbesar pasangan suami istri yang cekcok, bahkan berakhir bercerai. Namun, bukan berarti tak bisa diatasi. Dan, untuk bisa mengatasinya, kembali mulai ke awal adalah langkah yang terbaik.

3. Berkomitmen Agar Semua Keputusan Tetap Diambil Bersama

Dalam kehidupan berumah tangga, hendaknya setiap keputusan yang diambil haruslah berdasarkan keputusan bersama. Termasuk dalam hal bijak mengelola gaji setiap bulannya. Kamu sebaiknya jangan sungkan untuk membicarakan soal ini sejak awal dan bersikaplah terbuka. Cara ini bertujuan untuk mengetahui dan bagaimana mengalokasikan gaji untuk kebutuhan sehari-hari.

Buatlah rencana keuangan yang matang dengan menjadi tim yang bisa diandalkan dalam rumah tangga. Tentukan pula siapa yang menjadi bendahara untuk mengatur keuangan bersama. Di kondisi ini, tentunya kamu harus melupakan gaji siapa yang paling besar.

Mengenal Couple Married Wallet dan Fungsinya untuk Manajemen Rumah Tangga Paska Menikah

Tanpa adanya bendahara dalam keluarga, akan membuat pengeluaran sulit terkontrol. Kemudian, saat mengeluarkan anggaran, kamu harus membahasnya bersama, misalnya anggaran untuk membeli mobil baru atau keperluan lainnya.

4. Tidak Ada Salahnya untuk Mencari Penghasilan Tambahan

Melihat gaji pasangan yang lebih, tentu bukanlah halangan dan hambatan bagi kamu untuk bekerja lebih giat. Bila gaji dari pekerjaan utama dirasa belum mencukupi, kamu juga bisa mencari penghasilan tambahan.

Mencari penghasilan tambahan dapat dilakukan dengan berwirausaha atau melakukan investasi. Keduanya tentu memiliki risikonya masing-masing seperti wirausaha ada kemungkinan produk atau jasa tidak laku. Langkah yang cukup mudah adalah investasi namun perlu selektif akan instrumen investasi yang dipilih.

Namun, perlu diingat sebelum kamu mencari penghasilan tambahan, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan. Jangan sampai kamu memiliki penghasilan tambahan tanpa sepengetahuan pasangan.

Pada dasarnya, masalah perbedaan gaji yang dimiliki antara suami dan istri bukanlah persoalan yang berat dihadapi dalam berumah tangga. Apalagi, jika persoalan ini telah dibahas dan didiskusikan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *