Kartu Prakerja Kembali Dibuka, Ini Syarat Pendaftarannya!

1 min read

Kartu Prakerja Kembali Dibuka, Ini Syarat Pendaftarannya!

Pemerintah kembali membuka pendaftaran Prakerja Gelombang 12 mulai hari ini (23/02). Di gelombang kali ini, pemerintah menargetkan 600 peserta dapat berpartisipasi. 

Sebagai informasi, Prakerja merupakan salah satu program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Peserta Prakerja akan diberikan insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu setiap bulannya selama 4 bulan dengan total insentif pasca pelatihan sebesar Rp2,4 juta, dan insentif survei Rp50 ribu tiap kali satu survei dengan total tiga kali survei. 

Sama seperti tahun sebelumnya, peserta yang ingin mendaftar wajib memenuhi kriteria sebagai berikut, yaitu WNI yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal. Selain itu, penerima Kartu Prakerja dibatasi maksimal hanya dua anggota keluarga per Kartu Keluarga (KK). 

Syarat Pendaftaran Prakerja Gelombang 12

Bagi kamu yang masuk dalam kriteria pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12, kamu bisa melakukan pendaftaran dengan syarat sebagai berikut:

  1. Peserta membuat akun melalui laman www.prakerja.go.id. Setelah berhasil mendaftar akun, peserta harus memverifikasi sejumlah data seperti KTP, mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik tombol berikutnya.
  2. Setelah lolos verifikasi NIK, peserta harus melengkapi data diri dan mengunggah foto KTP. Selanjutnya, peserta melakukan verifikasi nomor handphone dengan memasukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS dan klik verifikasi.
  3. Peserta diminta untuk mengisi sejumlah pernyataan.
  4. Calon peserta akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi oleh pihak PMO. Pilih gelombang yang kamu inginkan disesuaikan dengan domisili kamu, lalu klik gabung.
    Setelah mengisi gelombang, akan muncul persetujuan Kartu Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Peserta harus klik kolom saya menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.
  5. Peserta yang lolos bisa memilih jenis pelatihan melalui platform digital mitra kartu prakerja.
  6. Usai merampungkan pelatihan, setiap peserta akan diberikan sertifikat elektronik.
  7. Peserta akan menerima insentif pasca pelatihan seperti yang telah dijelaskan di atas dan diberikan secara non tunai melalui rekening bank atau dompet elektronik. 

Itulah tujuh syarat mendaftar Prakerja di Gelombang 12 tahun 2021. Kesempatan ini harus digunakan dengan sebaik-baiknya untuk menambah atau memperdalam skill yang kamu miliki. Pasalnya, ilmu tersebut dapat berguna saat kamu mendaftarkan pekerjaan nanti, menekuni hobi, ataupun membuka usaha.

Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *