Jenis-Jenis Asuransi yang Wajib Kamu Ketahui!

1 min read

Jenis-Jenis Asuransi yang Wajib Kamu Ketahui!

Hingga saat ini, banyak masyarakat di Indonesia yang masih belum mengerti pentingnya memiliki asuransi. Padahal, asuransi punya banyak manfaat, terutama untuk memberikan proteksi dari risiko-risiko buruk yang mungkin terjadi seperti banjir, kebanjiran, kebakaran, kecelakaan, dan lain-lain.

Untuk melindungi para pemegang polisnya, berbagai perusahaan asuransi pun memperluas perlindungan dalam berbagai aspek. Pada akhirnya, jenis-jenis asuransi yang ada jadi semakin berkembang sesuai kebutuhan masyarakat. Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi yang memudahkan dan wajib kamu tahu:

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jenis ini bertujuan untuk memberikan perlindungan finansial apabila pihak tertanggung meninggal dunia. Namun, ada beberapa penyedia layanan asuransi yang mengembalikan dana pihak tertanggung sebelum kematiannya, dan sebagian besar lainnya memberikan dananya setelah pihak tertanggung meninggal dunia.

Asuransi jiwa juga dapat didaftarkan untuk orang ketiga, dan asuransi jiwa termasuk salah satu jenis asuransi yang paling penting karena akan menjamin kehidupan keluarga pihak tertanggung setelah orang yang telah diasuransikan meninggal dunia.

2. Asuransi Properti

Sebagai aset yang berharga, properti merupakan salah satu aset yang tentunya membutuhkan perlindungan asuransi. Jenis asuransi yang satu ini akan memberikan perlindungan terhadap kehilangan atau kerusakan yang mungkin terjadi pada barang-barang tertentu di properti milik pribadi tertanggung.

Asuransi property juga memberikan keringanan apabila properti tertanggung terdampak musibah seperti kebakaran atau kebanjiran.

3. Asuransi Kesehatan

Selain asuransi jiwa, jenis asuransi yang satu ini juga cukup familiar dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan pemerintah Indonesia telah mewajibkan seluruh penduduk untuk memiliki asuransi kesehatan plat merah, yakni BPJS Kesehatan.

Pada dasarnya, asuransi kesehatan akan menanggung biaya proses perawatan jika tertanggung sakit. Setiap produk asuransi memiliki cakupan penyakit yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan kamu memilih produk asuransi kesehatan yang memiliki cakupan yang luas.

4. Asuransi Kendaraan  

Asuransi kendaraan dapat memberikan proteksi akan cedera atau kerusakan kendaraan orang lain yang diakibatkan oleh kendaraan pihak tertanggung. Asuransi kendaraan juga akan mengganti kerugian akibat rusaknya atau hilangnya kendaraan pihak tertanggung.

Jenis asuransi kendaraan terbagi menjadi dua, yaitu perlindungan untuk kehilangan saja (total loss) atau untuk semua risiko (all-risk). Umumnya, asuransi kendaraan bermotor hanya bisa untuk kehilangan saja (total loss), dan perlindungan semua risiko (all-risk) berlaku hanya untuk mobil.

5. Asuransi Perjalanan

Terakhir ini adalah asuransi perjalanan. Asuransi jenis ini akan akan memberikan proteksi kepada nasabah dengan jangka waktu pendek yaitu selama pembeli premi melakukan perjalanan hingga kembali pulang.

Jadi, jika kamu berencana travelling dengan jarak yang cukup jauh dan membeli asuransi perjalanan sebelum berangkat, maka akan mendapatkan proteksi berupa penanggungan biaya untuk kecelakaan yang mungkin menimpamu.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan santunan kecelakaan pribadi, biaya pengobatan darurat, pemulangan jenazah, evakuasi medis, hingga perlindungan barang bawaan jika hilang ataupun rusak selama perjalanan. 

Well, selain memiliki asuransi, investasi merupakan hal penting yang dimiliki untuk jaminan di masa depan. Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *