Jadwal Penerbitan SBN Ritel di Tahun 2021 | Timeslib

1 min read

Jadwal Penerbitan SBN Ritel di Tahun 2021 | KlikCair

Waktu baca: 2 menit

Pemerintah akan menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) ritel di tahun 2021. Hal ini menjadi kabar baik bagi para investor. Sebab, SBN menjadi alternatif instrumen investasi yang aman, terjangkau, mudah, dan menguntungkan. Bahkan, selain itu, dengan berinvestasi melalui SBN, maka dapat membantu membangun negeri.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mulai berinvestasi melalui SBN ritel ada kabar baik. Dilansir dari situs Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, jenis SBN ritel yang diterbitkan sepanjang tahun 2021 terdiri dari seri konvensional atau Surat Utang Negara (SUN), Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST), Sukuk Ritel (SR) dan Obligasi Negara Ritel (ORI).

Berikut ini jadwal lengkap penerbitan SBN ritel di tahun 2021 yang perlu diketahui investor.

Jadwal Penerbitan SBN Ritel Konvensional

No Seri Masa Penawaran Setelmen
1 ORI019 26 Januari – 18 Februari 2021 24 Februari 2021
2 SBR010 21 Juni – 15 Juli 2021 22 Juli 2021
3 ORI020 27 September – 20 Oktober 2021 27 Oktober 2021

Jadwal Penerbitan SBN Ritel Syariah

No Seri Masa Penawaran Setelmen
1 SR-014 26 Februari – 17 Maret 2021 24 Maret 2021
2 SR-015 27 Agustus – 15 September 2021 22 September 2021
3 ST008 1 – 17 November 2021 24 November 2021

Itulah jadwal penerbitan SBN ritel di tahun 2021. Nah, bagi kamu yang belum tahu cara membelinya, berikut tahapan-tahapannya yang perlu diketahui.

Baca juga: Investasi Surat Utang Mulai dari 1 Jutaan yang Perlu Diketahui

Tentukan salah satu mitra distribusi SBN ritel

Ada beberapa mitra distribusi SBN ritel yang tersedia. Bank ternama di Indonesia hingga platform investasi terpercaya seperti bareksa.com menjadi mitra distribusinya. Untuk melihat daftar mitra distribusi SBN ritel, kamu bisa kunjungi situs https://www.kemenkeu.go.id/.

Registrasi

Setelah memilih salah satu mitra distribusnya, langkah selanjutnya ialah melakukan registrasi. Biasanya registrasi dilakukan setiap saat bahkan sebelum masa penawaran SBN ritel dibuka.

Untuk melakukan registrasi, calon investor bisa mendaftarkan diri pada sistem elektronik yang disediakan oleh mitra distribusi (midis) dengan menginput beberapa data di antaranya ialah data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor rekening dana dan nomor rekening surat berharga. Jika kamu belum punya atau memiliki nomor SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, silakan hubungi midis.

Pemesanan

Setelah selesai melakukan registrasi, kamu bisa melakukan pemesanan SBN ritel. Jangan lupa untuk membaca ketentuan dalam memorandum informasi terlebih dahulu ya. Perlu diingat nih TemanKlik, pemesanan bisa dilakukan hanya saat masa penawaran masing-masing SBN dimulai.

Pembayaran

Setelah pemesanan yang dilakukan sudah diverifikasi, kamu akan mendapatkan kode pembayaran atau billing code melalui email/sms sesuai kebijakan dari masing-masing midis. Kode tersebut digunakan untuk menyetorkan dana investasi dalam batas waktu yang sudah ditentukan.

Konfirmasi

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan notifikasi completed order serta akan mendapatkan alokasi SBN ritel pada tanggal penerbitan. Setelah itu, investor bisa meminta bukti konfirmasi kepemilikan masing-masing SBN kepada midis.

Demikian cara memesan SBN ritel di tahun 2021 yang perlu diketahui oleh investor pemula. Pastikan untuk menggali informasi lebih dalam terkait tiap-tiap seri SBN ritel di situs resmi Kementerian Keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *