Intip Peluang Bisnis 2021 Prediksi Para Pakar Ekonomi | Timeslib

7 min read

Intip Peluang Bisnis 2021 Prediksi Para Pakar Ekonomi | KlikCair

Waktu baca: 8 menit

Berbicara terkait dengan peluang bisnis 2021 maka tidak akan pernah lepas dengan era new normal atau kebiasaan baru. Masih diberlakukannya protokol kesehatan, sudah pasti akan menciptakan perilaku bisnis yang berbeda. Sebagai pebisnis, Anda harus paham betul dengan hal seperti ini. 

Ide bisnis bisa datang dari mana saja. Namun inspirasi sendiri terkadang hadir dalam bentuk ide-ide kecil. Itulah pentingnya mencatat semua ide-ide tadi. Takutnya jika tidak segera dicatat maka akan hilang begitu saja.  

Meskipun kelihatannya mudah dilakukan, realitanya justru sangat berbeda. Yang terjadi justru sebaliknya. Banyak yang justru hanya mengikuti trend bisnis yang baru booming. Perilaku seperti ini memang tidak 100% salah. Namun bisa dibilang kurang bijak. 

Cara Melihat Peluang Bisnis

Melihat peluang bisnis bukanlah perkara yang mudah dilakukan. Namun bukan juga perkara yang sulit dilakukan. Asalkan tahu strateginya, melihat peluang usaha sebenarnya hal yang cukup mudah. 

Untuk melihat peluang usaha ini, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah melihat peluang bisnis dari diri sendiri. Dan yang kedua adalah melihat peluang bisnis dari lingkungan sekitar. 

Melihat Peluang Bisnis dari Diri Sendiri 

Temukan peluang bisnis baru. Photo by Pixabay

Banyak yang masih belum menyadarinya jika peluang usaha bisa dilihat dari kehidupan pribadinya. Dengan catatan tahu bagaimana cara menemukan potensi tersebut. Misalnya saja seperti: 

Dari Masalah yang Sering Dialami

Ide bisnis sebenarnya bisa terlahir dari beragam masalah yang sering dialaminya. Pada saat Anda mencari solusi tersebut, tanpa disadari sebenarnya Anda sedang mencari ide bisnis. 

Dari Keahlian yang Dimiliki 

Ide bisnis pun bisa datang dari keahlian yang dimiliki. Ingat, sudah banyak orang yang sukses mengubah keahliannya menjadi sebuah peluang bisnis. Misalnya saja untuk orang yang memiliki keahlian memasak, maka bisa membuka usaha katering.

Dari Hobi   

Ide bisnis pun bisa datang dari hobi Anda. Misalnya Anda merupakan penyuka tanaman hias. Mungkin bisa mulai berbisnis tanaman hias yang selama 2020 ini sangat booming. Atau mungkin Anda merupakan penyuka ikan hias. Mungkin bisa membuka usaha jual beli ikan hias. 

Ingat, ide bisnis bisa datang dari mana saja. Termasuk dari diri Anda sendiri. Itulah kenapa penting untuk terus menggali potensi yang sekarang Anda miliki. Maka dijamin akan ada cukup banyak ide bisnis yang muncul. Salah satu cara membaca peluang bisnis 2021 yang bisa Anda coba terapkan. 

Melihat Peluang Bisnis dari Lingkungan Sekitar

belajar affiliate marketing gratis
Melihat peluang bisnis dari lingkungan sekitar. Photo by @adeolueletu

Membaca peluang usaha pun bisa melalui lingkungan yang ada di sekitar Anda. Lingkungan sekitar bisa menjadi inspirasi terbaik untuk mencari ide bisnis. Nah, dalam hal ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya seperti: 

Bertemu dengan Banyak Orang 

Mungkin hal ini terlihat biasa-biasa saja. Namun jangan menilai seperti itu terlebih dahulu. Ternyata bertemu dengan orang dari berbagai komunitas serta latar belakang yang berbeda-beda ternyata bisa mendatangkan ide bisnis. 

Melihat Bagaimana Cara Pebisnis Lain Menemukan Ide Bisnis 

Untuk mencari ide usaha, Anda pun bisa belajar dari pebisnis lain yang sudah sukses. Tetapi dalam hal ini Anda tidak lantar mencontoh bentuk bisnisnya. Namun melihat bagaimana cara pebisnis tersebut dalam menemukan ide bisnis. Caranya adalah dengan membaca kisah perjalanan bisnis para pebisnis tersebut. 

Mengamati Problem Lingkungan 

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengamati problem yang ada di lingkungan Anda. Buatlah penelitian kecil-kecilan lalu cari solusi dari problem tersebut. Nanti akan ada cukup banyak inspirasi bisnis yang akan Anda temukan. 

Selain menggali potensi yang Anda miliki, ide bisnis bisa datang dari lingkungan yang ada di sekitar Anda. Itulah kenapa selalu disarankan untuk melakukan reset kecil-kecilan jika sudah berkaitan dengan membaca peluang bisnis. Termasuk pada saat Anda ingin melihat peluang bisnis 2021. 

Peluang Bisnis Terbaik 2021 Ala Sri Mulyani

Peluang bisnis menurut Sri Mulyani. Photo by Indonesia.go.id

Selama pandemi COVID-19, harus diakui jika ada cukup banyak usaha yang mengalami kerugian. Bahkan cukup banyak juga yang sampai gulung tikar. Kondisi ini pun dialami oleh berbagai sektor usaha. Mulai dari pariwisata dan turunannya, UMKM, bahkan industri berskala besar pun terkena dampaknya. 

Imbasnya sudah pasti ada cukup banyak pekerja yang dirumahkan. Bahkan banyak juga yang sampai terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Namun dari pada pusing memikirkan itu semua, kenapa Anda tidak mencoba hal yang baru. 

Ingat, hidup harus terus berjalan. Jangan hanya karena situasi yang kurang menentu ini Anda justru menyerah. Salah satu yang bisa dilakukan adalah membangun kerajaan bisnis sendiri. 

Nah, untuk Anda yang ada niatan melakukan hal ini, mungkin tips dari Menteri Keuangan ini bisa Anda terapkan. Sri Mulyani Indrawati dalam beberapa kesempatan membagikan tips usaha yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk mereka yang ingin membuka usaha di tahun 2021 ini. 

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis 2021 yang diprediksi bakal menggeliat lagi menurut Sri Mulyani: 

Usaha Kuliner 

Menurut Sri Mulyani, bisnis yang diprediksi bakal menggeliat tinggi lagi di tahun 2021 ini adalah bisnis-bisnis yang selama pandemi terkena dampak yang cukup signifikan. Salah satunya adalah usaha di bidang kuliner. 

Kondisi ini pastinya bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan saat ini Pemerintah sudah berhasil membawa vaksin COVID-19. Kenapa? Adanya vaksin ini bisa menjadi game changer. Artinya jika vaksin sudah ada maka masyarakat pun akan memiliki confident lagi. Akhirnya secara bertahap aktivitas masyarakat pun akan kembali normal. 

Apalagi usaha di bidang kuliner jika harus jujur sebenarnya tidak menurun selama pandemi ini. Hanya saja cara transaksi yang dilakukan menjadi berubah. Nah, inilah yang harus dipikirkan para pengusaha sekarang. 

Makanan dan Minuman

Usaha makanan dan minuman selama masa pandemi ini pun bisa dikatakan menerima dampak yang cukup besar. Namun diprediksi pada tahun 2021 ini pun akan mengalami peningkatan dengan cepat. 

Terlebih makanan dan minuman merupakan jenis dari kebutuhan primer. Meskipun untuk strategi bisnisnya mungkin akan berbeda. Apalagi tahun 2021 ini bisa dikatakan sebagai tahun transisi antara budaya lama ke budaya baru. 

Akomodasi Hotel dan Restoran

Peluang bisnis 2021 yang diprediksi akan sangat cerah berikutnya adalah akomodasi hotel dan restoran. Salah satu sektor bisnis yang selama masa pandemi kemarin terkena dampak yang sangat serius. Utamanya akomodasi hotel. 

Apalagi kini Pemerintah dengan serius sudah menempuh berbagai cara lewat berbagai kebijakannya agar kedua sektor bisnis ini tidak mati suri lagi. Oleh sebab itu sangat layak untuk dipertimbangkan sebagai pilihan usaha di tahun 2021 ini. 

EO (Event Organizer)

EO atau Event Organizer pun diprediksi bakal kinclong lagi di tahun 2021 ini. Dan untuk saat ini hal tersebut sudah mulai memperlihatkan tanda-tanda kebangkitannya. Namun untuk Anda yang memilih bisnis jenis ini, ada hal pokok yang harus diperhatikan betul.

EO sekarang ini harus cerdas dan tepat dalam mengombinasikan dengan suasana baru atau budaya baru. Artinya secara konsep harus ada beberapa perubahan. Contohnya paling sederhananya adalah menerapkan fisik dan zoom. 

Artinya harus tetap berpedoman pada protokol kesehatan. Harus diingat juga jika hingga detik ini pandemi COVID-19 belum lah usai. Meskipun Pemerintah sudah berhasil mendatangkan vaksinnya sekalipun. 

Namun harus diingat jika baru sebagian saja masyarakat Indonesia yang menerima vaksin. Artinya di luaran sana masih ada cukup banyak yang belum menerima vaksin. Itulah kenapa menjadi penting untuk mengombinasi suasana baru. 

Misalnya saja jika undangan yang disebar berjumlah 200 orang, maka bisa yang datang ke acara 50 dan yang 150 melalui zoom. Artinya akan ada banyak hal baru yang harus disesuaikan oleh para pelaku bisnis di bidang EO ini. 

Coaching Clinic

Peluang bisnis 2021 lainnya yang diprediksi akan tumbuh pesat adalah coaching clinic atau pemberian pelatihan. Namun untuk metodenya akan sangat berbeda. Sebab rata-rata akan dilakukan lewat virtual alias online

Apalagi dengan masih diberlakukannya sosial distancing, maka strategi inilah yang dirasa paling memungkinkan. Yang harus dipikirkan sekarang adalah mencari formula paling tepat dan efektif saat melakukan coaching clinic secara virtual ini. 

Saham 

Investasi saham juga bisa menjadi pilihan bisnis terbaik di tahun 2021 ini. Meskipun demikian, Anda sebaiknya harus lebih teliti lagi saat membeli saham. Ada baiknya untuk memilih instrumen investasi yang secara risiko bisa Anda kelola. 

Jangan justru hanya memburu yang sekilas bisa mendatangkan keuntungan besar dan cepat. Justru dari sisi keamanan investasi Anda kesampingkan. Dengan demikian, investasi saham bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat di tahun 2021. 

Peluang Bisnis Terbaik 2021 Ala TOM MC Ifle

Peluang bisnis ala TOM MC Ifle. Photo by Coaching Indonesia

Rekomendasi peluang bisnis 2021 dari Tom MC Ifle ini pun layak untuk dijadikan bahan pertimbangan. Utamanya untuk Anda yang masih bimbang memilih ide bisnis yang tepat di tahun ini. Tom sendiri merupakan seorang pakar Kewirausahaan dan Motivator.  

Nah, berikut ini adalah beberapa peluang bisnis yang diyakini akan berjaya di tahun 2021. Diantaranya adalah: 

Drop Shipper 

Menurut Tom, peluang bisnis harus dilihat dari siapa yang ingin mulai bisnis. Misalnya Anda merupakan orang yang memiliki kemampuan bagus untuk jualan lewat platform digital. Maka di tahun 2021 ini Anda bisa memilih bisnis jenis ini. 

Sebab bisa dipastikan bisnis ini masih akan berjaya di tahun ini. Tren contactless adalah penyebab utamanya. Kini masyarakat lebih suka belanja melalui platform digital seperti halnya e-commerce. Jika dibandingkan harus datang langsung ke toko ritel. 

Nah, dalam hal ini Anda bisa memilih menjadi seorang drop shipper. Apalagi untuk menjadi sorang drop shipper pun mudah dijalankan. Tugas Anda hanya perlu mencari vendor barang yang saat ini tengah banyak dicari. Setelah itu hanya tinggal memesankannya untuk para pembeli. 

Nantinya barang pesanan akan dikirim oleh penjual ke pembeli. Artinya posisi Anda hanya sebagai perantara. Apalagi kini ada cukup banyak media promosi yang bisa dipilih. Bisa lewat media sosial atau grup WhatsApp pun kini sudah sering digunakan.

Startup Digital  

Usaha rintisan di sektor digital ini menurut Tom juga akan tumbuh pesat di tahun 2021 ini. Salah satu peluang bisnis 2021 yang layak untuk dijadikan sebagai pilihan. Meskipun demikian, ada catatan penting yang harus diperhatikan betul. 

Catatan tersebut adalah berkaitan dengan tren pemanfaatan teknologi ke depan. Harus Anda ketahui jika kedepannya tren pemanfaatan teknologi akan berubah. Pemanfaatan teknologi ke depan lebih ke pengkombinasian bisnis offline dengan dukungan sistem online. Dalam hal ini inovasi dari platform digital akan menjadi lebih spesifik lagi.

Industri Kreatif  

Di tahun 2021 ini, industri kreatif juga diprediksi bakal semakin naik daun. Dalam hal ini desain web atau digital agency di klaim memiliki peluang bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan besar. 

Statement tadi pun bukan tanpa dasar. Alasannya kini mulai banyak seminar maupun workshop yang penyelenggaraannya lewat platform digital. Sayangnya saat ini sebagian besar masyarakat masih cukup banyak yang belum menguasai platform yang tersedia. Namun ini hanya masalah waktu saja. 

Bisnis Rumahan Paling Menguntungkan modal Kecil di 2021

Bisnis rumahan modal kecil. Photo by @taylorgsimpson

Pemerintah saat ini kembali lagi memberlakukan PSBB di beberapa daerah. Hal ini dikarenakan angka yang tertular virus corona justru semakin meningkat. Apalagi pada awal bulan Januari 2021. Selepas adanya libur panjang natal dan tahun baru. 

Itulah fakta yang harus diterima seluruh masyarakat Indonesia. Hingga detik ini pandemi COVID-19 belumlah usai. Apalagi kini dikatakan jika ada virus corona jenis baru yang muncul. Tugas Anda sekarang adalah selalu taati protokol kesehatan. 

Selain itu selalu berpikir positif adalah hal terpenting lain yang harus dilakukan. Jangan justru Anda stress memikirkan keadaan yang terjadi saat ini. Ingat, stress justru bisa melemahkan imunitas dalam tubuh. Dan ini sangat berbahaya terutama di tengah ancaman virus corona. 

Di sisi lain, Anda harus memutar otak agar bisa tetap survive di masa pandemi ini. Sebab pola pikir eksploratif adalah kunci supaya kegiatan bisnis terus bertahan di tengah ketidak pastian seperti ini. 

Namun untuk Anda yang ingin mencoba usaha baru di tahun 2021 ini, jenis usaha rumahan ini mungkin cocok untuk dipertimbangkan. Selain butuh modal kecil, termasuk jenis bisnis yang diprediksi akan cepat berkembang.  

Bisnis Bibit Tanaman 

Berkebun atau bercocok tanaman di pekarangan rumah menjadi kegiatan yang banyak di pilih selama pandemi ini. Jika memang seperti itu, kenapa Anda tidak mencoba mengambil peluang ini. Jadikan kebiasaan baru ini sebagai peluang bisnis. 

Selain bisnis bibit tanaman, Anda pun bisa menambahnya dengan jualan tanaman hias. Bisnis tanaman hias pun menjadi sangat prestise selama tahun 2020 kemarin. Dan diprediksi masih akan menjadi jenis bisnis terbaik di tahun 2021 ini. 

Minuman Herbal 

Ingat, peluang bisnis 2021 harus Anda cari. Sebab ide bisnis tidak datang begitu saja. Di atas tadi pun sudah disinggung jika ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menemukan ide bisnis. 

Salah satunya adalah dengan melihat problematika yang serang terjadi di masyarakat. Itulah kenapa dalam hal ini bisnis minuman herbal sangat direkomendasikan. Dan diprediksi akan menjadi salah satu bisnis yang bakal booming di tahun ini. 

Di tengah pandemi seperti ini, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh adalah sesuatu yang harus dilakukan. Bahkan bisa dikatakan tidak bisa ditawar lagi. Mungkin sebagian orang lebih memilih vitamin atau suplemen. 

Namun di luaran saja ada lebih banyak yang memilih minuman herbal. Artinya Anda harus melirik peluang bisnis yang satu ini. Dalam hal ini Anda bisa merintis bisnis minuman herbal yang berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh. 

Berbicara mengenai peluang bisnis terbaik 2021, sudah pasti akan selalu berbicara juga terkait dengan kebiasaan baru atau new normal. Semoga ulasan singkat tentang peluang bisnis 2021 ini bisa sedikit memberikan pencerahan untuk Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *