Ide Bisnis Pandemi Paling Menjanjikan dan Persiapannya | Timeslib

2 min read

Ide Bisnis Pandemi Paling Menjanjikan dan Persiapannya | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Masa pandemi bukanlah penghalang untuk tetap produktif. Tak ayal, jika banyak orang mulai mencari informasi tentang ide bisnis pandemi. Karena wabah Covid-19 menyebabkan banyak bisnis kolaps.

Bahkan, banyak pekerja terkena imbas PHK. Akibatnya, angka pengangguran kian meningkat selama pandemi ini. Apakah kamu termasuk didalamnya? Jika iya, mau tak mau kamu harus mencari ide bisnis baru agar  kehidupanmu tetap berjalan.

Namun, mencari ide bisnis bukanlah perkara mudah. Wajar saja jika kamu bingung dan mengalami kebuntuan. Padahal, ide bisnis tidak akan pernah habis selama kamu terus mencari peluang dan menggali informasinya

Jadi, jangan bingung ternyata ada beberapa jenis ide bisnis menjanjikan yang dapat dijadikan pilihan. Serta, hal-hal yang perlu kamu persiapkan sebelum merintisnya. Apa saja bisnisnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

 3 Jenis Ide Bisnis Pandemi yang Menjanjikan

Ide bisnis. Photo by @adeolueletu

Tidak dipungkiri, wabah Covid-19 cukup membuat kehidupan ekonomi masyarakat terpuruk. Pasalnya, pandemi membuat banyak bisnis terpaksa berhenti beroperasi. Bahkan, kamu juga dituntut untuk banyak beraktivitas di rumah saja.

Meskipun demikian, ada 3 jenis bisnis menjanjikan yang tetap bertahan dan eksis di masa pandemi. Dan ketiga bisnis  tersebut yaitu sebagai berikut:

Sampai kapan pun bisnis pangan memang tidak ada matinya. Karena makanan selalu dibutuhkan setiap harinya. Nah, apakah kamu jago masak? Kalau iya, kamu bisa mencoba terjun ke dalam bisnis  kuliner.

Terlebih, usaha ini tidak perlu modal besar dan bisa dikerjakan dari rumah. Selain itu, kamu dapat memanfaatkan media digital untuk sarana penjualan dan pemasarannya.

Misalnya, kamu dapat membuka katering dengan sistem pre order. Jadi, kamu hanya akan memasak sesuai dengan jumlah pesanan yang kamu terima. Dengan seperti itu, risiko kerugianmu akan kecil.

Selain makanan, sektor teknologi juga dapat dijadikan pilihan ide bisnis pandemi yang tak kalah menjanjikan. Mengingat kehidupan sudah memasuki era digital. Jadi, banyak masyarakat sudah melek tekonologi.

Tak perlu bingung, banyak sekali pilihan ide bisnis di sektor teknologi ini. Misalnya, kamu bisa membuka jasa penulisan konten jika jago menulis. Selain dapat dikerjakan dari rumah, bayarannya juga lumayan.

Bukan itu saja, masih banyak usaha lainnya yang bisa dikerjakan dari rumah dengan  fee yang menggiurkan. Contohnya SEO specialist dan jasa desain grafis.

Tidak dipungkiri, usaha dalam sektor kesehatan akan moncer selama pandemi ini. Bahkan, diprediksikan tetap bertahan setelah pandemi berlalu. Pasalnya, masyarakat akan memprioritaskan kesehatan agar wabah tidak terulang lagi.

Meskipun demikian, tidak semua orang dapat berkecimpung dalam bisnis ini. Peluang usaha ini hanya direkomendasikan bagi kamu yang telah memiliki pendidikan kesehatan dan izin menjalankan usaha di bidang kesehatan.

Lantas, apa saja peluang usahanya? Banyak sekali, seperti jasa konsultasi kesehatan, jasa keperawatan, jasa katering sehat, konsultan gizi, influencer kesehatan, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Tips Memanfaatkan Peluang Usaha Bisnis Online di Era Pandemi

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis

Peluang bisnis UMKM
Persiapan bisnis. Photo by Pexels

Setiap ide memang harus direalisasikan dengan aksi nyata supaya buah pikirmu tidak berakhir sia-sia. Namun, sebelum memulainya kamu harus mempersiapkan banyak hal secara matang agar bisnismu bisa tetap langgeng dan lancar.

Langkah awal paling krusial ketika kamu memulai bisnis adalah menentukan ide. Jadi, dari ketiga ide bisnis pandemi di atas manakah yang paling cocok dengan keahlianmu?

Kemudian, buatlah perencanaan bisnis yang komprehensif yang berupa kerangka. Apa itu kerangka bisnis? Yaitu inti operasional bisnis supaya usahamu berjalan sesuai rencana.

Umumnya, kerangka bisnis yang harus dibuat setiap pebisnis pemula meliputi deskripsi bisnis, tujuan, SOP, perhitungan pengeluaran, kelebihan dalam kompetisi, target pasar, teknik pemasaran, prediksi performa keuangan, dan struktur organisasi.

Selanjutnya, kamu juga perlu menyiapkan modalnya. Pada dasarnya, aliran modal dapat kamu peroleh dari dari 3 sumber yaitu uang pribadi, pinjaman, dan menggandeng investor.

Setelah itu, buatlah sistem manajemen keuangan yang matang. Yakni dengan memisahkan keuangan bisnis dan pribadi. Caranya, dengan membuat rekening secara terpisah.

Terakhir, carilah ilmu sebanyak-banyaknya untuk memperkaya pengetahuanmu tentang bisnis yang akan kamu jalankan. Bisa melalui buku, seminar, pelatihan, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan seputar ide bisnis pandemi paling menjanjikan yang direkomendasikan untukmu. Untuk itu, pilihlah bisnis sesuai keahlianmu dan persiapkanlah segala keperluannya sebaik mungkin sebelum memulai. Tentu agar bisnismu bisa berhasil  dan sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *