Hasil Survei: 2 Tahun Lagi Ekonomi Kembali Normal

34 sec read

Hasil Survei: 2 Tahun Lagi Ekonomi Kembali Normal

Pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia hampir satu tahun. Ekonomi dunia mengalami penurunan secara serentak. Di Indonesia, kasus infeksi Covid-19 sendiri terus mengalami lonjakan yang tajam.

Melansir CNBC Indonesia, berdasarkan hasil survei yang dikeluarkan Reuters menunjukkan output perekonomian diprediksi tumbuh positif di tahun 2021.

Dalam survei yang dilakukan kepada 500 ekonom di 40 negara, hasilnya meramalkan pertumbuhan ekonomi global menyentuh angka 5,3%.

Sementara itu, produk domestik bruto (PDB) dunia direvisi yang sebelumnya hanya 3,5% menjadi 4% pada tahun ini.

Sebanyak 41% responden di berbagai negara meramal PDB global akan kembali ke level sebelum Covid-19 dalam waktu dua tahun.

Optimisme tersebut tidak terlepas dari adanya kebijakan makroekonomi yang akomodatif dengan bank sentral yang longgar dan kebijakan fiskal ekspansif.

Sementara itu, Dana Moneter Internasional atau IMF sendiri meramal ekonomi di tahun 2021 tumbuh 5,5% dan 4,1% di tahun 2022.

Pertumbuhan ekonomi ini dilatarbelakangi oleh adanya program vaksinasi masal yang mulai dilakukan.

Meskipun demikian, sebagian besar ekonom masih melihat bahwa lonjakan kasus covid yang terjadi di banyak negara masih menjadi ancaman yang serius bagi perekonomian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *