Gotong Royong, Ini 4 Situs Crowdfunding Bangun Negeri

3 min read

Gotong Royong, Ini 4 Situs Crowdfunding Bangun Negeri

Baru-baru ini, sistem crowdfunding kembali dilirik oleh masyarakat di Indonesia sebagai alternatif pendanaan untuk berbagai hal. Sebenarnya ini tidak mengejutkan karena masyarakat Indonesia sejak dulu memang dikenal cenderung punya motivasi yang tinggi untuk gotong royong dalam berbagai hal, termasuk urun dana atau crowdfunding.

Menurut Kasri dalam bukunya yang diterbitkan tahun 2013, agama diketahui sebagai faktor motivasi terkuat dalam bergotong royong seperti kegiatan urun dana atau crowdfunding. Sebagian besar orang masih percaya bahwa membantu orang lain merupakan kewajiban agama yang memiliki ajaran sejalan dengan semangat altruisme.

Hal ini juga turut didukung dengan layanan urun dana atau crowdfunding yang berbasis online karena penglikasiannya yang praktis dan instan. Awalnya, pendana semacam ini hanya berasal dari golongan menengah ke atas. Namun, semenjak munculnya layanan urun dana atau crowdfunding berbasis online, masyarakat kelas menengah dan menengah ke bawah juga dapat melakukannya tanpa jumlah minimum.

Dari sisi penggalang dana, crowdfunding merupakan solusi yang mudah dan relatif terjangkau. Jika seseorang membutuhkan modal bisnis, ia tidak lagi harus memikirkan jaminan atau keharusan membayar pinjaman dengan bunga tinggi. Untuk para pencari donasi, platform crowdfunding adalah cara mudah untuk menyebarkan kampanye penggalangan dana sekaligus menerima bantuan dana.

Secara umum, ada 3 model bisnis crowdfunding yang berkembang. Pertama, equity crowdfunding. Sebuah crowdfunder ekuitas akan menginvestasikan uang dengan imbalan kepemilikan saham perusahaan, proyek, atau usaha Anda. Jenis crowdfunding ini efektif digunakan untuk perusahaan yang memiliki potensi bisnis yang berkembang.

Kedua, reward crowdfunding. Investor akan berkontribusi pada usaha Anda dengan imbalan manfaat non-finansial yang biasanya bisa berbentuk sebuah produk atau karya. Semakin banyak investor menyumbang ke sebuah proyek, semakin besar hadiah yang akan mereka terima.

Terakhir, yaitu donation crowdfunding. Jenis crowdfunding ini dirancang untuk amal dan bukan mencari profit.

Di Indonesia, sendiri, Crowdfunding juga mulai meluas cakupannya. Ia tidak lagi bergerak di sektor pendanaan modal bisnis, tetapi juga pada donasi untuk kemanusiaan. Model ini pun juga banyak disukai sebagai alternatif dalam mengumpulkan dan memberikan donasi. Perbedaannya, di sektor ini, dana yang diberikan bukanlah pinjaman, tetapi memang 100% diperuntukkan bagi penerima donasi.

Nah, berikut ini adalah 4 situs crowdfunding yang punya semangat gotong royong membangun negeri!

1. Kitabisa.com

Situs yang satu ini nampaknya sudah dikenal oleh banyak kalangan di Indonesia, khususnya bagi yang tinggal di Jakarta. Kitabisa.com merupakan situs yang menjadi tempat bagi penyalur dana bagi orang-orang yang ingin menggalang dana. Bukan hanya itu, situs ini juga menjadi wadah penyalur dalam pengumpulan dana untuk berbagai macam keperluan lainnya seperti edukasi, bantuan kesehatan, kemanusiaan, dan projek-projek lainnya.

Namun, Kitabisa tidak memberikan janji investasi kepada para penyetor dana. Artinya, Kitabisa lebih berfokus kepada pencarian dana amal dan sukarela dengan tujuan kemanusiaan dan pendidikan dibandingkan dengan bisnis-bisnis lainnya.

Untuk jenis modal usaha ini, situs ini tidak berdiri sendiri dan melakukan kerja sama dengan lembaga crowdfunding lainnya yang bernama HIJAW milik Ivan Nanto yang dibantu dengan anggota dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Hingga saat ini, situs ini berhasil memiliki member lebih dari satu juta orang di seluruh Indonesia ini dan telah menyalurkan dana lebih dari Rp450 miliar dalam bentuk berbagai donasi dan zakat.

2. WeCare.id

Wecare.id adalah situs crowdfunding khusus untuk dana bagi pasien yang membutuhkan bantuan dana. Dikutip dari situs resminya, cara kerja WeCare.id adalah dengan melakukan konfirmasi apakah pasien benar-benar membutuhkan bantuan dana, menggalang donasi, lalu melakukan distribusi dana.

Lewat halaman tanya-jawab di websitenya, WeCare.id juga menjelaskan mengapa masih ada pasien yang membutuhkan bantuan dana meski telah ada program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dari pemerintah Indonesia.

WeCare.id ingin mendukung program tersebut karena melihat adanya keterbatasan yang terjadi, seperti biaya transportasi dan akomodasi pasien, hingga alat penunjang perawatan seperti kursi roda.

Selain itu, situs WeCare.id juga membantu pasien yang membutuhkan penanganan segera namun belum menjadi anggota BPJS, atau keanggotaan BPJS-nya menjadi tidak aktif karena kesulitan membayar iuran.

3. Kolase.com

Kolase.com merupakan situs crowdfunding yang menyajikan beragam pilihan campaign bagi pelaku industri kreatif, baik itu musisi, pegiat event, penulis buku maupun creative planner lainnya.

Kelebihan dari platform ini ialah saling menguntungkan antara kedua belah pihak yakni, campaigner dan juga booster, sebutan bagi pendukung creative planner yang membuat campaign. Adapun beberapa musisi yang sudah melakukan campaign-nya dan berhasil adalah, Tulus, Fourtwnty, Elephant Kind, Mocca, Dekat, serta beberapa musisi Tanah Air lainnya.

4. BenihBaik.com

Benihbaik.com merupakan situs dari sebuah yayasan crowdfunding yang didirikan untuk menggalang pendanaan. Dilansir dari situs resminya, yayasan ini didirikan oleh Andy Flores Noya, Khristiana Anggit Mustikaningrum, dan Firdaus Juli.

Pendirinya membangun BenihBaik sebagai bentuk perhatian pada isu-isu sosial, kemanusiaan, kebudayaan, keagamaan, dan kesejahteraan lainnya.

BenihBaik diketahui telah mendapat izin Pengumpulan Uang dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Selain itu, yayasan ini juga memiliki Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Cara kerja BenihBaik adalah melakukan kurasi campaign yang dibuat, serta melakukan verifikasi apakah penggalangan dana memang perlu untuk dilakukan.

Setelah itu, BenihBaik akan menyediakan platform donasi dengan banyak pilihan cara pengiriman uang melalui fintech atau metode lainnya. BenihBaik pernah melakukan kerja sama dengan banyak perusahaan maupun UMKM yang ada di Indonesia.

BenihBaik juga memiliki Dompet Siaga, dana yang siap disalurkan untuk orang-orang yang mendapatkan pertolongan. Berdasarkan data BenihBaik, dana yang telah terkumpul di Dompet Siaga telah mencapai lebih dari Rp 2 miliar.

Well, itulah 4 situs crowdfunding yang punya semangat gotong royong membangun negeri. Semoga informasi ini bermanfaat buatmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *