Gak Hanya Proteksi, Ini Manfaat Lain Kalau Kamu Punya Asuransi!

1 min read

Tips Pilih Asuransi Untuk Diri Sendiri

Hingga sekarang ini masih ada sebagian masyarakat yang menganggap sepele manfaat dari asuransi. Terbukti dari sikap acuh tak acuh masyarakat yang sering kali menghindar setiap kali ditanyakan mengenai kepemilikan asuransi. 

Padahal selain sebagai proteksi diri dan keluarga, asuransi juga menawarkan berbagai manfaat lain yang sangat menguntungkan dan patut diperhitungkan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari asuransi selain proteksi!

1. Dapat Dijadikan Dana Darurat

Asuransi bisa dikatakan menjadi tambahan nominal untuk dana darurat. Sebab, asuransi dapat digunakan untuk membayar pengeluaran yang tidak terduga, seperti sakit, kerusakan pada aset yang diasuransikan, dan kecelakaan.

Namun, asuransi tidak semudah dana darurat dalam penggunaannya karena kamu harus mengajukan klaim untuk mencairkan dananya. Proses klaimnya pun membutuhkan waktu yang cukup lama. Jangan lupa untuk melengkapi syarat-syarat yang dibutuhkan agar mempercepat dan memudahkan proses klaim yang kamu gunakan.

2. Sebagai Investasi dan Tabungan di Masa Depan

Dengan mendaftarkan diri sebagai nasabah pemegang polis di suatu penyedia layanan jasa asuransi, kamu juga bisa mendapatkan jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak. Asuransi yang diperuntukkan investasi juga memberikan kelonggaran dan fleksibilitas dalam memilih masa pertanggungan.

Biasanya akan ada tiga pilihan waktu masa pertanggungan nasabah pemegang polis, yakni 5, 7, dan 10 tahun. Selain itu, besarnya premi adalah premi tunggal yang relatif terjangkau dan bisa dibebaskan dari biaya administrasi.

3. Efektif Mengubah Sikap Boros

Karena premi asuransi wajib dibayarkan setiap bulan, maka kamu harus menyiapkan dana tiap bulannya. Kewajiban ini membuatmu harus menyiapkan dana dengan lebih cermat untuk mengalokasikan penghasilan sesuai pos-pos pengeluaran yang tersedia.

Jika tidak, pembayaran bulan ini akan ditagihkan pada bulan berikut-berikutnya sehingga pengeluaran membengkak. Mau tidak mau, kamu bisa belajar mengubah sikap boros agar kondisi finansial tidak terganggu.

4. Mempermudah Pencairan Pinjaman dari Bank

Untuk mendapatkan pinjaman dari bank bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, selain menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, kamu juga harus memastikan jika riwayat kredit lancar. Jika riwayat kredit bermasalah, maka pengajuan pinjaman akan sulit bahkan bisa jadi ditolak.

Nah, dengan memiliki asuransi, proses peminjaman hingga pencairannya akan lebih mudah karena asuransi bisa digunakan sebagai jaminan atas pinjaman. Jika kamu tidak mampu melunasi pinjaman, maka bank akan mengambil alih uang yang ada di asuransi.

5. Jaminan di Hari Tua

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum siap menghadapi masa pensiun karena masih kurangnya tingkat kepedulian terhadap hari tua. Maka dari itu, keinginan untuk menabung di hari tua sering tertunda.

Untung saja saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk untuk menjamin masa tua dengan biaya yang sangat beragam. Asuransi ini juga dapat dicairkan saat masa pensiun untuk membiayai kebutuhan pokok dan pengobatan di hari tua nantinya.

6. Jadi Alat Pembayar Utang

Selain menjadi sarana proteksi diri, asuransi juga bisa membantumu membayar utang yang menumpuk. Hal itu bisa memanfaatkan premi asuransi yang akan dikembalikan oleh perusahaan asuransi saat jatuh tempo.

Meski begitu, jangan terlalu bergantung dengan asuransi. Kamu harus tetap membayar cicilan secara teratur sehingga uang pengembalian premi bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Well, itulah beberapa manfaat lain dari asuransi selain proteksi. Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *