Fungsi dan Cara Mendapatkan Rekening Koran

1 min read

Fungsi dan Cara Mendapatkan Rekening Koran

Laporan berupa ringkasan dari keseluruhan proses yang terjadi dalam transaksi keuangan dari rekening tertentu disebut rekening koran.

Rekening yang dimaksud dalam pengertian tersebut meliputi rekening pribadi dan rekening perusahaan.

Informasi yang terdapat di dalamnya akan membantu pemilik rekening untuk mengetahui bagaimana alur debit maupun kredit dari rekening yang dimilikinya.

Fungsi Rekening Koran

  1. Sebagai Dasar Hukum

Laporan berupa ringkasan transaksi keuangan tersebut dapat dijadikan dasar hukum jika di kemudian hari Anda terlibat dalam perselisihan mengenai mutasi rekening. Sebab, di dalam laporan tersebut terdapat keterangan yang lengkap yang meliputi nominal serta waktu terjadinya.

2. Mengikuti Lelang

Ketika Anda ingin mengikuti sebuah lelang, di samping harus memperlihatkan SIUP, Anda juga memerlukan sebuah ringkasan atas transaksi keuangan yang terjadi pada rekening Anda. Dokumen tersebut digunakan sebagai bukti bahwa Anda memiliki sejumlah saldo untuk dapat mengikuti lelang tersebut.

3. Mengetahui Informasi Ringkas dari Transaksi yang Terjadi

Dengan melihat rekening koran, maka nasabah dapat mengetahui informasi transaksi yang terjadi pada rekeningnya dalam jangka waktu tertentu. Informasi tersebut berupa arus pada sisi debit dan kredit, biaya administrasi bank, beban bunga, serta saldo awal maupun saldo akhir.

4. Audit Keuangan Perusahaan

Laporan mengenai mutasi rekening berfungsi sebagai data rekap semua transaksi, baik berupa pemasukan maupun pengeluaran. Sehingga jika terdapat suatu kejanggalan, kemudian akan dilakukan sebuah pemeriksaan oleh pihak auditor.

5. Sebagai Bahan Penilaian Pengajuan Pinjaman

Di samping informasi berupa laporan keuangan, untuk dapat mengajukan pinjaman kepada suatu pihak juga diperlukan adanya rekening koran. Pihak kreditur akan menganalisis dokumen tersebut untuk menilai apakah kondisi keuangan Anda termasuk dalam kondisi yang sehat atau tidak.

6. Rekonsiliasi Bank

Dalam pencatatan mutasi kas, sering kali terjadi beberapa perbedaan antara catatan kas yang ada di perusahaan dengan yang ada di bank. Apabila hal tersebut terjadi, maka perlu diadakan penyesuaian saldo kas supaya dapat menunjukkan berapa nominal kas yang sebenarnya.

Cara Mendapatkan Rekening Koran

Untuk mendapatkan laporan atas transaksi yang terjadi pada rekening tabungan, Anda dapat datang langsung di bank tempat Anda menabung. Sesampainya di bank, Anda hanya perlu mengambil nomor antrian dan menunggu sejenak hingga giliran Anda untuk dilayani. 

Ketika sampai pada giliran Anda, Anda hanya perlu menyampaikan kepada customer service bahwa Anda ingin mencetak transaksi yang selama ini terjadi dalam rekening tabungan yang Anda miliki. Anda bebas memilih akan mencetak transaksi dalam kurun waktu berapa lama.

Itulah fungsi dan cara mendapatkan rekening koran. Laporan tersebut diketahui dapat membantu banyak keperluan serta mudah dalam memperolehnya. Dengan adanya laporan tersebut, Anda tak perlu khawatir akan adanya kemungkinan kesalahan pencatatan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *