Fresh Grad, Ini Lho Beda CV dan Resume

1 min read

Fresh Grad, Ini Lho Beda CV dan Resume

Saat melamar pekerjaan, hal yang penting dan tak boleh dilewatkan adalah pembuatan CV dan Resume. Banyak orang yang tak memahami ternyata terdapat perbedaan antara keduanya. Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, wajib tahu perbedaan keduanya!

Pengertian CV dan Resume

Untuk memahami perbedaan di antara keduanya, tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dasarnya. Dengan demikian, kamu jadi tidak bingung lagi apa yang harus ditulis di CV dan juga resume. Ini dia pengertian keduanya.

CV

CV merupakan singkatan dari Curriculum Vitae. Secara umum, ini merupakan dokumen yang menjelaskan data riwayat hidup. Kamu harus menjelaskan secara rinci dan dapat menggambarkan cerita kehidupan kamu. Di dalamnya terdapat informasi misalnya pengalaman hingga prestasi yang sudah kamu raih.

Tak hanya berbicara mengenai pengalaman kerja. CV juga harus diisi dengan informasi pribadi, mulai dari alamat rumah, tempat tanggal lahir serta harus dilengkapi foto terbaru. Di dalamnya juga perlu dicantumkan riwayat pendidikan. Hal ini akan membantu recruiter memahami kamu secara keseluruhan.

Resume

Sesuai namanya, resume adalah gambaran singkat mengenai diri kamu disertai dengan alasan mengapa perusahaan perlu menerima kamu di perusahaan tersebut. Secara umum, resume biasanya lebih fleksibel bila dibandingkan dengan CV.

Bila bisa disimpulkan, resume memiliki tujuan untuk mempromosikan diri kamu dan menjelaskan kemampuan yang bisa kamu lakukan. Tentu ini akan perusahaan memahami seperti apa kemampuanmu dan apakah itu cocok dengan kebutuhan perusahaan.

Perbedaan CV dan Resume

Setelah memahami pengertian dari kedua dokumen ini, kamu bisa membandingkan dan melihat perbedaan keduanya. Jangan sampai salah format karena bisa membuat perusahaan mempertanyakan kemampuanmu. CV dan resume adalah cerminan awal kemampuan dan kepribadian kamu.

  1. Beda Tujuan

Salah satu perbedaan mendasar dari keduanya adalah tujuannya. CV memiliki tujuan untuk menggambarkan kehidupan pribadi mulai dari pendidikan hingga karir yang sudah dicapai. Bisa dibilang CV adalah dokumen yang statis sehingga formatnya tidak perlu berubah.

Kamu bisa memakai CV yang sama untuk berbagai perusahaan. Sementara resume bertujuan untuk membuat kamu tampak lebih unggul dibandingkan pelamar lainnya. Kamu harus menyesuaikan isi resume dengan posisi yang akan dilamar dan melihat kebutuhan dari perusahaan itu sendiri.

2. Beda Tata Letak

Secara format, CV dan resume juga memilih perbedaan. CV merupakan dokumen yang cenderung deskriptif. Kamu harus mengikuti format kronologis. Misalnya untuk pendidikan, kamu harus menjelaskan pendidikan mulai dari SMP sampai kuliah misalnya. Begitu pula dengan pengalaman pekerjaan. Kamu harus mengurutkan pengalaman dari mulai lulus kuliah hingga sekarang.

Biasanya CV bisa dibuat dua sampai tiga halaman. Sementara resume cukup satu halaman. Tidak ada format tertentu dan kamu bisa menulis resume secara acak. Ada kebebasan penulisan sehingga kamu lebih bisa menonjolkan kelebihan dan kemampuanmu.

Bagi kamu yang baru saja lulus, jangan sampai salah dalam membuat CV dan resume. Kedua dokumen ini memang sama-sama membantu perusahaan mengenal calon karyawan. Namun, ada tujuan dan format yang berbeda dan wajib kamu ketahui. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *