Deretan Cara Menghemat Uang dengan Menerapkan Gaya Hidup Go Green

1 min read

Deretan Cara Menghemat Uang dengan Menerapkan Gaya Hidup Go Green

Global warming dan efeknya seperti kekeringan, angin topan, serta kebakaran hutan beberapa tahun belakangan ini menjadi semakin lebih masif.

Sebagian besar dari global warming ini terjadi akibat gas rumah kaca yang memerangkap panas seperti karbon dioksida ke atmosfer. Ini mungkin terjadi dari pembakaran bensin saat mengemudi, atau pembakaran minyak atau gas alam untuk memanaskan rumah serta menghasilkan listrik.

Meski begitu, setiap orang sebenarnya dapat melakukan sesuatu tentang perubahan iklim, ini adalah cara yang sederhana sekaligus juga menghemat uang. Berikut ini adalah beberapa cara termudah bagi setiap orang dalam menerapkan gaya hidup go green serta menghemat uangmu!

1. Pakai Bola Lampu LED

Sebagai informasi, penggunaan bola lampu LED menggunakan setidaknya 75% lebih sedikit energy dari lampu pijar standar dan bertahan 25 kali lebih lama. Adapun, kebutuhan rumah tangga dapat dihemat dengan mengganti hanya lima bohlam yang paling sering digunakan dengan lampu LED bersertifikasi Energy Star.

Sebagai catatan, pilih lampu LED antara 2700 dan 3000 kelvin agar mendapatkan cahaya lembut untuk penerangan. Sedangkan jika ingin memilih penerangan yang bernuansa kuning-putih, ada baiknya memakai lampu LED 4000K hingga 6500K.

2. Cabut Perangkat Elektronik yang Tidak Digunakan

Perlu kamu tahu, energi yang dikonsumsi oleh perangkat elektronik dalam mode siaga menyumbang 5% hingga 10% dari penggunaan energi rumah tangga. Karena itu, sebaiknya mencabut perangkat saat tidak digunakan atau mencolokkannya ke soket ekstensi dan mematikan soket ekstensi.

3. Gunakan Air Dingin

Menurut pakar lingkungan, menjalankan mesin pencuci piring dan mesin cuci dengan air dingin alih-alih air panas atau hangat dapat menghemat tagihan energy. Misalnya, mencuci pakaian dengan air dingin seminggu sekali dapat mengurangi emisi rumah tangga hingga lebih dari 70 pon per tahun. Hal ini setara dengan emisi dari mengendarai mobil penumpang rata-rata 80 mil.

4. Kurangi Pemakaian Plastik

Mengganti plastik sekali pakai adalah alternatif yang baik dalam menerapkan gaya hidup go green sekaligus menghemat uang.  Misalnya, kamu dapat mengganti tas ziplock dengan tas silikon, ganti botol air plastik dengan botol yang dapat digunakan kembali, serta jangan pakai sedotan plastik.

5. Beli Peralatan Elektronik yang Pemakaian Energinya Lebih Efisien

Untuk menerapkan gaya hidup go green sekaligus menghemat uang, kamu sebaiknya harus mengganti peralatan rumah tangga lama dengan pilihan hemat energi untuk membantu menurunkan tagihan listrik. Adapun, beberapa peralatan elektronik yang dapat diganti adalah lemari es, mesin pencuci piring, microwave, dan AC yang memiliki label Energy Star. Hal ini adalah rencana penghematan energi dalam jangka panjang.

Well, itulah beberapa cara termudah bagi setiap orang dalam menerapkan gaya hidup go green serta menghemat uangmu. Selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *