Daftar Lengkap Pinjaman Online Legal 2021 | Timeslib

2 min read

Daftar Lengkap Pinjaman Online Legal 2021 | KlikCair

Waktu baca: 4 menit

Belakangan ini industri fintech pendanaan atau pinjaman online sedang merebak di setiap kalangan masyarakat di Indonesia. Hal itu dikarenakan masyarakat sangat terbantu dengan adanya pinjaman online yang mencairkan pinjaman dengan proses yang tidak memakan waktu. Terlebih dengan adanya daftar pinjaman online legal 2021 yang sesuai dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Memang sekarang sudah cukup banyak pinjaman online legal OJK 2021. Namun kamu juga perlu tetap waspada TemanKlik. Karena pinjaman online ilegal tidak sedikit yang mana bisa membuatmu terjebak dengan bunga yang tinggi.

Ciri-ciri Pinjaman Online Legal

Ciri-ciri pinjaman online legal. Photo by Pixabay

Nah agar kamu lebih waspada lagi, yuk simak ciri-ciri pinjaman online yang legal sesuai dengan aturan dari OJK di bawah ini.

  • Terdaftar di OJK dan anggota AFPI
fintech ilegal dan legal
Otoritas jasa keuangan. Photo by Tribunnews

Setiap pinjaman online yang legal sudah pasti akan terdaftar dan diawasi oleh OJK. Selain itu, pinjaman online juga harus menjadi anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI). Hal itu agar aktivitas platform keuangan ini dapat diawasi dan akan diberikan sanski jika melanggar peraturan yang sudah ditentukan.

  • Ada alamat kantor, website, dan nomor telepon
Duduk di kursi
Ada kantor, website dan nomor telepon. Photo by Pexels

Pinjaman online yang legal pastinya harus memiliki alamat kantor asli, nomor telepon yang bisa dihubungi, serta website yang bisa digunakan untuk membagikan informasi ke masyarakat.

Keamanan.
Keamanan data terjamin. Photo by Pixabay

Pinjaman online yang legal harus memenuhi persyaratan di mana data dan informasi terkait lender dan borrower tidak bocor ke pihak lain. Selain itu, platform fintech ini juga tidak boleh sembarangan menggunakan data tersebut.

  • Tingkat suku bunga masih masuk akal
pinjaman modal usaha tanpa jaminan.
Suku bunga masuk akal. Photo by Pixabay

Semua pinjaman online wajib untuk memberitahukan tingkat suku bunga. Biasanya, informasi ini akan dicantumkan di website atau aplikasi.

  • Ada layanan customer service
pelayanan terbaik untuk pelanggan
Ada layanan customer service. Photo by @berkeleycommunications

Dan yang terakhir, setiap pinjaman online yang legal harus memiliki layanan customer service atau pengaduan konsumen. Hal ini agar bisa membantu masyarakat yang bertanya atau memberitahu terjadi kendala. Selain itu, layanan ini juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk platform tersebut.

Baca juga: Pinjaman Uang Online Terpercaya, Ini Kelebihan dan Keamanannya

Daftar Pinjaman Online Legal 2021

Pilih penyedia pinjaman terpercaya.
Daftar pinjaman online legal. Photo by @bernardhermant

Dilansir dari website resmi OJK, per 24 Mei 2021 ada 131 pinjaman online legal yang terdaftar. Angka ini berkurang tujuh dari pengumuman awal Mei 2021. Hal itu terjadi karena adanya pembatalan dari tanda bukti terdaftar.

Nah, agar kamu tidak salah pilih platform pinjaman online, berikut daftar lengkap pinjaman online legal 2021 yang terdaftar dan berizin di OJK.

Daftar pinjaman online atau fintech pendanaan berizin:

Danamas, Investree, Amartha, Dompet Kilat, Kimo, Toko Modal, UangTeman, Modalku, KTA Kilat, Kredit Pintar, Maucash, Finmas, KlikACC, Akseleran, Ammana.id, PinjamanGo, KoinP2P, Pohondana, Mekar, AdaKami, Esta Kapital Fintek, Kreditpro, Fintag, Rupiah Cepat, Crowdo, Indodana, Julo, Pinjamwinwin, DanaRupiah, Taralite, Pinjam Modal, Alami, Awan Tunai, Dana Kini, Singa, Dana Merdeka, Easycash, Pinjam Yuk, FinPlus, UangMe, PinjamDuit, Dana Syariah, Batumbu, Cashcepat, KlikUMKM, Pinjam Gampang, Cicil, lumbungdana, 360 KREDI, Dhanapala, Kredinesia, Pintek, ModalRakyat, SOLUSIKU, Cairin TrustIQ, KLIK KAMI

Daftar pinjaman online atau fintech pendanaan terdaftar:

Invoila, TunaiKita, iGrow, Cashwagon, GRADANA, Findaya, AKTIVAKU, KrediFazz, iTernak, KREDITO, CROWDE, TaniFund, danaIN, Indofund.id, AVANTEE, danabijak, KawanCicil, Sanders One Stop Solution, KREDIT CEPAT, Danacita, Danadidik, Danai.id, DANAMART, samakita, vestia, MODALUSAHA.ID, Asetku, danafix, LAHANSIKAM, dan Modal Nasional, DanaBagus, ShopeePayLater, UKU, gandengtang, Komunal, EMPATKALI, dan JEMBATANEMAS,
Asakita, Duha SYARIAH, qazwa, One Hope, Restock.ID, SOLUSIKU, Adapundi, Tree+, edufund, FinanKu, UATAS, dumi, Pundiku, TEMAN PRIMA, OK!P2P, DoeKu, BANTUSAKU, Timeslib, AdaModal, kontanku, ikimodal, ETHIS, dan KAPITALBOOST, PAPITUPI Syariah, Finteck Syariah, Samir, Mikro Kapital Indonesia, Optima,BBX FINTECH, CANKUL, PiNBee, Ringan, Saku Ceria, indosaku, SolusiKita, IVOJI, pinjamindo, dan KOTAKKOIN.

Demikian informasi terkait pinjaman online legal 2021 yang terdaftar di OJK. Semoga informasi ini dapat menambah wawasanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *