Cara Siasati Biaya Pendidikan untuk Kamu yang Punya Anak Kembar

1 min read

Cara Siasati Biaya Pendidikan untuk Kamu yang Punya Anak Kembar

Ketika mempunyai anak kembar tentu saja membuat Anda perlu melakukan pengaturan keuangan pendidikan yang cukup berbeda.

Biaya pendidikan semacam ini sangat penting demi memberikan masa depan gemilang bagi mereka.

Lantas, seperti apa cara terbaik menyiasati pendidikan bagi anak kembar?

Cara Siasati Biaya Pendidikan Bagi Anak Kembar 

  1. Tentukan Tempat Pendidikan Terbaik 

Guna menyiasati biaya pendidikan terbaik bagi buah hati Anda, penting terlebih dahulu menentukan tempat pendidikan mereka. Anda bisa memilih apakah si kembar akan memperoleh pendidikan di sekolah nasional, swasta maupun kelas internasional. 

Barangkali, Anda justru mau menyekolahkan mereka dengan sistem home schooling. Jika sudah menemukan standar pendidikan terbaik versi Anda, berikutnya tentukan apakah si kembar mau di sekolahkan di tempat sama atau tidak. Hal ini juga berlaku bagi jenjang perkuliahan. 

2. Carilah Informasi Besaran Biaya serta Hitungan Total Keseluruhan 

Langkah berikutnya dalam menyiasati biaya pendidikan bagi si kembar ialah menemukan informasi besaran dana serta melakukan perhitungan terkait total keseluruhannya. Hitung total biaya keseluruhan dari anak PAUD sampai ke jenjang perguruan tinggi.

Apabila si kembar ingin disekolahkan di tempat sama, maka Anda hanya perlu mengalikannya dua. Alangkah lebih baiknya lagi, berikan kelonggaran pada pendanaan pendidikan si kembar.

Jangan dibuat begitu pas. Lebihkan sejumlah dana pendidikan tersebut agar nantinya tidak terlalu terbatas. 

3. Hitunglah Besaran Dana yang Dialokasikan

Selagi menghitung besaran dana pendidikan si kembar, Anda juga perlu memperhatikan inflasi yang bakalan terjadi setiap tahunnya. Inflasi pasti terjadi mengingat banyak faktor yang bisa menyebabkannya terjadi. Mulai dari peningkatan konsumsi dalam lingkungan masyarakat maupun likuiditas berlebihan.

Pahami Inflasi dan Deflasi Serta Dampaknya Bagi Keuanganmu!

Untuk melakukan perhitungan besaran dana pendidikan yang hendak dialokasikan, Anda juga dapat memakai aplikasi pihak ketiga.

Coba cari beberapa aplikasi terkait di situs internet atau bagi pengguna smartphone Android dapat menjelajah Google Playstore atau App Store bagi pengguna iPhone. 

4. Lakukan Evaluasi Keuangan Anda 

Cara terakhir guna menyiasati biaya pendidikan si kembar ialah melakukan evaluasi terhadap besaran keuangan pribadi Anda.

Hal ini penting sekali dilakukan guna memberikan gambaran realistis terhadap tujuan pendanaan tersebut ke depannya. Tentunya ini akan mempermudah Anda dalam mencapai target. 

Jika angka tersebut terasa terlalu besar, maka sesuaikanlah dengan pemilihan tempat pendidikan bagi si kembar. Jika terjadi sebaliknya, tentu saja hal tersebut dapat menjadi motivasi bagi Anda untuk bekerja lebih baik lagi. Setidaknya lakukan evaluasi secara rutin tiap tahunnya untuk memperoleh hasil terbaik. 

Sebenarnya, tidak sulit dalam menyiasati besaran dana pendidikan bagi si kembar. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah menambah pemasukan dengan melakukan investasi di P2P Lending Amartha.

Amartha adalah perusahaan investasi P2P Lending yang menghubungkan pendana kepada peminjam khususnya perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Dengan berinvestasi di Amartha, Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 15% flat per tahun dan turut menciptakan dampak sosial berupa kesejahteraan merata di Indonesia.

Anda memang perlu menyiasatinya sejak dini agar kelak kemudian hari, mereka bisa mendapatkan pendidikan terbaik tanpa mengganggu keuangan Anda. Pendidikan yang baik tentunya akan berpengaruh bagi masa depan mereka. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *