Cara Menggunakan Instagram Reels untuk Bisnismu | Timeslib

2 min read

Cara Menggunakan Instagram Reels untuk Bisnismu | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Baru-baru ini, Instagram mengeluarkan fitur baru yang diberi nama Instagram Reels. Instagram Reels adalah fitur video singkat dengan durasi hingga 30 detik di mana pengguna bisa mengedit video dengan musik, teks stiker, dan efek spesial lainnya. Cara menggunakan Instagram Reels bisa dibilang cukup mudah.

Kamu cukup mengunggah video yang ingin diedit, lalu manfaatkan fitur editing yang ada di Instagram Reels. Selain editing, reels juga membantumu membagikan dan menjelajahi video pendek. Pengguna bisa mencari berbagai video melalui fitur explore dengan menge-tap Reels yang berada di bagian atas.

Dari hal itulah fitur baru Instagram ini berpeluang besar untuk dijadikan sebagai wadah untuk mengembangkan bisnis, sesuai dengan pernyataan Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Konten Hiburan untuk Facebook di Indonesia.

“Kalau dilihat dari formatnya, Reels ini kan vertikal, cocok dipakai di versi mobile. Tentu akan menjadi peluang untuk brand dalam mempromosikan bisnis mereka,” kata Revie dalam konferensi pers virtual, Rabu (23/6/2021) yang dikutip dari Suara.com.

Selain itu, Instagram Reels juga telah hadir di 80 negara. Maka dari itu, pebisnis tidak hanya bisa mempromosikan bisnisnya di jangkauan lokal, tapi juga internasional.

Fitur

Contoh penggunaan Instagram Reels. Photo by Antaranews

Reels menawarkan berbagai fitur yang bisa digunakan untuk membuat video kreatif. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut:

Remix yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk membuat video Reel versi mereka dan digabung dengan video Reel yang sudah ada.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan suara mereka ke video. Selain itu, ada juga Mixed Audio yang memungkinkan pengguna menambahkan suara disertai lagu sebagai latar belakang.

Ada pula fitur efek yang membantu mempercantik konten. Pengguna bisa memilih untuk menggunakan filter dari Instagram atau mencari filter favoritmu. Lalu, gunakan efek tersebut di konten Reels agar lebih menarik bagi audiens.

Selain ketiga hal di atas, ada pengaturan waktu hingga 10 detik dan ada juga fitur dengan kemampuan memotong atau mengedit klip video. Serta Reels ini juga dapat menggunakan pengaturan akun private atau Close Friends sehingga keamanan dan privasi tetap terjaga.

Baca juga: Cara Promosi Barang Online Yang Paling Efektif

Memanfaatkan Instagram Reels untuk Bisnis

Cara menggunakan instagram reels
Promo bisnis menggunan Instagram. Photo by Majostic

Setelah memahami penjelasan singkat dan fitur-fitur yang ada di Instagram Reels, kamu tentu perlu mengetahui cara menggunakannya. Terutama untuk kamu pemilik bisnis yang ingin memanfaatkan fitur ini. Berikut ini cara mudah menggunakan Instagram Reels:

  • Buka akun Instagram lalu navigasikan ke screen Stories
  • Geser ke arah Reels di bagian bawah screen
  • Gunakan tools kreatif yang tersedia di Reels, seperti music, speed, effects, dan timer.
  • Tap dan tahan tombol record yang ada di bagian bawah screen. Jika tidak ingin menahan tombol record, bisa juga menggunakan timer di mana kamu akan melihat hitungan mundur sebelum rekaman dimulai.
  • Tekan tomol record untuk mengakhiri klip jika sudah cukup. Tap record lagi untuk membuat video baru, jika memang butuh video baru. Setelah selesai merekam, kamu akan melihat tombol Align di bawah timer. Nantinya, video yang sudah direkam tadi bisa diurutkan dari awal sehingga hasilnya bisa mulus.
  • Setelah selesai merekam, kamu juga bisa mempercantik klip tersebut dengan stiker, teks, dan drawing.
  • Tap tombol (>) di bagian pojok untuk memposting Reel yang sudah kamu buat.

Itulah beberapa cara menggunakan fitur terbaru dari Instagram ini. Nah, bagi pelaku bisnis tentu butuh ide atau inspirasi konten. Di bawah ini akan Mincair berikan beberapa contoh konten yang bisa dibuat:

Contoh dari konten ini misalnya menyajikan behind the scene dari bisnis yang kamu jalankan.

Konten jenis ini bisa digunakan untuk penyedia jasa cleaning service, penata rambut, make up artist, dan lain sebagainya. Caranya, kamu bisa memperlihatkan kondisi sebelum menggunakan jasamu lalu selanjutnya berikan klip hasil kerjamu.

Ceritakanlah bisnis yang kamu jalankan dengan sejujur-jujurnya dan tentunya harus jelas. Misalnya, bisa diawali dengan cerita visi dan passionmu dalam menjalankan bisnis ini.

Konten ini tentu akan sangat membantu, terutama bagi pelanggan baru. Kamu bisa memberikan tutorial penggunaan produk yang kamu jual.

Demikian cara menggunakan Instagram Reels yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnismu. Yuk coba fitur baru ini TemanKlik biar bisnismu bisa makin dikenal banyak orang sehingga bisa banyak masuk pelanggan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *