Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Gaji 5 juta

1 min read

Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Gaji 5 juta

Bagi seorang yang memiliki tanggungan dan hidup di Jakarta, besaran gaji bersih 5 juta Rupiah sebulan kerap kali dianggap pas-pasan.

Meski begitu, bukan berarti seorang dengan gaji 5 juta Rupiah sama sekali tidak bisa memenuhi tujuan di masa depan, dan tidak berarti harus hidup dengan utang.

Bahkan, jika bisa dikelola dengan tepat, maka dengan penghasilan 5 juta Rupiah sebenarnya bisa cukup untuk sebulan sekaligus berinvestasi.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatur keuangan keluarga dengan gaji 5 juta Rupiah!

1. Jangan Menambah Utang Konsumtif

Utang konsumtif hanya akan menambah pengeluaran pasif kamu serta mengurangi jumlah kekayaan bersih. Tidak ada salahnya untuk berutang, asalkan utang yang kamu miliki adalah utang produktif.

Beberapa contoh utang produktif adalah, utang pembelian aset yang tak mengalami depresiasi harga seperti rumah atau logam mulia, maupun utang untuk modal usaha.  Pastikan juga bahwa cicilan utang yang harus dibayarkan setiap bulan, tidak melebihi 35% dari penghasilan kamu.  

2. Pastikan Besaran Tabungan dan Investasi Minimal 10% Dari Pemasukan

Nilai rasio menabung (saving ratio) yang ideal dalam perencanaan keuangan adalah 10% dari total pemasukan bulanan. Jika pemasukan kamu adalah 5 juta Rupiah, maka usahakan agar besaran tabunganmu minimal 500 ribu Rupiah.

Lebih dari itu tentu akan sangat baik. Meski demikian, kamu harus memastikan juga agar penempatan dana sebesar 500 ribu Rupiah yang kamu investasikan, penempatannya sudah benar.

3. Terapkan Sistem Zero Budgeting untuk Mengeola Pengeluaran Tahunan dan Bulanan

Tidak dipungkiri bahwa besarnya pengeluaran akan menentukan segalanya, mulai dari standar hidup saat ini, perkiraan hidup di masa tua, hingga besarnya uang pertanggungan asuransi yang kamu dan keluarga butuhkan.

Catatlah pengeluaran kamu sedetail mungkin. Gunakanlah metode zero budgeting. Intinya, ketika kamu menerima gaji bulanan, harus langsung “menghabiskannya”.

Pertama, jumlahkan pengeluaran rutin setiap bulan. Pengeluaran terbagi menjadi dua yaitu pengeluaran tetap dan variabel (tidak tetap). Setelah semuanya dijumlahkan, hitung nilai arus kas bersih dari selisih total pendapatan dan pengeluaran.

Jika ada sisanya, segera “habiskan” saat itu juga dengan mengalokasikannya ke tabungan atau investasi, tidak ke hiburan atau hal yang bersifat konsumtif. Lewat metode pengaturan cash flow ini sangat memungkinkan bahwa kamu bisa berinvestasi dan terlindungi dengan asuransi meski memiliki gaji 5 juta Rupiah.

4. Tambah Penghasilan Bulanan

Jika kamu merasa sulit mengerem pengeluaran maka ada baiknya untuk menambah penghasilan. Ada dua cara menambah penghasilan bulanan yang harus kamu ketahui.

Pertama tentu saja dengan cara pasif yaitu berinvestasi di instrumen pendapatan tetap lewat setoran sekali bayar dalam jumlah besar. Namun jika tidak ada, maka prioritaskan untuk mencari kerja sampingan atau membuka usaha kecil yang perputaran uangnya cepat.

Itulah 4 cara mengatur keuangan keluarga dengan gaji 5 juta Rupiah. Nah, selamat mencoba ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *