Cara Menentukan Support dan Resistance Saham | Timeslib

2 min read

Cara Menentukan Support dan Resistance Saham | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Bagi kamu yang sedang belajar saham atau masih baru di dunia saham, tentunya cukup asing dengan istilah support and resistance dalam dunia saham. Walau cukup asing kamu harus mencari  tahu apa itu support and resistance karena itu adalah hal dasar setelah kamu mengetahui grafik pergerakan harga saham. Ilmu mengenai support and resistance banyak digunakan para pemilik saham blue chip atau trader dan semua pemain saham agar bisa menentukan jual dan beli saham. Saham blue chip adalah saham unggulan yang sudah berpengalaman dan memiliki jumlah saham dengan nilai yang besar. Lebih jelasnya mengenai support and resistance dan cara menentukan support dan resistance dapat kamu baca di ulasan berikut ini 

Apa itu support?

Investasi saham. Photo by Pixabay

Support adalah nilai batas harga saham, dalam grafik pergerakan saham support ini digambarkan dengan garis horizontal yang menunjukkan nilai batas harga saham dimana batas ini batas maksimal sehingga tidak bisa turun lebih rendah lagi. Batas nilai saham ini banyak digunakan para pemain saham untuk memutuskan membeli saham, karena nilai yang mendekati garis sudah maksimal tidak bisa turun lagi namun memiliki kemungkinan bisa naik lebih tinggi maka dengan melihat kesempatan tersebut para pemain saham, bisa mendapatkan harga paling minimal. 

Resistance 

Resistance saham. Photo by Pexels

Kebalikan dari support yang menjadi batas harga paling bawah, resistance adalah batas harga paling atas. Resistance biasa diberi garis vertical, garis resistance ini memperlihatkan harga termahal suatu saham, sehingga para pemain saham mengetahui jika harga sedang mendekati garis resistance maka bukan keputusan yang baik untuk membeli saham tersebut. Namun di saat-saat seperti ini, para pemilik saham dengan nilai tinggi mulai menjual sahamnya sehingga grafik dapat turun kembali. 

Baca juga: Cara Menentukan Stop Loss dan Take Profit Saham

Kegunaan garis support dan resistance 

cara menentukan support dan resistance saham
Kegunaan garis support dan resistance. Photo by Pexels

Garis support dan resistance berguna untuk memberitahu kapan pemain saham harus membeli saham dan dan kapan pemain bisa menjual saham, dengan garis tersebut saham bisa dibeli saat harga sedang turun maksimal di garis support atau mendekati garis support sedangkan mereka bisa mendapatkan untuk ketika menjual saham waktu harga saham mencapai garis resistance. Sehingga jual beli saham dapat efektif atau keuntungan dapat dimaksimalkan. 

Cara menentukan garis support dan resistance

cara menentukan support dan resistance saham
Cara menentukan garis support dan resistance. Photo by Pixabay

cara menentukan support dan resistance dengan beberapa cara berikut

Melihat harga saham di waktu sebelumnya 

Melihat support dan resistance dari history harga sebelumnya dengan melihat harga tertinggi dan terendah harga di saham tersebut dalam beberapa waktu sebelumnya, dalam rentang waktu yang sudah ada  seperti 30 hari, 1 bulan atau 3 bulan dengan begitu Harga tertinggi dan terendah saham dapat terlihat.

Menggunakan garis moving average 

Garis moving average dapat memperlihatkan ke kamu nilai support dan resistance dari saham, cara moving average ini dengan cara membandingkan harga saat ini dengan harga moving average kemudian hasil yang keluar posisi harga apakah harga di atas atau dibawah garis moving average. Nilai harga yang di atas garis moving average berarti nilai masuk nilai support sedangkan nilai di atas garis moving average menunjukkan nilai saham masuk di garis resistance. Garis moving average sendiri memiliki beberapa jenis yaitu 

  • SMA (simple moving average)
  • EMA (Exponential Moving Average) 
  • WMA (Weighted Moving Average)

 Garis vibonaci

Penentuan support dan resistance bisa menggunakan garis vibonaci dengan menarik titik tertinggi dan terendah dalam rentang 3 bulan kemudian garis yang dihasilkan akan memperlihatkan garis support dan resistance. 

cara menentukan support dan resistance saham masih ada beberapa metode seperti garis trend line atau pivot point. Sekian ulasan mengenai garis support dan resistance semoga berguna!

Reksa Dana: Produk, Bentuk Hukum Dan Resiko Investasi |…

Waktu baca: 3 menit Memahami secara detail semua informasi tentang produk dan juga resiko berinvestasi di reksa dana adalah wajib sebelum membelinya. Mengingat jumlah...
Manager
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *