Cara Memperbaiki Riwayat Kredit di BI Checking

1 min read

Cara Memperbaiki Riwayat Kredit di BI Checking

Apakah kamu pernah mengajukan pinjaman namun ditolak? Kira-kira apa ya yang menyebabkan pinjaman kamu di tolak padahal persyaratan sudah lengkap?

Tahukah kamu bahwa setiap orang yang melakukan pinjaman online, data pembayarannya akan tercatat di BI Checking. BI Checking adalah informasi debitur individual historis yang mencatat lanar atau macetnya pembayaran kredit.

Kalau pengajuan pinjaman kamu ditolak, bisa jadi skor BI Checking kamu dinilai tidak baik. Sebagai informasi, ada 5 skor dalam BI Checking di mana skor 1 artinya kredit lancar, skor 2 kredit dalam perhatian khusus, skor 3 kredit tidak lancar, skor 4 kredit diragukan, dan skor 5 kredit macet.

Suku Bunga BI Turun, Ini Arti dan Dampaknya Bagi Keuangan Kita!

Lalu bagaimana cara memperbaiki riwayat kredit di BI Checking?

Tips Memperbaiki Riwayat Kredit BI Checking

Berada di situasi yang mendesak tanpa pegangan uang adalah hal yang menakutkan. Maka dari itu, simak tips berikut agar riwayat kredit kamu di BI Checking menjadi baik dan bisa mengajukan pinjaman untuk kebutuhan mendesak:

  1. Lunasi Semua Utang

    Cara terbaik untuk memperbaiki riwayat kredit di BI Checking adalah dengan melunasi semua utang yang dimiliki. Utang adalah kewajiban yang harus dibayarkan oleh orang-orang yang melakukan.

    Apabila kamu memiliki lebih dari satu utang, kamu bisa mulai melunasinya dari utang dengan bunga paling besar terlebih dahulu. Utang dengan bunga yang besar bila dibiarkan sejatinya akan terus menambah nominal utang.

    Selanjutnya tanamkan dalam pikiran kamu bahwa nilai utang maksimal yang harus dimiliki sebesar 30% dari pendapatan.

  2. Hubungi Lembaga Terutang dan Minta Surat Tanda Lunas

    Setelah membayar utang-utang yang kamu miliki ada baiknya kamu segera menghubungi tempat kamu berutang. Kabarkan kepada mereka bahwa kamu sudah membayar semua pinjaman.

    Yang lebih penting adalah pastikan kamu mendapatkan surat tanda lunas utang. Selanjutnya siapkan semua berkas untuk dilaporkan ke BI Checking untuk memperbaiki riwayat kredit.

  3. Tunggu 1 – 2 Tahun

    Meskipun sudah melaporkan soal perutangan di atas ke BI Checking, pinjaman yang kamu ajukan selanjutnya masih ada kemungkinan di tolak. Pasalnya BI Checking membutuhkan waktu sekitar 1 – 2 tahun untuk memproses laporan kamu.

    Sambil menunggu proses tersebut, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk mengevaluasi kembali keuanganmu. Hal ini dimaksudkan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

    Berhutanglah apabila utang tersebut digunakan untuk kebutuhan yang baik seperti untuk modal usaha.

Selain mengevaluasi keuangan, kamu juga bisa melakukan investasi. Lagi-lagi, pilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko. Jangan berinvestasi agar terlihat keren tapi tidak mengetahui bisnis model dan fundamental dari perusahaan yang dituju.

Sebagai informasi, kamu bisa melakukan investasi dengan bisnis model yang mudah seperti P2P Lending Amartha.

Amartha adalah perusahaan P2P Lending yang menghubungkan investor kepada peminjam secara online. Amartha adalah perusahaan yang fokus pada impact investment sehingga peminjam diseleksi dengan ketat dengan tujuan untuk usaha dan semua peminjamnya adalah perempuan.

Dengan berinvestasi di Amartha, investor akan mendapatkan keuntungan sampai 15% flat per tahun lho.

Tertarik investasi di Amartha? Daftar sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *