Cara Membuat Daftar Akun PayPal (Terima Uang,Transfer Luar Negeri)

13 min read

Cara Buat Akun PayPal

PayPal adalah rekening online untuk transaksi luar negeri. Pengganti kartu kredit. Buat yang cari uang dari internet, bisnis online, punya PayPal suatu kewajiban agar transaksi lancar. Bagaimana cara buatnya dan apakah aman ? Tips menghindari akun PayPal kena limit,  ditangguhkan atau bahkan permanently banned.

Kemajuan teknologi online dan digital membuka banyak peluang. Bekerja lintas negara menjadi sangat mudah.

Generasi sekarang bisa menerima pekerjaan dari mana saja, dari berbagai negara. 

Mengerjakannya tanpa harus berdomisili di negara tersebut. Bisa dilakukan sebagai pekerja lepas freelancer.

Secara penghasilan sangat menarik karena bisa meraup income dalam dolar (biaya hidup dalam Rupiah). Saya pernah menulis disini tentang banyaknya peluang cari uang dari internet.

Namun, ada satu concern yang kerap muncul. 

Bagaimana cara menerima pembayaran dalam transaksi dunia maya ? Apalagi dari luar negeri.

Bukankah pembayaran bisa di transfer lewat bank. Cara yang kita semua sudah maklum.

Masalahnya, pembayaran via transfer bank lintas negara tidak mudah dan biayanya mahal. Pihak yang memberi pekerjaan jadi enggan jika Anda mewajibkan hanya mau terima pembayaran dengan transfer ke rekening bank.

Selain itu, banyak orang kesulitan melakukan pembayaran online, terutama pembayaran internasional, jika harus menggunakan kartu kredit. Tidak semua orang memiliki kartu kredit, dan bagi yang punya ada resiko data bocor.

Solusinya ? Menggunakan PayPal.

Paypal menjadi alternatif pembayaran terbaik sebagai pengganti kartu kredit.

Apa itu PayPal

PayPal didirikan salah satunya oleh Elon Musk dan Peter Thiel. Keduanya sekarang billionaire.

Saat ini PayPal sudah dijual dan menjadi milik eBay.

Fungsi utama aplikasi PayPal adalah sebagai rekening untuk transaksi internasional. Dibuka secara online, tanpa perlu tatap muka.

Mari kita lihat manfaat dan fiturnya.

Manfaat PayPal

Sejumlah manfaat ditawarkan oleh aplikasi ini melalui berbagai fitur di dalamnya.

Menerima Pembayaran

PayPal bisa menerima pembayaran internasional. Cocok buat Anda yang mencari uang di internet dan memiliki klien dari seluruh dunia.

Kalau bekerja untuk klien internasional, biasanya mereka akan meminta PayPal sebagai alat pembayaran yang paling umum. Jarang sekali yang mau melakukan pembayaran melalui transfer bank.

Contohnya, saya mengorder jasa di Fiverr, marketplace freelancer terbesar di dunia dan cara pembayaran yang paling umum diterima adalah dengan PayPal.

Setelah menerima pembayaran, tentu saja, PayPal memungkinkan Anda menarik uang yang sudah diterima ke rekening bank.

Cara menarik uangnya mudah. Tinggal isi data di PayPal, klik maka uang akan dikirimkan ke rekening bank Anda.

Mengirim Pembayaran, Belanja Online

Ketika melakukan transaksi luar negeri, misalnya belanja online, beli hosting, domain, themes, tools dan lain sebagainya, Anda perlu alat pembayaran. 

Yang paling umum adalah menggunakan kartu kredit. Tapi di Indonesia, banyak orang tidak punya kartu kredit.

Membuat kartu kredit tidak mudah di Indonesia.

PayPal digunakan untuk melakukan pembayaran internasional, sebagai pengganti kartu kredit. Bisa untuk menyelesaikan pembayaran belanja online atau ke freelancer yang memberikan jasa untuk Anda.

Menyimpan Saldo

PayPal bisa menyimpan saldo di rekeningnya, sehingga pembayaran dari hasil kerja bisa disimpan di PayPal, lalu digunakan lagi untuk melakukan pembayaran.

Saldo di PayPal mempermudah pengguna, yang ingin menggunakan uangnya, tidak perlu mengirimkan uang kembali (yang butuh biaya), cukup memanfaatkan saldo uang yang ada untuk membayar.

Pengiriman saldo antar akun PayPal tidak dipungut biaya alias gratis. Karena jumlah pengguna PayPal banyak di dunia, fitur pengiriman saldo antara teman ini, sangat menguntungkan, karena menghemat biaya transfer.

Diterima Luas

PayPal menjadi salah satu alat pembayaran yang dipakai semua orang di dunia online.

Banyak platform internasional yang menerima pembayaran dengan aplikasi ini, misalnya jvzoo, ebay, alibaba, amazon, bahkan untuk pemesanan tiket pesawat atau akomodasi trip sekalipun sudah menerima pembayaran via paypal. 

Pembayaran iklan-iklan seperti twitter ads, facebook ads dan iklan lainnya juga sudah sangat ramah dengan paypal sehingga memudahkan kita untuk bertransaksi.

Saya beberapa kali order jasa di situs internasional atau beli sesuatu secara online, cukup memasukkan email PayPal maka proses pembayaran bisa dijalankan dengan mulus dan mudah.

Mudah Buka Akun

Saya cukup surprise dengan cara pembukaan akun di PayPal yang sangat mudah. Semudah buka akun di Facebook atau Twitter.

Cukup isi data, upload dokumen dan verifikasi, pembukaan akun selesai.

Jauh lebih mudah dibandingkan apply kartu kredit. Bahkan lebih mudah dibandingkan buka rekening tabungan di bank.

Di PayPal Anda tidak perlu hadir, cukup melakukan semua proses pembukaan secara online dengan mengupload dokumen dan mengikuti proses verifikasi yang dipersyaratkan.

PayPal vs Kartu Kredit

Meskipun sudah punya kartu kredit, saya pilih menggunakan PayPal. Ada banyak keuntungannya. 

Tidak Semua Terima Kartu Kredit

Tidak semua orang menerima pembayaran dengan kartu kredit. Itu yang saya alami ketika melakukan transaksi online, terutama saat menggunakan jasa freelancer. 

Ternyata, untuk bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit, orang harus menjadi merchant bank dan itu sama sekali tidak mudah. Syaratnya banyak.

Lebih mudah set-up akun PayPal untuk terima payment dibandingkan menjadi merchant kartu kredit.

Security

Kalau membayar dengan kartu kredit, informasi kartu terekspos ke banyak pihak, yang rentan dicuri, apalagi dalam transaksi online. Sudah banyak kejadian pencurian data credit card.

Saat menggunakan PayPal untuk melakukan pembayaran, informasi kartu kredit disimpan. 

Cara ini lebih secure. Tidak ada info kartu kredit yang terekspos ke pihak luar, hanya ke PayPal yang tahu. Hubungan juga dengan pihak lain yang sudah lolos verifikasi PayPal.

Simpan Saldo

Karena PayPal bisa menyimpan saldo, jadi lebih praktis dibandingkan kartu kredit. 

Contohnya, Anda yang melakukan beli dan jual secara online, tinggal menyimpan saldo yang diterima di rekening PayPal. Saldo kemudian langsung bisa digunakan lagi (tanpa perlu biaya transfer) untuk melakukan pembayaran.

Cara Buka Akun

Proses pembukaan akun di PayPal, menurut saya, cukup straightforward dan mudah. Ada dua langkah, yaitu:

  1. Buat Akun
  2. Verifikasi Akun

1. Buat Akun

Langkah membuat akun adalah sebagai berikut:

Buka paypal.com. Jika terdeteksi dari Indonesia, Anda akan diarahkan ke situs PayPal berbahasa Indonesia.

Klik tombol daftar sekarang

Ada dua pilihan jenis rekening: rekening pribadi atau rekening bisnis. Kalau nama akun atas nama perusahaan, pilih rekening bisnis. Diluar itu pilih rekening pribadi. 

Pilih profesi, dengan pilihan pembeli online atau freelancer atau keduanya. Kalau tujuan punya PayPal hanya untuk melakukan pembayaran dan belanja online, pilih pembeli online. Kalau tujuannya menerima pembayaran dari pihak lain, pilih freelancer. Atau pilih keduanya, jika Anda melakukan dua – duanya.

Mengisi data diri, mulai dari alamat email, nomor telepon, nama, dan juga kata sandi atau password. Untuk email dan nomor telepon, pastikan belum digunakan untuk akun PayPal mana pun.

Anda diminta untuk mengonfirmasi nomor telepon dengan cara memasukkan kode yang sudah dikirim ke nomor telepon tersebut. Kode berisi 6 digit angka unik.

Anda diminta menambahkan alamat lengkap untuk akun PayPal.

Selamat, tahapan pertama dalam pembuatan akun paypal sudah berhasil.

Sebelum melakukan berbagai transaksi di PayPal, Anda perlu melakukan konfirmasi alamat email.  Caranya, login untuk pertama kali, klik opsi Konfirmasi email yang ada di halaman dashboard dan nanti PayPal akan mengirimkan konfirmasi ke email Anda.

Catatan penting: isi nama sesuai dengan KTP dan Nama di Rekening Bank. Jangan mengisi dengan nama panggilan atau nama main-main. 

Nanti jika akun menghadapi masalah, misalnya kena limit, lalu PayPal meminta mengirimkan dokumen untuk verifikasi, pengecekan akan dilakukan terhadap nama. Jika nama tidak sama, verifikasi gagal, akun bisa ditutup selamanya.

Treat akun PayPal sama seriusnya seperti rekening bank. Ingat nanti uang Anda tersimpan disini.

2. Verifikasi Akun

Langkah berikutnya adalah verifIkasi dimana PayPal meminta Anda menghubungkan akun dengan rekening bank atau kartu (kartu kredit atau debit).

Kenapa perlu melakukan verifikasi ?

  • Diterima untuk transaksi di jutaan merchant PayPal di seluruh Dunia.
  • Lawan transaksi lebih yakin bisnis/transaksi  dengan akun verified.
  • Tidak mudah kena limit, pembatasan, bila dibandingkan akun non-verified.

Cara melakukannya adalah masuk ke PayPal, pilih Wallet, kemudian tersedia dua pilihan, yaitu:

  1. Hubungkan Bank
  2. Hubungkan Kartu

Bank

Anda menghubungkan PayPal dengan rekening bank. Berlaku ketentuan yang ditulis bahwa “Anda hanya dapat menghubungkan rekening bank yang menggunakan Rupiah Indonesia.”

PayPal tidak akan menerima jika menggunakan rekening berbasis mata uang asing, misalnya US$ atau Euro, meskipun rekening dibuka di bank di Indonesia. Harus rekening rupiah.

Informasi yang harus di input  adalah:

  • Nama Bank
  • Kode Bank
  • No rekening
  • Nama

Setelah selesai diisi, tunggu 1 sd 3 hari, PayPal akan mengirimkan 4 digit nomor verifikasi, yang akan muncul di mutasi rekening yang Anda gunakan untuk verifikasi. Input 4 digit tersebut pada bagian konfirmasi, dan setelah itu verifikasi selesai.

Rekening bank sudah terverifikasi, terhubung.

Anda harus pastikan bahwa nama yang digunakan sama dengan nama di rekening bank. 

Di salah satu panduannya, PayPal menjelaskan bahwa:

“Mengapa penarikan atas rekening bank saya gagal? Biasanya, penarikan gagal karena informasi yang Anda masukkan saat menghubungkan rekening bank tidak sesuai dengan informasi tentang Anda yang dimiliki oleh bank.

Misalnya, nama pada rekening PayPal Anda harus sesuai dengan nama pada rekening bank Anda. Jika nama Anda James Patrick Smith, namun Anda menggunakan “J P Smith” saat membuka rekening bank, Anda harus menggunakan “J P” sebagai nama depan saat menghubungkan rekening bank. Hal ini penting karena kami menggunakan nama pada rekening PayPal Anda saat mengirim permintaan transfer ke bank Anda.”

Soal perbedaan nama bisa punya implikasi yang cukup serius, sampai tidak bisa menarik dana, jika ada ketidaksesuaian.

Kartu 

Verifikasi lewat kartu bisa dilakukan dengan kartu kredit dan kartu debit. Jadi bukan hanya dengan kartu kredit saja.

Namun, kartu debit yang bisa digunakan adalah kartu debit yang diterbitkan oleh mastercard, visa, american express, unionpay, discover.

Yang jelas kartu ATM BCA, ATM Mandiri tidak bisa digunakan. Harus kartu ATM yang ada tulisan Mastercard atau Visa di bagian depan.

Kartu kredit berlogo GPN juga tidak bisa. Bukan jenis yang diterima.

Setelah memasukkan data kartu, tunggu selama 2 hingga 3 hari kerja hingga kode PayPal ditampilkan pada laporan mutasi rekening kartu. Bisa di cek secara online.

Kode Anda akan terlihat seperti ini di bagian uraian barang mutasi rekening: PayPal*1234 CODE atau PP*1234 CODE

Input kode tersebut di bagian “Konfirmasikan kartu” sesuai petunjuk. Jika sesuai, verifikasi kartu berhasil.

Jasa Verifikasi VCC, Perlu ?

Dulu ketika PayPal hanya menerima verifikasi kartu kredit, sementara banyak orang tidak punya kartu kredit di Indonesia, muncul banyak jasa verifikasi dengan VCC – Virtual Credit Card.

Pertanyaannya, apa masih perlu menggunakan jasa verifikasi VCC.

Menurut saya tidak. Kenapa ?

  • Sudah ada verifikasi melalui rekening bank
  • Sudah ada pula kartu debit yang bisa digunakan untuk verifikasi, yaitu asal debitnya berlogo Mastercard dan Visa.
  • Jasa verifikasi VCC ada biayanya
  • Karena VCC dikeluarkan orang lain, ada resiko diketahui PayPal dan akun di banned. Sudah banyak cerita soal akun yang di limit atau disable selamanya oleh PayPal karena penggunaan VCC.

Saldo PayPal

Setelah akun selesai dibuka, bagian berikut yang penting adalah Saldo PayPal. 

Apa itu Saldo PayPal ?

Saldo ini adalah uang Anda yang tersimpan di PayPal dalam mata uang US$. Bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran dan belanja online.

Mengisi Top Up Saldo

Saldo di PayPal bisa Anda terima (top up) dari beberapa cara:

  1. Orang kirim uang ke Anda. Biasanya dari teman atau kalau beli jasa saldo PayPal
  2. Orang melakukan pembayaran jasa, misalnya freelancer atau menjual produk digital. Bisa membuat penagihan ke orang lain dengan menggunakan link paypal.me yang menjadi dasar untuk orang melakukan pembayaran.

Bagaimana top up saldo dengan rekening bank atau kartu kredit ?

Rekening Bank, Kartu Kredit Tidak Bisa Top Up Saldo

Rekening bank dan kartu kredit tidak bisa digunakan untuk melakukan top up saldo di PayPal. Hal ini jelas disebutkan dalam User Agreement dan saya konfirmasi juga ke CS Paypal soal ini.

Rekening bank hanya bisa digunakan untuk menarik uang (withdraw fund) dari saldo, sementara kartu kredit dan kartu debit hanya untuk melakukan pembayaran.

Ketika kartu kredit dan kartu debit dihubungkan, saat transaksi terjadi maka PayPal akan langsung mengirimkan tagihan ke kartu kredit/debit tersebut. Penyelesaian pembayaran tidak melalui saldo sama sekali, langsung ke kartu kredit/debit. 

Tanpa Bunga

Dalam User Agreement, PayPal menyebutkan bahwa uang di saldo tidak menerima bunga. Jangan berharap penghasilan bunga dari saldo mengendap.

PayPal menyebutkan bahwa akan menggunakan saldo untuk menghasilkan bunga buat mereka. “PayPal combines your balance with the balances of other users and invests those funds in liquid investments.” (User Agreement – Holding a PayPal Balance).

Aman

Apakah saldo di PayPal aman ?

Memang saldo tersebut tidak dijamin oleh lembaga penjaminan (seperti LPS di Indonesia atau FDIC di USA), tetapi PayPal menyebutkan bahwa mereka akan menyimpan saldo nasabah dalam rekening terpisah, yang tidak akan digunakan untuk operasional atau kepentingan perusahaan, tidak akan diserahkan ke kreditur ketika perusahan bankrut.

“These pooled amounts are held separate from PayPal’s corporate funds, and PayPal will neither use these funds for its operating expenses or any other corporate purposes nor will it voluntarily make these funds available to its creditors in the event of bankruptcy ((User Agreement – Holding a PayPal Balance).”

Jasa Jual Beli Mengisi Saldo

Dulu, saya heran kenapa banyak bermunculan jasa pengisian saldo PayPal di internet. Sekarang saya jadi paham.

Ini alasannya.

Kalau ingin melakukan pembayaran, namun tidak punya kartu kredit/debit yang bisa dihubungkan (tidak semua debit diterima verifikasi oleh PayPal), maka pilihannya hanya lewat saldo PayPal.

Dari mana sumber saldo ?

Rekening bank tidak bisa digunakan untuk top up saldo, sementara tidak semua orang menerima pembayaran jasa, biasanya hanya mereka yang bekerja sebagai freelancer dan menerima klien dari luar negeri.

Pilihan terakhir mengisi saldo dari kiriman teman. Pilihan ini yang dibantu oleh jasa mengisi saldo.

Jasa ini akan mengirimkan saldo antar akun PayPal (kirim sebagai teman atau keluarga), jadi biayanya gratis, sementara Anda membayar (diluar PayPal) plus biaya ke pemberi jasa.

Setelah berhasil, punya saldo PayPal, Anda bisa belanja online atau beli barang digital.

Pembayaran dengan PayPal

Bagaimana cara menggunakan fitur pembayaran ?

Misalnya, saya ingin membayar tagihan bulanan VPS DigitalOcean dengan PayPal.

Ada dua cara:

  1. Hubungkan Kartu Kredit
  2. Bayar dengan Saldo

1. Kartu Kredit

Ini cara yang paling gampang. Syaratnya kartu kredit harus terhubung dengan PayPal.

Jadi saat memasukkan PayPal sebagai alat pembayaran, misalnya di DigitalOcean, saya ditanya kartu kredit apa yang akan dihubungkan. 

Agar tidak terjadi penolakan saat penagihan, pastikan bahwa kartu kredit yang dihubungkan tersebut untuk:

  • Tidak expired. Masih berlaku
  • Limitnya cukup.

Ketika terjadi pembayaran, PayPal akan langsung menagihkan ke kartu kredit yang sudah dihubungkan.

Mungkin Anda bertanya, kenapa tidak langsung menggunakan kartu kredit saja, kenapa harus lewat PayPal (ada fee-nya lagi). Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, alasan keamanan menjadi salah satu penyebabnya.

Contohnya, ketika belanja di situs eBay, menggunakan PayPal jauh lebih mudah.

Setelah memilih barang yang diinginkan, pada menu pembayaran nanti ada pilihan metode Pay with PayPal. 

Setelah itu, masukkan akun PayPal dan lakukan konfirmasi pembayaran di email pribadi yang terhubung dengan PayPal.

Tidak perlu memasukkan lagi informasi kartu kredit. Lebih aman.

2. Saldo PayPal

Pembayaran dengan Saldo ada dua cara:

  • kirim ke teman atau keluarga
  • bayar barang atau jasa

Caranya cukup mengisi nama atau email teman atau keluarga.

Jika yang dikirim uang punya akun PayPal, maka bisa langsung menerima dalam saldo mereka. Jika tidak punya, mereka harus membuat akun PayPal terlebih dahulu supaya bisa menerima uang yang dikirim.

Kirim ke teman atau keluarga gratis feenya, sementara bayar barang jasa ada feenya.

Makanya pilihan kirim ke teman atau keluarga yang banyak dipilih.

Tapi saran saya pakai cara ini dengan hati – hati. Jika dipakai berlebihan dan PayPal mencurigai, akun Anda bisa kena limit dan tidak bisa digunakan.

Jenius BTPN Membantu, Kenapa ?

Kenapa saya bilang Jenius BTPN akan membantu Anda yang punya aplikasi PayPal ?

Anda bisa lihat bahwa kalau punya kartu kredit, banyak urusan dengan PayPal akan sangat dipermudah. Mulai dari verifikasi sampai pembayaran.

Tapi, buat kartu kredit di Indonesia tidak mudah. Banyak syaratnya dan belum tentu disetujui.

Kartu Jenius bisa memberikan kartu kredit dengan syarat gampang, segampang buka rekening tabungan di bank.

Anda buka rekening Jenius melalui aplikasi. Nanti Anda akan menerima beberapa kartu, salah satunya adalah kartu kredit.

Tapi, ada bedanya kartu kredit Jenius ini dengan kartu kredit bank pada umumnya. Anda harus melakukan top-up dulu ke kartu kredit Jenius tersebut untuk bisa digunakan transaksi.

Jadi, ketika akan melakukan transaksi, Anda wajib top – up dulu ke rekening kartu kredit Jenius. Caranya mudah sekali, tinggal pindah dana dari rekening tabungan melalui aplikasi Jenius.

Anda bisa gunakan kartu kredit Jenius ini untuk verifikasi dan dihubungkan ke PayPal untuk transaksi pembayaran.

Masalah selesai. Anda tidak perlu beli saldo PayPal, tidak perlu menggunakan jasa VCC untuk verifikasi akun PayPal.

Cara Menerima Transfer Pembayaran

Bagaimana cara menerima pembayaran (receiving payment) ke PayPal ? Misalnya Anda adalah pekerja freelancer dan menggunakan PayPal untuk menerima pembayaran dari klien.

A. Email

Anda bisa mengirim ke klien alamat email yang menjadi akun PayPal.

Jika klien punya akun PayPal, mereka tinggal menggunakan email akun Anda sebagai tujuan kirim uang.

B. Minta

Di PayPal ada fitur ‘Minta’ yang cukup diisi dengan email. Anda bisa meminta orang untuk membayar dengan menggunakan fitur ini.

Orang yang akan menerima permintaan Anda bisa membalas dan mengirim uang lewat PayPal. Fitur ini hanya bisa digunakan jika orang yang diminta memiliki akun PayPal.

C. Link

Anda bisa mengirim link yang dibuat dari akun PayPal Anda. Link tersebut disebut PayPal.me.

Bagikan link PayPal.Me Anda (paypal.me/NamaAnda) kepada teman atau klien, dan mereka dapat mengirim pembayaran untuk keperluan apapun melalui link tersebut.

Mereka tidak harus mengetahui alamat email atau nomor telepon seluler Anda, atau bahkan tidak harus memiliki aplikasi PayPal. Mereka cukup mengklik tautan, membuka PayPal.Me Anda, mengetik jumlah, dan mengirim pembayaran.

Anda bisa membagi link tersebut ke WA, Facebook, sosial media lainnya.

Transfer Tarik Uang WD dari Saldo PayPal

Perlu dipahami cara mentransfer uang dari saldo  PayPal ke berbagai rekening bank, termasuk ke e-wallet, seperti DANA, OVO, GoPay.

Cara menarik uang ada dua step:

  1. Daftarkan rekening bank 
  2. Withdraw Fund. Di bagian saldo PayPal, pilih “Transfer Dana” yang akan dihubungkan dengan rekening bank yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Proses penarikan dana dari akun PayPal ke rekening Bank adalah 1 s/d 2 hari kerja (sabtu dan minggu tidak dihitung), relatifnya 24 jam. Apabila sudah selesai terproses, status transaksi akan berubah dari pending menjadi complete.

Berikut ini cara penarikan dana ke beberapa rekening di Indonesia:

Cairkan Paypal ke Rekening BCA, BRI

Masuk ke wallet dan pilih hubungkan bank.

Pilih Bank BCA atau BRI dan masukkan nomor rekening BCA dan BRI.

Ikuti proses verifikasi dan konfirmasi, termasuk memasukkan kode PayPal yang dikirimkan dalam mutasi rekening BCA atau BRI.

Tarik Saldo WD Paypal ke Jenius

Daftarkan rekening Jenius di bagian wallet, pilih hubungkan dengan bank.

Pilih Bank BTPN, yang merupakan penerbit Jenius, dan masukkan nomor rekening Jenius.

Ikuti proses verifikasi dan konfirmasi, termasuk memasukkan kode PayPal yang dikirimkan dalam mutasi rekening Jenius.

Yang penting diperhatikan, no rekening yang diinput adalah rekening Jenius yang utama. Ada beberapa rekening dalam satu akun Jenius.

Transfer Uang Paypal ke OVO

PayPal bisa di withdraw ke OVO. Karena setiap pemegang OVO punya rekening di bank.

Rekening bank OVO adalah:

  • Bank National Nebu.
  • Nomor rekening 9+no hp OVO, misalnya 908571110002.

Berbekal info diatas, Anda menghubungkan no rekening bank akun OVO dengan PayPal. Ikuti proses verifikasi dan konfirmasi, termasuk memasukkan kode PayPal yang dikirimkan dalam mutasi rekening OVO.

Tarik Uang Paypal ke DANA

PayPal bisa di withdraw ke rekening e-wallet DANA. Karena setiap pemegang DANA punya rekening di bank.

Rekening bank di DANA adalah:

  • Bank CIMB Niaga
  • Nomor rekening masukan 8059 + no HP akun DANA, misalnya 80590857111222.

Berbekal info diatas, Anda mendaftarkan dan menghubungkan no rekening bank akun DANA dengan PayPal. Ikuti proses verifikasi dan konfirmasi, termasuk memasukkan kode PayPal yang dikirimkan dalam mutasi rekening DANA.

Withdraw Uang Paypal ke GoPay

PayPal bisa di withdraw ke Gopay. Karena setiap pemegang Gopay punya rekening di bank.

Rekening bank Gopay adalah:

  • Bank Permata
  • Nomor rekening masukan 898 + no HP akun Gopay, misalnya 898081234567890.

Berbekal info diatas, Anda mendaftarkan dan menghubungkan no rekening bank akun GoPay dengan PayPal. Ikuti proses verifikasi dan konfirmasi, termasuk memasukkan kode PayPal yang dikirimkan dalam mutasi rekening GoPay.

Pengalaman Buat Akun PayPal

Estimate Cost : 00 IDR

Time Needed : 01 hours 00 minutes

Cara membuka rekening PayPal

  1. Masuk PayPal.com

    Buka PayPal di HP, PC.

  2. Masukkan user PayPal

    Masukkan user jika sudah daftar, jika tidak daftar akun.Cara Buat Akun PayPal

  3. Dashboard

    Masuk ke dashboard PayPal.Cara Buat Akun PayPal

  4. Hubungkan Rek Bank/CC

    Verifikasi akun dgn hubungkan bank/CCCara Buat Akun PayPal

  5. Pembayaran Kartu Kredit

    Pembayaran kartu kredit via PayPalCara Buat Akun PayPal

  6. Cara Konfirmasi CC

    Konfirmasikan Kartu Kredit dengan PayPal Cara Buat Akun PayPal

  7. Kirim Uang

    Kirim pembayaran uang ke teman atau keluargaCara Buat Akun PayPal

  8. Minta Uang

    Fitur minta uang untuk dilakukan pembayaranCara Buat Akun PayPal

  9. Pusat Bantuan

    Live Chat bantuan di PayPalCara Buat Akun PayPal

  10. Resolution Center

    Pusat penyelesaian masalah, misalnya penangguhan limit akunCara Buat Akun PayPal

Materials
  • HP, Ponsel, PC, Laptop
  • Website, Aplikasi PayPal

Biaya Biaya

PayPal menerapkan sejumlah biaya dan bagaimana cara menguranginya.

Biaya Withdraw Tarik Saldo

Fee potongan biaya untuk penarikan ke rekening bank lokal Indonesia adalah:

  1. Penarikan jumlah >= Rp1.500.000/$100 biaya Gratis
  2. Penarikan jumlah < Rp1.500.000/$100 dikenakan fee Rp16.000.

Perlu diperhatikan bahwa patokannya adalah $100, yang nilainya bisa berubah – ubah tergantung nilai tukar Rupiah ke US$ saat transfer dilakukan.

Rekening bank yang bisa digunakan untuk tarik saldo adalah yang sudah terverifikasi. Cek penjelasan sebelumnya soal cara verifikasi rekening bank.

Biaya Pembayaran

Saat melakukan pembayaran, baik itu untuk belanja online atau tagihan dari penjual, biaya yang berlaku adalah berikut:

Payment Rate
Domestic
payments: 
Standard Rate#:
3.9% + Fixed Fee
International
payments:
Standard Rate#:
3.9% + Fixed Fee

Fixed fee: $ 0,30.

Hanya saja biaya ini gratis jika Anda menggunakan fitur kirim ke teman atau keluarga. Jika kirimnya menggunakan pembelian barang dan jasa, fee diatas baru dikenakan, meskipun antar akun PayPal.

Tips Mengurangi Biaya Fee

Biaya PayPal akan cukup mencekik karena dalam US$, terutama jika nilai transaksi kecil. Beberapa tips untuk mengurangi fee adalah:

  1. Withdraw money ke rekening bank ketika saldo sudah diatas $100 untuk menghindari potongan penarikan saldo transaksi sebesar Rp 16.000 untuk penarikkan saldo nilai <= $100
  2. Transaksi antar akun PayPal gratis. Mintalah orang yang akan mengirimkan dana untuk mengirimkan sebagai teman atau keluarga, karena dengan pilihan tersebut Anda tidak akan dikenakan biaya
  3. Saat membayar barang atau jasa, Anda akan dikenakan fee. Kalau mengirim sebagai teman atau keluarga akan gratis.
  4. Jangan lupa hitung biaya potongan PayPal saat membuat tagihan invoice dari pembayaran jasa Anda. Anda yang harus membayar biaya ke PayPal. Contohnya, jasa Anda adalah $50 maka ketika membuat invoice naikkan biaya menjadi $51,75.

Mencegah Curi Data Lewat Email

Salah satu modus pencurian data adalah dengan seolah-olah mengirimkan email dari PayPal, yang sebenarnya bukan. 

Menurut panduan, Anda akan mengetahui email berasal dari PayPal, dengan melihat berikut:

  • Selalu menyapa dengan nama depan atau nama bisnis Anda sebagaimana yang terdaftar di rekening PayPal Anda. Kami tidak pernah menggunakan sapaan umum seperti “Pengguna yang terhormat” atau “Halo, anggota PayPal” di email kami.
  • Tidak akan pernah meminta informasi keuangan, sandi, atau jawaban atas pertanyaan keamanan PayPal.
  • Tidak akan pernah melampirkan pembaruan perangkat lunak apa pun di email kami, dan meminta untuk menginstalnya di perangkat Anda.
  • Tidak akan pernah meminta mengirim barang dan memberikan informasi pelacakan kepada pembeli sebelum menerima pembayaran di rekening PayPal Anda.

Limit Penangguhan Akun (Kenapa & Cara Mengatasinya)

Salah satu mimpi buruk pengguna PayPal adalah ketika akun di limit atau penangguhan, bahkan sampai disabled permanently. Akibatnya tidak bisa menggunakan PayPal dan yang lebih parah tidak bisa menarik saldo.

Artinya, jika di limit ditangguhkan, praktis saldo uang melayang. Tidak bisa diambil.

Perlu dipahami apa penyebab limit dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Unusual Login Activity

Login yang bukan berasal dari tempat Anda seperti biasanya. Diduga akun dicuri. PayPal akan meminta verifikasi: 

  • Photo ID
  • Proof Of Address
  • CC Statement (Jika menggunakan CC/VCC)
  • Change Password & Security Question

2. Unusual Selling Activity

Cara jual beli, berdagang, transaksi, menerima saldo, yang mencurigakan sehingga perlu direview. PayPal akan meminta verifikasi: 

  • Photo ID
  • Proof Of Address
  • CC Statement (Jika menggunakan CC/VCC)
  • Invoice
  • Tracking number
  • Supplier Contact Info
  • Business Info
  • Provide information about Payment

3. Unusual Money Recently You Receive / Withdraw

Paypal melihat ada yang mencurigakan dari saldo yang Anda terima atau tarik ke bank. PayPal meminta informasi berikut untuk verifikasi:

  • Photo ID
  • Proof Of Address
  • CC Statement (Jika menggunakan CC/VCC)
  • Invoice
  • Tracking number
  • Supplier Contact Info
  • Business Info
  • Bank account statement
  • Provide information about Payment

4. Unusual Credit Card Linked

Paypal mencurigai credit card yang terhubung pada akun tidak valid sehingga bisa membahayakan transaksi. Hal ini sering terjadi pada akun yang menggunakan VCC. 

PayPal biasanya akan meminta: 

  • Photo ID
  • Proof Of Address
  • CC Statement (Jika menggunakan CC/VCC)

5. Unusual Bank Account Linked

Paypal mencurigai rekening bank yang terhubung pada akun Anda tidak valid. Hal ini sering terjadi pada akun yang menggunakan VBA (Virtual Bank Account).

PayPal biasanya akan meminta: 

  • Photo ID
  • Proof Of Address
  • Bank account statement

Kesimpulan

Anda yang berkecimpung di bisnis online, apalagi banyak berhubungan dengan transaksi luar negeri, bisa menggunakan PayPal. Aplikasi keuangan ini banyak membantu tidak hanya untuk melakukan pembayaran internasional, tetapi juga untuk menerima pembayaran.

Namun, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan terkait penggunaan PayPal. Mulai dari pembukaan akun, verifikasi, penarikan dana sampai resiko limit penangguhan akun.

Semoga artikel ini bisa sedikit banyak membantu dan memberikan pencerahan.

Reksa Dana: Produk, Bentuk Hukum Dan Resiko Investasi |…

Waktu baca: 3 menit Memahami secara detail semua informasi tentang produk dan juga resiko berinvestasi di reksa dana adalah wajib sebelum membelinya. Mengingat jumlah...
Manager
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *