Cara Cek Nama Penerima Bansos 2021 Secara Online

1 min read

Cara Cek Nama Penerima Bansos 2021 Secara Online

Cara cek nama penerima bansos tunai adalah salah satu hal penting yang masyarakat Indonesia harus tahu sekarang.

Pemerintah kini kerap kali memberikan bantuan baik yang berupa bantuan langsung tunai maupun berupa hal lain.

Salah satunya adalah dari Kementrian Sosial atau Kemensos. Bantuan dana langsung Rp. 300,000 diberikan pada masyarakat untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Melihat Daftar Penerima Bansos Kementerian Sosial

Nah, bagaimana cara melihat siapa saja yang bisa mendapatkan bantuan ini? Ada langkah-langkah yang bisa diikuti agar kita bisa tahu apakah nama kita ikut terdaftar di dalam daftar penerima bantuan.

Ikuti langkah-langkah mudah cek nama penerima bansos tunai di bawah ini dan jika nama kita terdaftar, alhasil kita bisa mendapatkan bantuan langsung senilai Rp. 300,000.

  1. Buka Website Kementerian Sosial (Kemensos)

Pertama, buka situs dari Kementrian Sosial untuk mengecek daftar penerima bantuan langsung tunai. Situsnya adalah https://dtks.kemensos.go.id/. Setelah diklik, akan muncul halaman utama dari program Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kemensos/pemerintah.

2. Buka Kolom Pencarian Data Penerima

Pada bagian atas, akan ada kolom pencarian. Di dalam kolom tersebut terdapat beberapa kotak di bawah judul “Pencarian Dana Penerima Bantuan Sosial Tunai (BTS).

Di kotak tersebut ada juga tertulis info jika halaman website ini hanya untuk memberikan informasi tentang penerima BST, bukan untuk mencari jenis bansos lain dan mendaftarkan diri untuk menerima bansos.

3. Pilih Jenis Identitas dan Masukkan Nomor Identitas

Terdapat kolom untuk memilih jenis identitas yang bisa digunakan dan kolom sebelahnya untuk memasukkan nomor identitas sesuai dengan jenis identitas yang dipilih tadi.

Jenis identitas yang bisa digunakan untuk cek adalah NIK (nomor KTP), Nomor Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan nomor Penerima Bantuan Iuran (PBI JK/KIS).

4. Masukkan Nama Sesuai Identitas

Setelah nomor identitas diisikan, cara selanjutnya dalam proses cek nama penerima bansos tunai adalah memasukkan nama sesuai dengan identitas.

Jika jenis identitas yang dipilih tadi adalah KTP, misalnya, maka masukkan nama sesuai dengan yang tercantum di dalam KTP.

5. Masukkan Kode yang Muncul di Layar

Terdapat kode atau captcha di kolom sebelahnya, masukkan kode tersebut dan klik tombol “cari”. Jika kecepatan internet stabil, maka hasil pencarian akan segera muncul dan kita bisa mengetahui apakah nama kita terdaftar sebagai penerima bantuan tunai dari pemerintah.

Bantuan dari Kemensos ini bisa diambil lewat Pos Indonesia. Jika memang nama kita terdaftar, ikuti langkah dan prosedur yang tercantum agar bisa mengambil dana bantuan tersebut lewat PT. Pos.

Bantuan ini adalah upaya dari pemerintah untuk tetap menyejahterakan masyarakat di tengah-tengah situasi pandemi. Inilah mengapa semua orang sebaiknya cek nama penerima bansos tunai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *