Cara Bermain Saham untuk Pemula yang Jauh dari Risiko Rugi | Timeslib

2 min read

Cara Bermain Saham untuk Pemula yang Jauh dari Risiko Rugi | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Kebanyakan orang yang baru terjun di dunia investasi saham itu rugi. Dan kerugiannya tidak sedikit. Hal tersebut disebabkan mereka tidak mau benar-benar belajar cara bermain saham untuk pemula.

Yang mereka pikirkan adalah bagaimana mereka bisa memiliki passive income dari saham. Karena sudah banyak orang kaya yang hidupnya enak setelah memiliki saham. Namun, mereka tidak tahu bagaimana mereka mencapai titik tersebut. Yang mereka ketahui adalah hidup pemain saham yang enak dan nyaman.

Jika kamu ingin mulai investasi saham, itu bukan hal yang salah. Ada stigma negatif di luar sana di mana orang yang bermain saham itu pasti serakah dan banyak yang gagal. Stigma itu bisa dihilangkan jika kamu tahu cara bermain saham untuk pemula yang bisa diterapkan untuk menurunkan risiko rugi terlalu besar.

Cara Sehat Bermain Saham untuk Pemula

Cara sehat investasi saham. Photo by Pixabay

Bisa dikatakan mereka yang bangkrut saat mulai bermain saham itu disebabkan karena mereka tidak bisa menerapkan cara yang sehat bermain saham. Yang dimaksud dengan cara yang sehat adalah cara yang sesuai dengan teori keuangan dan investasi.

Berikut ini cara bermain saham untuk pemula yang sehat yang bisa kamu coba terapkan:

  • Selektif dalam Memilih Sekuritas
Perbedaan investasi saham dan reksa dana.
Selektif dalam memilih sekuritas. Photo by @austindistel

Apakah kamu tahu apa itu sekuritas? Secara sederhana, ada perusahaan yang membantu kamu saat membeli saham. Perusahaan tersebut dinamakan dengan perusahaan sekuritas.

Jadi, sebagai investor, kamu harus mendaftarkan diri di perusahaan tersebut. Kemudian, kamu melakukan top up. Uang tersebutlah yang akan kamu gunakan untuk membeli saham.

Nah, setiap pembelian dan penjualan, terdapat biaya yang dikenakan oleh perusahaan sekuritas. Sebaiknya, kamu memilih perusahaan yang terpercaya yang menerapkan biaya transaksi yang kecil. Karena terkadang biaya itulah yang membuat investor saham pemula bangkrut.

Baca juga: Yuk Pelajari Sedikit Tentang Kenapa Saham Batu Bara Turun

  • Kendalikan Diri Agar Tidak Kebablasan
cara bermain saham untuk pemula
Kendalikan diri agar tidak kebablasan. Photo by Pexels

Apapun jenis investasi yang kamu pilih, yang paling penting adalah mengendalikan diri. Jangan termakan isu. Jangan pula ikut-ikutan. Kamu harus tahu saham apa yang kamu ingin beli dan mengapa kamu beli saham tersebut.

Kamu harus jadikan setiap keputusan yang kamu ambil itu bagian dari pembelajaran. Karena itu, kamu harus memilih berdasarkan pertimbangan yang kamu pahami. Jangan hanya mengikuti orang lain apalagi mengikuti tren. Dan saat kamu mampu untuk beli suatu saham, maka kamu harus beli. Jangan paksakan membeli saham yang mungkin sedang bagus tapi kamu tidak mampu untuk membelinya.

  • Beli Saham Consumer Goods
Index saham hari ini
Saham blue chip. Photo by Saham Online Indonesia

Apa itu consumer goods? Ini adalah istilah yang ditujukan pada perusahaan yang memproduksi barang-barang yang dibutuhkan masyarakat luas seperti produk yang mereka gunakan sehari-hari. Membeli saham perusahaan seperti ini relatif aman karena perusahaan tersebut pasti berjalan lantaran produk mereka pasti dibutuhkan masyarakat.

  • Jangan Gunakan Uang Pokok untuk Beli Saham
Tidak punya dana darurat.
Jangan gunakan uang pokok untuk beli saham. Photo by Pixabay

Dari sekian banyak tips, ini cara bermain saham untuk pemula yang wajib kamu terapkan. Saham itu investasi. Jadi, uang investasi yang harus digunakan, bukan uang yang seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok setiap hari.

Makanya, penting sekali melakukan apa yang disebut dengan money management. Uang yang kamu miliki harus diatur dengan baik. Harus dihitung berapa kebutuhan pokok dan berapa sisa uang yang bisa kamu gunakan untuk emergency dan juga investasi. Jadi, jangan sampai uang untuk kebutuhan pokok atau emergency justru kamu gunakan untuk investasi ya.

Nah, itulah beberapa cara bermain saham untuk pemula yang sehat. Kamu harus ingat saham itu investasi. Dan investasi itu biasanya bersifat jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *