Cara Beli Saham Bagi Para Investor Pemula | Timeslib

1 min read

Cara Beli Saham Bagi Para Investor Pemula | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Saat ini, semakin banyak kaum milenial yang masuk ke dunia saham. Alasannya sederhana. Mereka ingin memiliki financial freedom di usia muda. Mereka mulai belajar cara beli saham hingga akhirnya mereka benar-benar bisa pensiun di usia dini.

Mungkin kamu salah satu anak muda yang mendambakan hal tersebut. Dan itu bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. Sudah banyak anak usia 20 tahunan yang sudah menjadi investor. Mereka tidak lagi berkutat pada gaji dan pekerjaan yang mereka harus lakukan setiap hari. Mereka bisa menikmati hari demi hari dengan begitu menyenangkan dan santai. Hal ini disebabkan mereka sudah memiliki pendapatan dari uang yang mereka investasikan.

Jadi, sudah siap untuk menjadi investor saham? Kamu harus mulai dengan mempelajari bagaimana cara beli saham.

Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Beli Saham

Hal yang perlu dilakukan sebelum beli saham. Photo by Pexels

Sebelum membeli saham, ada satu hal yang harus kamu lakukan. Yaitu melakukan registrasi. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Cara melakukan registrasi tidaklah sulit.

Pertama-tama, kamu harus memilih broker saham. Pilihlah broker saham yang sudah kredibel. Tentu saja broker tersebut haruslah yang sudah terdaftar di BEI. Sekarang ini, banyak broker yang sudah terdaftar di BEI yang memiliki aplikasi saham online. Pilih saja yang paling banyak dipakai.

Selanjutnya, kamu bisa membuka rekening saham. Dalam hal ini, kamu akan diminta untuk memasukkan beberapa data diri seperti nama alamat, email, informasi akun bank yang kamu gunakan, dan beberapa informasi lainnya.

Baru kemudian kamu bisa membuka RDN atau Rekening Dana Nasabah. Setelah itu, silakan setorlah modal awal. Kamu bisa menyetor uang sesuai dengan harga saham yang kamu akan beli.

Nah, itulah hal paling awal yang harus kamu lakukan sebelum kamu memulai belajar tentang cara tersebut. Setelah langkah-langkah tersebut kamu lewati, kamu sudah bisa mulai untuk jual beli saham.

Baca juga: Perbedaan Trading Saham dengan Investasi Saham

Langkah Membeli Saham Secara Online

Cara Beli Saham
Langkah-langkah. Photo by Pixabay

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sudah banyak broker saham yang menawarkan cara jual beli saham secara online melalui website atau aplikasi. Dan ini bisa kamu coba.

Bagaimana caranya?

Cara beli saham
Memilih saham. Photo by Pexels

Ada banyak sekali saham yang diperjual-belikan. Kamu harus tentukan saham perusahaan apa yang ingin kamu beli. Cari tahu kode sahamnya. Masukkan kode saham tersebut.

Cara beli saham
Lakukan order. Photo by Rawpixel

Order artinya beli. Kamu bisa membeli dengan harga penjualan terendah atau harga di bawah harga terendah. Jika kamu memilih membeli harga terendah, kamu langsung membeli secara efektif. Namun, jika kamu pasang harga di bawah harga terendah, kamu harus menunggu hingga ada penjual saham yang mau menurunkan harga saham sesuai yang kamu pasang.

Cara beli saham
Perhatikan portofolio. Photo by Pexels

Karena kamu sudah jadi investor, kamu sudah memiliki dashboard di mana kamu bisa memantau berapa saham yang sudah kamu miliki. Pelajari dashboard kamu agar kamu bisa menentukan keputusan di hari mendatang apakah kamu akan beli atau jual saham.

Tidak sulit untuk belajar cara tersebut. Yang lebih penting dari hal teknis tersebut adalah menentukan kapan kamu harus beli saham. Ada yang bilang waktu yang tepat untuk membeli saham adalah ketika harga saham rendah. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat kamu pasti untung karena bisa saja harga saham akan terus anjlok.

Hal itulah yang membuat kamu tidak boleh hanya berhenti mempelajari cara beli saham. Kamu juga perlu belajar bagaimana memanfaatkan momen. Ini penting agar kamu bisa memaksimalkan keuntungan dari investasi saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *