Bisnis Barang Bekas yang Untungnya Begitu Menggiurkan | Timeslib

1 min read

Bisnis Barang Bekas yang Untungnya Begitu Menggiurkan | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Siapa sangka jika bisnis barang bekas itu menguntungkan. Bahkan bisa dikatakan sangat menguntungkan. Hal inilah yang membuat beberapa orang memberanikan diri untuk terjun di bisnis yang satu ini.

Apalagi modal yang harus dikeluarkan relatif sedikit. Tidak seperti bisnis barang baru yang mana harus stock dengan biaya yang sangat mahal. Bahkan, ada pula yang memulai bisnis barang bekas hampir tanpa modal, lho.

Mungkin saat ini kamu salah satu orang yang sedang mencari ide bisnis. Bisa jadi usaha barang bekas atau yang sering disingkat dengan barkas ini bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Alasan Mengapa Bisnis Barkas Itu Menguntungkan

keuntungan bisnis barang bekas. Photo by Moneywise

Sebelum membahas lebih jauh tentang bisnis barkas, harus dipahami dulu mengapa bisnis ini menguntungkan. Coba kamu bayangkan barang apa yang biasanya dijual di toko barang bekas. Misalnya saja sofa. Banyak orang yang menjual sofa bekas mereka.

Apakah ada yang mencari sofa bekas? Tentu saja banyak. Toko, perkantoran, atau tempat usaha yang baru mulai buka biasanya membeli barang bekas yang masih bagus. Yang penting, harga lebih murah dan fungsinya masih bisa dirasakan.

Sekarang kamu bayangkan menjadi orang yang ingin menjual sofa bekas lantaran ini mengganti sofa yang baru. Berapapun harga sofa yang ingin kamu jual pasti kamu iyakan. Pemilik barkas mungkin akan menawar sangat rendah. Bargaining position kamu lebih rendah lantaran kamu lah yang paling membutuhkan sofa bekas terjual.

Dan inilah yang dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis barang bekas. Mereka tahu bahwa mereka bisa mendapatkan barang bekas milik masyarakat dengan harga yang murah dan bisa dijual dengan harga yang sedikit lebih tinggi.

Belum lagi jika barkas didapatkan dari hasil lelang. Jelas harganya sangat murah dan bisa dijual dengan harga yang tinggi. Margin keuntungan yang menggiurkan inilah yang membuat para pebisnis barkas mendapatkan banyak keuntungan.

Baca juga: Cara Menghitung Modal Bisnis yang Diperlukan untuk Usaha Baru

Tips Menjalankan Usaha Barang Bekas

Jual barang bekas.
Jual barang-barang bekas yang masih layak pakai. Photo by @stri_khedonia

Nah, sekarang kamu sudah tahu bagaimana bisnis barang bekas ini begitu menggiurkan. Lalu, apa yang harus kamu lakukan jika ingin menjalankan bisnis ini?

Tentukan jenisnya. Photo by @kaleidico

Yang pertama adalah menentukan jenis barkas yang ingin Anda jual. Bisa saja Anda melayani jual beli barang bekas apapun. Akan tetapi, ini akan membuat kamu kesulitan untuk menentukan target market. Akan lebih mudah jika kamu tentukan jenis barang bekas apa yang ingin kamu jual-belikan. Misalnya saja furniture. Maka fokuslah untuk menjual barang bekas furniture.

Bisnis barang bekas
Siapkan barang bekas. Photo by Pexels

Biasanya, orang yang menjual barang bekas ke kamu itu akan mencari barang penggantinya, entah itu barang yang sama-sama bekas ataupun yang baru. Untuk itu, pastikan kamu juga sediakan barang lainnya yang bisa kamu tawarkan ke konsumen, entah itu baru atau pun bekas.

Branding offline
Bangun branding. Photo by Rawpixel

Ada banyak sekali orang yang terjun di bisnis barkas. Makanya, kamu harus buat toko berkas kamu beda. Dan ini bisa dilakukan dengan cara branding.

Branding ini bisa bermacam-macam. Misalnya saja Anda kamu jualan furniture, maka kamu harus branding sebagai toko yang jual beli barang bekas furniture. Kamu bisa membuat brand bahwa toko kamu bisa membantu mereka yang ingin upgrade furniture di rumah dengan harga yang lebih murah dan kualitas barang lebih baik.

Nah, itulah beberapa masukan mengenai menjalankan bisnis barang bekas. Apapun bisnis yang kamu jalankan, pasti ada risikonya. Bisnis barkas ini termasuk bisnis yang risikonya relatif kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *