Bisakah Pegawai Honorer Menabung? Bisa, Ini Caranya!

1 min read

Bisakah Pegawai Honorer Menabung? Bisa, Ini Caranya!

Menabung adalah kegiatan yang dapat dikatakan gampang-gampang susah. Sebagian orang saat ini masih berpikir bahwa menabung hanya bisa dilakukan jika punya uang yang lebih. Meski begitu, kenyataannya setiap orang sebenarnya bisa menabung, termasuk seorang pegawai honorer yang gajinya pas-pasan.

Lantas apakah mungkin para pegawai honorer yang bergaji pas-pasan menyisihkan uang untuk ditabung? Jawabannya, tentu bisa. Karena menabung bukan diperuntukkan pada golongan ekonomi tertentu dan tidak hanya dilakukan dengan uang yang banyak.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan oleh pegawai honorer untuk menabung:

1. Tentukan Tanggal untuk Menabung

Cara pertama yang harus dilakukan oleh pegawai honorer untuk menabung adalah menentukan tanggal untuk melakukan aktivitas menabung secara rutin. Contohnya, pada tanggal-tanggal awal bulan atau pertengahan bulan. Penentuan tanggal ini berfungsi sebagai acuan dalam menyisihkan uang dan menabungnya di waktu tertentu.

Namun, lebih disarankan untuk menabung di awal bulan karena pada saat itu pasti kamu masih memegang gaji dengan jumlah utuh, sehingga tidak ada ragu untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

2. Susun Anggaran Keuangan

Keuangang sehat tentu akan didukung dengan anggaran efektif, inilah hal pertama yang wajib dipahami dengan baik. Susun anggaran keuangan dengan ketat, yakni ketika semua pos pengeluaran di dalamnya memang benar-benar efektif dan sesuai dengan kebutuhan.

Artinya, meskipun pengeluaran di dalam anggaran disusun dengan ketat (hemat), namun dengan anggaran ini semua kebutuhan tetap bisa terpenuhi dengan baik.

Jangan takut untuk menerapkan berbagai aturan yang dianggap penting di dalam anggaran, sehingga anggaran tersebut bisa berjalan baik dan sesuai dengan kemampuan keuangan. Di dalam anggaran ini, pastikan memasukkan pos tabungan tetap setiap bulannya, jumlahnya minimal 10 persen dari gaji.

3. Manfaatkan Fasilitas yang Terdapat di Bank

Sekarang ini, bank telah menjadi tempat paling tepercaya untuk menabung dan menyimpan uang hampir pada semua orang, tidak terkecuali anak-anak hingga orang dewasa. Salah satu yang bisa kamu manfaatkan adalah fasilitas autodebit.

Jadi, setelah gaji masuk ke rekening maka secara otomatis akan terpotong dan itu potongan itu bisa kamu jadikan layaknya menabung secara otomatis. Dengan cara semacam ini, tidak ada lagi alasan buatmu untuk tidak menabung atau melewatkan waktu karena uang akan masuk pada tabungan dengan terjadwal sistem pada bank.

4. Sesuaikan Kebutuhan dengan Gaji

Apa pun kebutuhan hidup, pastikan jumlah biayanya akan sesuai dengan kemampuan gaji. Memiliki gaya hidup berlebihan dengan biaya hidup yang jumlahnya di atas kemampuan gaji adalah sebuah kesalahan, sebab hal ini hanya akan membuat kamu memiliki utang.

Selalu sesuaikan biaya hidup dengan kemampuan keuangan yang dimiliki, sehingga bisa menjalankan keuangan dengan efektif dan lancar, tentunya tanpa menimbulkan masalah dan juga utang.

5. Belanja Bulanan dengan Hemat

Jangan berbelanja dengan terburu-buru dan tanpa sebuah perencanaan, sebab hal seperti ini hanya akan berakhir dengan pemborosan. Susunlah daftar belanja bulanan, sehingga memiliki waktu yang cukup untuk menentukan apa saja yang akan dibeli nantinya.

Hitung dan pastikan tidak melebihi budget yang dimiliki, agar pos lainnya di dalam keuangan tidak terganggu akibat pembengkakan biaya belanja bulanan ini, termasuk dana tabungan. Lakukan belanja hemat, misalnya dengan memilih toko yang paling murah, membeli barang diskon, atau memanfaatkan penawaran khusus dari toko tertentu.

Well, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pegawai honorer yang bergaji pas-pasan agar dapat menabung. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *