Bisakah Cryptocurrency Jadi Pilihan Investasi Jangka Pendek? | Timeslib

1 min read

Bisakah Cryptocurrency Jadi Pilihan Investasi Jangka Pendek? | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Bisakah cryptocurrency untuk investasi jangka pendek? Sudah pasti jawabannya sangat bisa. Namun jika dibandingkan dengan untuk investasi jangka panjang, mana yang lebih menguntungkan? 

Sebuah pertanyaan yang akan selalu ditanyakan oleh seorang investor. Sudah pasti semua investor ingin mendapatkan keuntungan. Dan jika memungkinkan keuntungan tersebut didapatkan secara cepat. 

Itulah alasannya ada sebagian investor yang justru memilih jenis investasi yang risk high. Asalkan investasi tersebut berpotensi memberikan keuntungan yang cepat. Investasi saham adalah salah satu contohnya. 

Investasi Cryptocurrency Jangka Pendek 

Cryptocurrency. Photo by Pixabay

Pada dasarnya, cryptocurrency ini cocok baik untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Artinya apapun metode investasi yang nantinya Anda pilih, investasi mata uang virtual ini selalu menawarkan keuntungan yang besar. 

Sesuai namanya, investasi cryptocurrency dilakukan dalam waktu yang lebih singkat. Bisa dalam hitungan menit, hari, minggu, atau bulan. Kelebihan dari cara ini adalah keuntungan investasi cepat dan konsisten. Meskipun rata-rata jumlah keuntungannya minimal. 

Contohnya seperti ini. Pada hari ini Anda membeli cryptocurrency pada jam 09.00 WIB dengan harga $9.000. Bitcoin misalnya. Pada jam 09.20 WIB, harga bitcoin mengalami kenaikan menjadi $9.400. Melihat hal tersebut Anda lantas menjualnya. Dalam hal ini Anda sudah mendapatkan keuntungan $400. 

Keuntungan dari investasi seperti ini adalah dalam waktu singkat investor sudah bisa merasakan profit. Sayangnya strategi investasi seperti ini cukup sulit untuk dipraktikkan. Apalagi untuk Anda yang tergolong masih pemula. 

Pasalnya dalam hal ini dibutuhkan timing yang tepat. Selain itu dibutuhkan juga kejelian dalam membaca market. Itulah kenapa banyak yang menghindarinya. Artinya para investor banyak yang menjadikan cryptocurrency sebagai instrumen investasi jangka panjang. 

Baca juga: Belajar Cryptocurrency, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Investasi cryptocurrency Jangka Panjang 

crypto currency
Investasi jangka panjang. Photo by Pexels

Investasi cryptocurrency ini bisa dibilang sebagai keputusan yang realistis. Selain itu juga bisa dikatakan sebagai pilihan cerdas saat menjadikan cryptocurrency sebagai instrumen investasi. 

Investasi jangka panjang untuk cryptocurrency ini adalah membeli lalu menyimpannya dalam periode waktu yang cukup lama. Untuk jangka waktunya bisa bulanan atau bahkan bisa sampai tahunan. 

Lalu apa keuntungan investasi cryptocurrency ini? Jika dibanding dengan investasi jangka pendek, investasi seperti ini dirasa lebih aman dan menguntungkan. Selain itu umumnya keuntungan yang bisa diperoleh pun akan lebih maksimal. 

Pastinya statement tadi bukan tanpa alasan. Anda tahu sendiri jika harga uang virtual ini memiliki pergerakan yang sangat positif dari tahun ke tahun. Terlebih lagi bitcoin. Sama halnya dengan investasi tanah yang setiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. 

Artinya jika tahun ini Anda membeli cryptocurrency lalu memilih untuk menyimpannya. Kemudian baru akan Anda jual pada tahun berikutnya. Sudah pasti keuntungan investasi yang akan didapatkan bisa berlipat ganda. 

Tips Investasi Jangka Panjang untuk Cryptocurrency

Investasi tanah.
Tips investasi. Photo by Republika

Alasan utama kenapa banyak yang memilih investasi jangka panjang pada cryptocurrency adalah lebih mudah. Lebih mudah dalam artian Anda tidak harus memperhatikan pasar setiap saat. 

Hal ini dikarenakan keyakinan jika aset milik Anda ini sudah pasti memiliki nilai jual tinggi di masa depan. Dan inilah yang memang sudah terjadi selama ini. Harga cryptocurrency dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan. 

Sebuah cara investasi yang tidak rumit. Meskipun demikian, investasi ini pun bukan tanpa risiko. Risikonya justru berasal dari diri Anda sendiri. Sebab banyak yang gagal lantaran tidak bisa mengatur emosinya. 

Sehingga yang terjadi adalah mudah sekali terpengaruh dengan perubahan harga cryptocurrency. Maka yang terjadi adalah kegagalan dalam hal manajemen risiko investasi uang digital ini. Jika Anda merasa sulit melakukan hal ini, ada baiknya untuk memilih investasi jangka pendek saja. 

Berapa Fee Jual Beli Trading Main Saham (Broker Sekuritas…

Pertanyaan yang kerap muncul, berapa fee transaksi jual beli saham di broker sekuritas. Jawabannya, berbeda – beda tergantung brokernya. Untuk itu, saya survei ke...
Manager
12 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *