Belajar Cryptocurrency, Apa Saja yang Perlu Diketahui? | Timeslib

2 min read

Belajar Cryptocurrency, Apa Saja yang Perlu Diketahui? | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Belajar cryptocurrency menjadi sebuah keharusan sebelum kamu menjadikannya sebagai pilihan investasi. Apalagi investasi cryptocurrency termasuk instrumen investasi baru. Sehingga tidak mengagetkan jika masih banyak yang belum betul-betul mengenalnya. 

Selama ini apa informasi yang sering kamu dengar berkaitan dengan investasi mata uang kripto ini? Jawabannya pasti rata-rata sama. Sebuah instrumen investasi yang mampu memberikan keuntungan cepat dan besar. 

Memang sebenarnya itu tidak salah. Pertanyaannya apakah semudah itu? Apakah setelah membeli cryptocurrency pasti akan untung besar? Tentu saja jawabannya tidak. Buktinya cukup banyak yang gagal. Itulah pentingnya belajar cryptocurrency

Mengenal Cryptocurrency sebagai Mata Uang Digital

Cryptocurrency sebagai mata uang digital. Photo by Pexels

Kamu pasti sudah sering mendengar jika cryptocurrency ini merupakan mata uang digital atau virtual. Memang benar seperti itu. Pada dasarnya cryptocurrency ini merupakan sebuah mata uang digital atau virtual yang digunakan secara eksklusif online.

Mengapa dikatakan demikian? Soalnya cryptocurrency ini bertindak sebagai pertukaran finansial secara langsung diantara penggunanya. Artinya dalam prosesnya tidak ada sama sekali keterlibatan dari pihak ketiga. Misalnya saja seperti bank. 

Salah satu hal yang menarik dari mata uang kripto ini adalah sifatnya yang global. Artinya nilai mata uangnya sama di seluruh dunia. Dengan demikian tidak berlaku kurs pada mata uang virtual ini. 

Berbeda dengan mata uang pada umumnya. Misalnya saja seperti Rupiah. Nilai mata uang Rupiah akan selalu berbeda di setiap negara yang ada di luaran sana. Sebab nilainya dipengaruhi oleh kurs nilai mata uang negara setempat. 

Semakin ke sini, trend penggunaan uang digital memang lebih banyak dipilih. Sebenarnya tanpa disadari selama ini kamu sudah menggunakan “uang digital”. Misalnya dalam bentuk kartu kredit maupun debit. 

Selain itu kini pun sudah cukup banyak layanan yang menawarkan penggunaan “uang digital” ini. Contohnya seperti e-wallet dan PayPal. Perlahan tapi pasti, semakin ke sini penggunaan uang kertas dan logam sudah mulai tergantikan. 

Bahkan ada beberapa negara yang memiliki rencana cukup ekstrem. Mereka berencana menghapuskan penggunaan uang kertas secara keseluruhan. Sebagai gantinya adalah dengan mengeluarkan cryptocurrency versi mereka. 

Cryptocurrency, Mata Uang atau Kelas Aset 

Cryptocurrency. Photo by Pixabay

Ada perbedaan pandangan mengenai posisi dari cryptocurrency ini. Sebagian orang beranggapan jika cryptocurrency adalah bentuk mata uang. Namun sebagian lainnya beranggapan jika cryptocurrency sebagai penyimpan nilai. Artinya ada kemiripan dengan emas. 

Nah, untuk memahami posisi dari cryptocurrency, bisa memulainya dengan memahami sifat dasar uang. Uang sendiri bisa diartikan sebagai representasi nilai yang ditukarkan satu dengan lainnya untuk barang maupun jasa. 

Pada dasarnya, uang kertas tidak memiliki nilai intrinsik. Sebab uang bisa bernilai karena orang yang menggunakan uang sepakat jika uang memiliki nilai. Sangat berbeda dengan sifat dasar emas. Kenapa? 

Sebab emas pada dasarnya memiliki nilai aktual sebagai bahan manufaktur. Selain itu emas juga bisa digunakan sebagai alat tukar finansial. Nah, dalam hal ini cryptocurrency dalam beberapa hal ada kemiripan dengan emas ini. Contohnya saja seperti Bitcoin

Tetapi yang harus diperhatikan betul adalah tidak semua cryptocurrency sifatnya seperti Bitcoin. Terlepas dari itu semua, kira-kira bagaimana potensi investasi cryptocurrency ini ke depannya? Apakah sama dengan investasi emas? Atau justru lebih bisa memberikan potensi keuntungan yang lebih besar? 

Jawabannya adalah potensi keuntungan investasi cryptocurrency ini bisa lebih besar. Pasalnya pertumbuhan mata uang kripto ini semakin bagus. Sebab mata uang kripto ini bisa bertindak sebagai alternatif uang fiat nasional. Selain itu pun juga bisa bertindak sebagai komoditas tradisional layaknya emas. 

Itulah kenapa semakin ke sini banyak yang melihat cryptocurrency sebagai instrumen investasi alternatif yang layak dipilih. Namun yang patut disayangkan adalah banyak yang masih malas belajar cryptocurrency sebagai alternatif pilihan investasi terbaik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *