Bagaimana Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak dan Pensiun?

1 min read

Bagaimana Cara Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak dan Pensiun?

Dana pendidikan dan pensiun seringkali menjadi kolaborasi kekhawatiran bagi pasangan suami istri, khususnya dari sisi wanita. Seperti halnya ketika pasangan memiliki anak dan ingin menguliahkannya namun sang suami justru sudah memasuki masa pensiun. Tentu ini akan menjadi momok tersendiri. 

Tahukah Anda bahwa hal tersebut sebetulnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Anda dapat menyiasatinya dengan pengelolaan dana bulanan dengan baik. Penting juga untuk investasi sejak dini demi kehidupan masa depan lebih baik.

Jangan Terlena dengan Tunjangan, Anda Tetap Harus Kembali Bekerja 

Bagi wanita yang mengambil cuti melahirkan dan mengasuh anak, tentu biasanya akan mendapatkan tunjangan dari perusahaan. Akan tetapi, jangan sampai justru menjadikan diri Anda terlena. Anda mesti harus tetap kembali bekerja. 

Hal tersebut perlu diingatkan karena masih banyak yang merasa puas dengan pemberian tunjangan melahirkan dan pengasuhan anak.

Bahkan tidak jarang yang bisa mendapatkannya sampai 2 tahun dengan besaran 67% saat cuti dimulai dan 50% dari asuransi kerja. 

Di Indonesia sendiri cuti hamil dapat diambil sebelum, selama dan setelah melahirkan. Bahkan hal tersebut sudah tercantum dalam UU yang berlaku. Perusahaan yang baik tentu akan memberikan tunjangan selama masa cuti seperti ini. 

Mulai Menabung untuk Dana Pendidikan dan Pensiun 

Sebaiknya Anda mulai menabung sejak dini untuk kebutuhan dana pendidikan anak dan pensiun walaupun memerlukan waktu cukup lama sebelum benar-benar dibutuhkan. Tetaplah konsisten menyimpan dana.

Untuk menyiasatinya Anda bisa melakukan investasi sehingga dana tersebut tidak terhambur. Salah satu investasi yang bisa Anda coba adalah peer-to-peer lending (P2P Lending) Amartha.

Amartha adalah perusahaan investasi P2P Lending yang menghubungkan investor atau pendana kepada peminjam khususnya perempuan pengusaha mikro di pedesaan melalui platform online.

Dengan mendanai di Amartha, Anda bisa mendapatkan keuntungan sampai 15% flat per tahun. Amartha juga P2P Lending yang aman karena telah memiliki izin usaha dari OJK.

Terlebih jika suami Anda nantinya dipastikan tidak akan mendapatkan tunjangan pada hari tua. Maka perkuatlah tabungan atau investasi. Anda juga bisa melakukan usaha kecil-kecilan guna mengumpulkan dana pensiun kelak di kemudian hari. 

Ide-ide Mencari Sumber Penghasilan Tambahan Yang Tidak Melelahkan

Pastikan dalam menjalan usaha tersebut, Anda juga mendapatkan bantuan pembiayaan dana dari pihak tertentu.

Dengan demikian, Anda tidak akan terlalu dipusingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk membuka usaha kecil-kecilan demi mendapaykan dana pendidikan dan pensiun kelak. 

Persiapan Dana dan Kaitannya dengan Renovasi Rumah 

Bagi pasangan yang berumah tangga, tentu akan mempertimbangkan renovasi rumah. Misalnya, ketika ada tambahan anggota keluarga baru yang memerlukan kamar. Misalnya, penambahan anak yang tadinya dua menjadi tiga. Tentu saja Anda akan memerlukan satu kamar lagi. 

Barangkali renovasi rumah juga diperlukan ketika ada bagian yang mengalami kerusakan. Misalnya, bocor atau cat dinding rumah usang. Mungkin saja Anda ingin mengubah interior hunian agar lebih modern dan menyesuaikan zaman. 

Jika saat ini Anda tengah gencar menabung atau berinvestasi untuk dana pendidikan dan pensiun, sebaiknya lakukan renovasi rumah saat benar-benar sudah memasuki masa purna tugas. Kecuali memang renovasi tersebut sungguhan penting atau dalam keadaan darurat. 

Pisahkan mana yang benar-benar harus dilakukan dan mana yang masih berupa keinginan. Jangan campur adukan.

Bijaklah dalam mengatur keuangan bulanan Anda demi mendapatkan dana pendidikan dan pensiun untuk kemudiah hari. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *