Apakah Tepat Kamu Memilih Deposito Berjangka? | Timeslib

2 min read

Apakah Tepat Kamu Memilih Deposito Berjangka? | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Setiap orang ingin menabung. Atau setidaknya setiap orang untuk mengatur uang sehingga mereka memiliki tabungan ketika sudah tidak lagi masa produktif. Salah satunya memilih deposito berjangka.

Akan tetapi, tidak semua cocok untuk mengambil deposito. Ada yang cocok menabung emas, berinvestasi reksadana, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, setiap orang punya karakter tersendiri. Dalam memilih jenis investasi, itu harus disesuaikan dengan karakter setiap hari.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah kamu tetap memilih deposito berjangka?

Kelebihan Memilih Deposito Berjangka

Uang disimpan dengan aman di deposito berjangka. Photo by Pexels

Untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas, kamu perlu tahu dulu apa saja kelebihan berinvestasi di deposito berjangka. Berikut ini kelebihan-kelebihannya:

Beberapa orang tidak mengatakan bahwa ini termasuk investasi. Ini sama dengan tabungan. Hanya saja, bunga kamu dapatkan lebih tinggi daripada tabungan biasa.

Kenapa? Karena ada syarat tertentu yang harus kamu ikuti. Misalnya saja uang tidak boleh kamu ambil dalam kurun waktu tertentu. Dan biasanya waktu yang ditetapkan itu sangat panjang. Karena itulah bank mau memberikan bunga yang tinggi.

Sebenarnya, tidak salah juga jika deposito berjangka itu disebut dengan investasi. Mengapa? Karena uang kamu akan depositokan nilainya akan naik. Tidak turun seperti ketika kamu menabung di tabungan biasa.

Dan dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, deposito ini merupakan investasi yang paling rendah risikonya. Bahkan, risiko hampir tidak ada. Potensi untungnya jauh lebih tinggi.

Makanya, jika kamu tipe orang yang tidak tahu banyak tentang investasi beserta risiko-risikonya, ini jenis investasi yang tepat. Kamu tidak perlu belajar tentang investasi. Kamu hanya perlu menabung seperti biasanya saja.

Selain risiko rendah, ini juga jenis investasi yang paling mudah. Kamu tidak perlu meng hire seorang manajer investasi. Cukup serahkan pada pihak bank yang kamu pilih. Bisa dikatakan pihak bank adalah manajer investasi kamu.

Nah, itulah beberapa kelebihan dari deposito berjangka. Apakah tepat untuk kamu pilih?

Baca juga: 6 Cara Menyimpan Uang di Bank dengan Aman

Apakah Kamu Cocok Ambil Deposito Berjangka?

Jangan mudah pinjamkan uang.
Apakah kamu cocok? Photo by @cdubo

Dari penjelasan tersebut di atas mengenai kelebihan dari deposito, mungkin kamu masih belum yakin apakah kamu orang yang tepat untuk mengambil jenis investasi ini atau tidak.

Sebenarnya, kata kuncinya satu. Jika kamu tipe orang yang tidak mau ribet harus belajar investasi, ini tipe investasi yang tepat. Seperti yang kamu ketahui, investasi itu ada risikonya. Bahkan, tidak sedikit orang yang berinvestasi rugi. Kenapa? Salah satu faktornya adalah karena mereka tidak mengerti bagaimana cara mengantisipasi risiko. Misalnya saja kapan mereka harus mencabut uang investasinya karena mulai merugi.

Karena itulah orang yang berinvestasi harus tahu tentang jenis investasi yang mereka ambil. Itu saran yang seharusnya dilakukan. Itu artinya kamu harus belajar, entah itu dari buku, ikut seminar investasi, dan lain sebagainya. Dan itu artinya kamu harus harus menyiapkan uang, waktu, dan tenaga.

Di sisi lain, ada yang tidak mau pusing dengan hal tersebut. Akhirnya mereka meng hire orang yang ahli di bidang investasi sehingga menjadi manajer investasinya. Otomatis kamu harus mengeluarkan uang untuk gajinya.

Nah, jika kamu tidak ingin ribet semacam itu, deposito berjangka merupakan pilihan yang tepat. Kamu tidak perlu memikirkan apapun. Kamu hanya perlu menabung seperti layaknya kamu menabung di bank.

Akan tetapi, kamu harus tahu konsekuensinya. Apa itu? Kamu tidak bisa menarik uang kapan saja kamu butuhkan. Ada waktu yang sudah ditentukan dan harus diikuti. Misalnya saja kamu mengambil jangka waktu deposito selama 10 tahun. Selama itu pula uang yang kamu depositokan tidak boleh diambil.

Itu dia seluk beluk tentang deposito berjangka. Apakah kamu orang yang tepat untuk mengambil jenis investasi ini? Yang pasti, deposito itu tepat sekali jika kamu bertujuan untuk mengamankan nilai uang. Apalagi jika ada hal yang kamu ingin dapatkan dalam kurun waktu yang lama. Misalnya saja kamu menabung untuk pendidikan anak waktu kuliah nanti. Atau kamu ingin membeli tanah untuk anak. Nah, deposito berjangka ini tepat untuk kamu pilih daripada kamu tabung uang di tabungan biasa yang nilai uang cenderung menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *