Alasan Bijak Kenapa Banyak yang Beralih ke Saham Syariah | Timeslib

1 min read

Alasan Bijak Kenapa Banyak yang Beralih ke Saham Syariah | KlikCair

Waktu baca: 3 menit

Semakin banyak orang yang berinvestasi di saham Syariah. Mungkin kamu salah satunya. Dan pastinya kamu punya alasan sendiri atas keputusan tersebut.

Yang pasti, kini berinvestasi di pasar saham yang satu ini sangat menguntungkan. Meskipun tetap saja selalu ada risiko dalam setiap investasi yang kita lakukan. Tak terkecuali saham Syariah.

Maka dari itu, ada baiknya kamu pahami secara lebih detail dan dalam mengenai saham yang satu ini. Ini menjadi sangat penting untuk memastikan kamu tidak ikut-ikutan dengan tren yang sedang terjadi. Melainkan kamu secara sadar menentukan pilihan jenis saham apa yang kamu pilih.

Sekilas Mengenai Saham Syariah

Sekilas tentang saham syariah. Photo by @chrisliverani

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kamu pelajari apa itu yang dimaksud dengan saham Syariah. Kenapa sekarang ada perbedaan antara saham yang satu ini dengan saham konvensional.

Sebenarnya, satu hal yang membedakan antara dua jenis saham ini. Saham Syariah itu saham yang uangnya digunakan untuk kegiatan ekonomi yang lebih produktif yang sesuai dengan Syariah. Jadi, tidak mungkin uang digunakan untuk membiayai kegiatan yang tidak halal seperti perjudian, pembuatan minuman keras, dan sebagainya.

Selain itu, proses pembagian keuntungan juga sesuai dengan Syariah. Hal inilah yang membuat saham ini banyak peminatnya. Dan sebenarnya peminatnya tidak hanya orang-orang Islam tapi juga orang non muslim. Mungkin mereka memiliki alasan yang berbeda seperti mereka tidak ingin membiayai perusahaan yang memberikan imbas yang baik untuk masyakarat.

Baca juga: Cara Beli Saham yang Paling Sering Dipilih Para Investor Pemula

Kelebihan Investasi Saham Syariah

Wisata syariah dan prospeknya
Kelebihan. Photo by Pixabay

Dari penjelasan singkat di atas, mungkin kamu sudah bisa mendapatkan kesimpulan apa itu saham Syariah lengkap dengan kelebihannya. Namun, akan lebih jelas jika kamu ketahui beberapa poin berikut ini:

Saham Syariah
Sangat liquid. Photo by Fox Business

Setiap trader pasti ingin mendapatkan keuntungan. Dan banyak sekali faktor yang menentukan seberapa besar potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya seberapa aktif saham diperdagangkan. Semakin aktif saham diperdagangkan, itu artinya saham sangat seksi di pasar saham. Pasti sangat menguntungkan, bukan?

Ternyata, saham syariat itu sangat aktif diperdagangkan lho. Atau istilahnya adalah liquid. Jadi, kamu bisa membeli atau menjual saham kapan saja.

Saham Syariah
Risiko minim. Photo by Pexels

Sebelum memilih saham, kamu harus pahami risikonya. Jika kamu pemula di bidang saham, kemungkinan kamu akan mencari saham yang minim risiko. Dan saham Syariah adalah pilihan yang tepat.

Mengapa demikian? Karena ini termasuk ke dalam golongan blue chip. Artinya, ini termasuk kapitalisasi pasar yang besar. Karena besar, maka risiko kerugian sangat minim. Banyak orang yang mengatakan ini merupakan investasi yang paling aman.

Makanya, tidak aneh jika para trader saham pemula memilih jenis saham yang satu ini. Mungkin ini juga yang membuat kamu lebih tertarik di jenis saham ini.

  • Keuntungan dari Pembagian Dividen
Saham Syariah
Keuntungan dari pembagian dividen. Photo by Pixabay

Sebagai pemegang saham, kamu juga berpeluang mendapatkan pembagian dividen. Biasanya dengan satu syarat, yaitu jika saham bertumbuh dan mencapai target.

Saham Syariah
Saham lebih tenang. Photo by Pexels

Jika kamu orang yang beragama Islam, kamu pasti akan merasa lebih tenang. Pasalnya, uang yang kamu investasikan digunakan untuk kegiatan ekonomi yang sesuai dengan Syariah. Jadi, kamu merasa hidup semakin berkah dan tenang.

Itulah beberapa hal yang membuat banyak orang tertarik melakukan investasi saham Syariah. Apakah ada dari beberapa hal tersebut yang juga membuat kamu terjun di saham jenis ini? Apapun itu, gunakan opportunity ini untuk memiliki harga yang lebih produktif sehingga kamu bisa mencapai financial freedom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *